Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Aman Mengatasi Flu Tanpa Obat

BABY  |  BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  TODDLER  |  11 Jul '19


Flu dan batuk adalah salah satu jenis penyakit yang sering dialami anak. Ini terjadi karena virus flu bertebaran melalui udara dan ketika kondisi imun si Kecil sedang tidak fit. Pada masa inilah si Kecil akan sangat mudah sekali terserang flu. Walaupun terbilang sakit ringan, jika tidak segera diatasi flu ini bisa sangat membahayakan anak. Sebab, flu dapat berkembang ke beberapa penyakit lain seperti infeksi saluran telinga dan pneumonia atau infeksi paru.

Namun, jika si kecil terserang flu, Moms tidak perlu langsung panik. Sebab, ada beberapa hal yang dapat dijadikan pertolongan pertama sebelum anak diberikan obat-obatan. Beberapa orang tua sendiri banyak yang lebih memilih jalan alami dahulu dalam mengatasi flu tanpa obat. Berikut ini cara-caranya:

Berikan ASI atau cairan

Pemberian ASI sangat penting dilakukan apalagi jika si Kecil belum menginjak usia 6 bulan ya, Moms. ASI mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk si Kecil, termasuk antibodi. Sama seperti air putih, ASI juga bisa mencegah si Kecil dehidrasi. Jika si Kecil sudah memasuki MPASI, Moms juga disarankan untuk memberi si Kecil banyak air putih karena air putih bisa menggantikan cairan yang hilang akibat demam serta melancarkan pernapasan.  

Istirahat yang cukup

Penderita flu haruslah banyak beristirahat sehingga pastikan si kecil mendapatkan tidur yang cukup. Sebab, sebagian besar flu biasanya disebabkan oleh virus. Virus-virus ini bisa mati ketika si Kecil memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Istirahat dapat membantu si Kecil mengembalikan kekebalan tubuhnya.

Bantu keluarkan lendir atau ingus anak dengan Nasal Spray

Saat mengalami flu, biasanya si kecil akan sulit tidur akibat lendir yang menumpuk sehingga mengganggu pernapasannya, Moms bisa mencoba mengencerkan dan mengeluarkan lendir si Kecil dengan menggunakan nasal spray dan alat sedot ingus.

Berikan sup kaldu hangat untuk si Kecil yang sudah MPASI

Sup kaldu hangat dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh anak yang sedang mengalami flu.

Gunakan Air Humidifier

Air humidifier berfungsi untuk melembapkan udara di dalam ruangan. Air humidifier dapat membantu melarutkan debu-debu yang bisa memicu alergi maupun flu dan batuk di ruangan sehingga tidak terisap oleh si Kecil. Ditambah lagi, Moms juga bisa meneteskan aromatherapy yang bisa mempercepat penyembuhan flu si Kecil.

Namun, pastikan tingkat kelembapan udara di ruangan dalam kadar yang tepat ya Moms. Sebab, udara yang terlalu lembap juga bisa mengganggu sistem pernapasan. Jadi, pilihlah Air Humidifier yang bisa memiliki fitur menaikkan atau menurunkan tingkat kelembapan secara otomatis berdasarkan suhu ruangan ya, Moms

Jika kondisi si Kecil tidak membaik selama 3 hari berturut-turut, maka segera periksakan ke dokter agar dapat ditangani secara medis.

Referensi: Detik, CNNWebMD

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

6236 Babymoov Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cara Aman Menggunakan Bedak Bayi untuk si Kecil

Memakaikan bedak juga ada caranya lho, Moms! Yuk simak di sini caranya!

Tips Menghadapi Musim Pancaroba Bagi si Kecil

Yuk, simak apa saja yang harus kita siapkan agar si Kecil siap menghadapi musim pancaroba!

Mengapa si Kecil Sering Gumoh?

Botol susu Dr. Brown’s dilengkapi Internal Vent System yang bisa memisahkan jalur udara dengan jalur cairan.

Mengenal dan Mengatasi Biang Keringat pada Anak

Kenapa anak sering kena miliaria? Hal ini terjadi saat keringat berlebih menyumbat pori-pori kulit.

Tips Mengenal dan Menangani Alergi

Seberapa banyak orang di dunia mengalami alergi. Apa, sih, sebetulnya pemicu alergi tersebut?

Why Do Babies Get Heat Rash?

Moms penasaran, kenapa bayi yang kepanasan selalu terkena bintik merah? Simak di sini jawabannya!

Mencegah Sindrom Kepala Peyang dengan Newborn Pillow Baby Loop

Apa itu sindrom kepala peyang dan mengapa sindrom ini sangat berbahaya?

Mengapa Peralatan si Kecil Harus Disterilisasi?

Moms perlu memperhatikan kebersihan dan sterilisasi dari pompa asi dan alat-alat menyusui lainnya.

Tips Agar Anak Tidak Rewel Ketika Diajak Mudik by Baby Loop

Sebelum pergi mudik, kita harus memastikan bahwa si Kecil tengah berada dalam kondisi yang fit.