Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Candaan di Panggung Oscar Berujung Tamparan oleh Will Smith, Apa Sebenarnya Alopecia?

MY STORY  |  29 Mar '22


Panggung Gala Oscar 2022 pada Minggu (27/3) malam waktu Los Angeles, gempar setelah Will Smith tiba-tiba menampar komedian Chris Rock. Pasalnya, sang komedian melontarkan lelucon terkait kondisi istri Will Smith, Jada Pinkett Smith, yang tampil gundul di gelaran internasional itu. Kejadian yang disiarkan langsung oleh beberapa media internasional ternama ini dalam sekejab menjadi viral. Puluhan berita terkait insiden ini hingga biodata ketiganya langsung menjadi sasaran pencarian netizen.

Will Smith mengaku lelucon Chris Rock sudah keterlaluan dan dia bereaksi emosional. Jada diketahui mengidap penyakit autoimun Alopecia, suatu kondisi medis di mana penderitanya mengalami kerontokan rambut yang dapat bersifat sementara atau permanen. Penyakit Alopecia inilah alasan mengapa Jada tampil ke publik tanpa dihiasi mahkota kepalanya di gelaran Oscar kemarin.

Sebenarnya, apa sih, gejala, penyebab, dan seberapa berbahayanya Alopecia itu?

 

Gejala Alopecia

I was literally shaking with fear' — Jada Pinkett Smith's battle with  alopecia | Evening Standard

Sumber: standard.co.uk

 

Sindrom kebotakan dapat terjadi pada siapa saja. Namun, hal ini lebih sering terjadi pada pria. Gejala kebotakan ini ada yang bisa tumbuh kembali, ada yang permanen, tergantung penyebabnya.

Berikut ini tanda-tanda dan gejala Alopecia (kebotakan) yang sering ditemui:

1. Rambut menipis secara bertahap terutama di bagian atas kepala

Jenis kerontokan rambut ini paling umum dan sering terjadi saat seseorang bertambah usia.

2. Kebotakan melingkar atau tidak merata

Beberapa orang mempunyai area kebotakan yang umum disebut bald spots, bentuknya bisa melingkar atau belang-belang di kulit kepala, janggut, atau alis. Kulit penderita Alopecia mungkin menjadi gatal atau nyeri sebelum rambut rontok.

3. Rambut rontok secara tiba-tiba

Kejutan fisik atau emosial dapat menyebabkan rambut menjadi gampang rontok. Kerontokan rambut dalam jumlah banyak bisa terjadi saat penderita sedang menyisir atau mencuci rambut, bahkan setelah menariknya dengan lembut. Jenis kerontokan ini biasanya menyebabkan penipisan rambut secara keseluruhan. Akan tetapi, biasanya hanya bersifat sementara.

4. Rambut di seluruh tubuh rontok

Kemoterapi untuk kanker serta beberapa kondisi dan perawatan medis tertentu dapat menyebabkan kerontokan rambut di seluruh tubuh. Setelah perawatan selesai, rambut biasanya tumbuh kembali.

5. Bercak bersisik yang menyebar di kulit kepala

Kurap (ringworm) adalah infeksi kulit umum yang disebabkan karena jamur. Kurap biasanya membuat kulit memerah dan gatal. Kurap pada kulit kepala bisa disertai dengan rambut patah, bengkak, dan kadang-kadang mengeluarkan cairan.

 

Penyebab Alopecia

Jada Pinkett Smith, la moglie di Will Smith rompe il silenzio sulla sua  malattia:

Sumber: Instagram (Jada Pinkett)

 

Orang normal biasanya kehilangan 50-100 helai rambut setiap harinya. Orang-orang tidak menyadari bahwa rambut mereka rontok sebanyak itu karena rambut baru tumbuh di saat bersamaan. Namun, pada penderita Alopecia, rambut baru tidak segera tumbuh. Ini menyebabkan kebotakan sebagian hingga keseluruhan.

Penyebab rambut rontok Alopecia biasanya terkait dengan satu atau lebih faktor-faktor di bawah ini:

1. Riwayat keluarga (keturunan)

Kondisi keturunan dan bertambahnya usia merupakan penyebab paling umum dari kerontokan rambut. Kondisi ini disebut Androgenic Alopecia.

Pada pria, kondisi ini juga dikenal sebagai pola kebotakan pria. Polanya jelas yaitu rontoknya dimulai di atas kedua pelipis. Kemudian, garis rambut menyusut menjadi bentuk “M” yang khas. Rambut di bagian ubun-ubun juga menipis, lalu seringkali berkembang menjadi kebotakan sebagian atau seluruhnya. Androgenic Alopecia pada pria juga dikaitkan dengan beberapa kondisi medis seperti penyakit jantung koroner, pembesaran prostat, kanker prostat, diabetes, obesitas, dan hipertensi.

Di sisi lain, pola kebotakan rambut Androgenic Alopecia pada wanita berbeda dengan pria. Pada wanita, rambut menjadi lebih tipis di seluruh kepala, dengan garis rambut tidak surut. Jarang ada kasus kebotakan total pada wanita karena penyakit Androgenic Alopecia. Bentuk kerontokan rambut ini dikaitkan dengan peningkatan risiko sindrom ovarium polikistik (PCOS).

2. Autoimun, perubahan hormonal, dan kondisi medis

Kehamilan, persalinan, menopause, dan masalah tiroid dapat menyebabkan kerontokan rambut sementara atau permanan. Alopecia Areata adalah gangguan kerontokan rambut tidak merata yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Sel-sel imun penderita secara keliru menyerang folikel rambut dan membuat rambut yang menempel menjadi rontok. Semakin banyak folikel rambut yang diserang sistem kekebalan tubuh, semakin banyak rambut yang rontok. Meski menyebabkan kerontokan, serangan tersebut jarang menghancurkan folikel rambut. Ini artinya, rambut penderita bisa tumbuh kembali. Selain rambut rontok, Alopecia Areata juga dapat menyebabkan infeksi kulit seperti kurap, dan gangguan mencabut rambut trikotilomania.

3. Obat-obatan dan suplemen

Efek samping obat untuk kanker, arthritis, depresi, tekanan darah tinggi, asam urat, dan masalah jantung, serta suplemen tertentu, adalah dapat menyebabkan rambut rontok.

4. Terapi radiasi di kepala

Jika seseorang menjalani perawatan terapi radiasi di kepala, rambutnya bisa rontok dan mungkin tidak tumbuh kembali sama seperti sebelumnya.

5. Peristiwa yang sangat membuat stres

Jenis kerontokan rambut yang bersifat sementara ini dapat disebabkan oleh kejutan fisik atau emosional penderita. Rambut mungkin rontok dan mengalami penipisan selama beberapa bulan.

6. Gaya rambut dan perawatan

Menguncir rambut terlalu kencang dan memiliki gaya rambut cornrows dapat menyebabkan kerontokan rambut yang disebut Traction Alopecia. Sementara itu, menjalani perawatan rambut ekstrem seperti hot-oil treatments dan permanents juga dapat menyebabkan kerontokan. Jika gaya rambut dan perawatan rambut tersebut menyebabkan jaringan parut, kerontokan rambut bisa bersifat permanen.

 

Faktor Risiko Alopecia

Berikut ini golongan orang-orang yang memiliki risiko lebih tinggi menderita gangguan Alopecia, yaitu:

  • Orang dengan riwayat keluarga mengalami kebotakan
  • Usia, semakin berumur semakin berisiko tinggi
  • Penurunan berat badan yang signifikan
  • Kondisi medis tertentu, misalnya lupus dan diabetes
  • Mengalami stress
  • Orang dengan gizi buruk

 

Bagaimana cara mencegah kebotakan?

Jenis kerontokan rambut paling umum, yang disebabkan karena genetik, tidak dapat dicegah. Beberapa kiat di bawah ini dapat membantu menghindari jenis kerontokan rambut yang dapat dicegah.

1. Rawat rambut dengan lembut

Gunakan detangler dan hindari menarik rambut saat menyikat dan menyisir, terutama ketika kondisi rambut dalam keadaan basah. Gunakan sisir bergigi lebar yang dapat membantu mencegah mencabut rambut.

2. Hindari perawatan dan gaya rambut ekstrem

Menggunakan rol rambut yang panas, pengeriting rambut, hot-oil treatments, dan permanents dapat meningkatkan risiko kebotakan. Begitu pula dengan gaya rambut yang membuat rambut kencang seperti menguncir dengan menggunakan karet gelang, jepit rambut, dan kepang, yang terlalu kencang untuk rambut.

3. Konsultasikan kepada dokter

Tanyakan kepada dokter apakah obat dan suplemen yang sedang dikonsumsi memiliki efek samping membuat rambut rontok.

4. Lindungi rambut

Sinar matahari langsung dan sumber sinar ultraviolet lainnya dapat berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Terlalu sering terpapar bisa meningkatkan risiko Alopecia.

5. Berhentilah merokok

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara merokok dan kebotakan pada pria.

6. Lakukan perawatan ekstra untuk rambut saat kemoterapi

Perawatan kemoterapi dapat menyebabkan rambut rontok. Menggunakan Cooling cap  selama kemoterapi dapat mengurangi risiko tersebut.

Usai insiden Will Smith menampar Chris Rock tersebut, Will Smith telah meminta maaf secara terbuka melalui Instagram pribadinya. Dia juga meminta maaf kepada the Academy selaku penyelenggara Oscar, produser acara, dan penonton di seluruh dunia. Will mengaku masih terus belajar berbenah diri. Will Smith merupakan pemenang Best Actor Oscar 2022.

Referensi: AADBBCMayo ClinicMedlinePlus

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

309 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Tips Liburan Anti Ngambek A La Minbyo Babyologist

Sebelum masuk ke Tips Liburan Anti Ngambek Ala Babyo, Moms perlu tahu nihm sebenarnya, apa sih yang bikin si Kecil rewel saat liburan?

Siapkan si Kecil Hadapi Tantangan di Masa Kini

Bagaimana tips supaya si Kecil bisa mandiri dalam mengatasi tantangan dan masalah di masa kini?

Si Kecil Sering Begadang, Wajarkah?

Apa dampak si Kecil yang begadang untuk tumbuh kembangnya?

Generasi Alpha Bebas Stunting, Bisa Yuk!

Tinggi badan anak yang ideal adalah dambaan setiap orang tua. Selain dipengaruhi faktor keturunan, tinggi badan ideal anak bisa dicapai dengan [...]

Si Kecil Juara, Santun, Banyak Teman, Apa, Sih, Rahasianya?

Rahasia agar si Kecil jadi anak yang berprestasi, santun, dan banyak teman sebenarnya cukup mudah untuk dilaksanakan. Berikut ini beberapa caranya:

Bijak Bonding Main Outdoor Bebas Worry

Beraktivitas outdoor adalah salah satu kegiatan bermain dan juga bonding yang efektif.

Si Kecil Kok Sering Sakit Perut dan Batpil, Kenapa Yah?

Sakit perut dan juga batuk pilek memang umum dialami oleh si Kecil. Namun, seberapa seringnya si Kecil mengalami hal tersebut perlu diwaspadai [...]

Makanan untuk Membantu Penyerapan Zat Besi, Apa Saja?

Nah, biar konsumsi suplemen semakin efektif, yuk, imbangi dengan makan makanan yang membantu penyerapan zat besi!

Anak Usia 3 Tahun Sudah Bisa Apa Saja? Yuk, Intip Milestone-nya!

Umur 3 tahun bisa dibilang sebagai saat-saat krusial tumbuh kembang fisik dan kecerdasan si Kecil.

Gagal Ginjal Akut Misterius Anak Capai 131 Kasus, Apa Penyebabnya?

Sebanyak 131 anak di Indonesia mengalami gagal ginjal akut misterius. Penyebab gagal ginjal misterius ini untuk sementara belum bisa disimpukan [...]

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini Tips Atasi Stress Buat Si Kecil

Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia! Jika Moms bertanya-tanya kapan Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati? Jawabannya adalah setiap [...]

Tetap Aktif Meski Musim Penghujan, Ini Rekomendasi Jas Hujan Trendy Anak

Meski belakangan ini sering turun hujan, anak-anak masih bisa tetap bermain, kok. Bahkan, tidak hanya permainan indoor tetapi outdoor pun tetap [...]

Tips Agar Anak Mau Sekolah Sendiri, Yuk, Terapkan ke Si Kecil!

Terkadang kita bertanya-tanya, kenapa sih anak kita ogah-ogahan sekolah dan mengerjakan PR? Padahal, kalau pinter di sekolah itu ya mereka [...]

Hadir di Anniversary MoMaMi, Sandra Dewi Tekankan Pentingnya Dukungan Orang Terdekat Agar Ibu Tidak Stress

Pada 15 September 2022 lalu, Babyologist diundang untuk menghadiri 3rd anniversary MoMaMi. Dalam

Alat Makan Bayi Terbaik Versi Babyo Moms 2022

Si Kecil udah cukup umur tapi masih minta disuapin? Biar si Kecil mandiri makan sendiri, yuk kita kasih semangat dan dukungan lebih!

Murid SD Korban Kecelakaan Maut Hari Ini di Bekasi, Ini 15 Aturan Keselamatan Jalan yang Si Kecil Harus Tahu

Kecelakaan maut yang terjadi di depan SDN Kota Baru II dan III Kelurahan Kota Baru Bekasi pada Rabu (31/8/2022) sekitar pukul 10:05 WIB [...]

10 Baju Bola Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Pilihlah salah satu baju bola terbaik untuk bayi yang direkomendasikan untuk para ibu yang menyukai bola.

10 Pompa ASI Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)

Menggunakan pompa ASI elektrik terbaik harga murah dapat membantu menghasilkan ASI berlimpah dalam waktu singkat tanpa pegal. Berikut rekomendasinya.

6 Manfaat Mengajak Si Kecil Keluar Rumah Serta Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Setelah dua tahun lamanya membatasi bepergian ke luar rumah, kini kita tahu betapa pentingnya aktivitas di luar rumah bagi kesehatan mental dan [...]