Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Campur Tangan dalam Mendidik Anak

PARENTING  |  29 Oct '18


Sebagai orang timur, kita menjunjung tinggi dan sangat menghargai budaya kekeluargaan, apalagi di Indonesia. Tidak ada yang salah dengan hal ini.

Banyak hal baik yang bisa kita ambil saat sudah berkeluarga atau mempunyai anak. Salah satunya adalah bisa saling membantu. Misalnya saat kita sedang ada urusan mendadak dan tidak bisa membawa anak-anak, pasti pilihan utama yang terlintas adalah menitipkan mereka ke orang tua kita alias pada kakek nenek karena lebih percaya. Atau bisa jadi kita sering berkumpul bersama dengan keluarga, entah seberapa sering intensitasnya. Bahkan sebagian dari kita juga ada yang tinggal dengan keluarga yang lain.

Biasanya masalah akan muncul ketika pengajaran mereka (pihak keluarga selain orang tua si anak) tidak sejalan dengan yang ingin kita ajarkan pada buah hati. Tenang Moms, ada jalan keluarnya. Jadi jangan menjadi kesal dan marah dulu ya.

Tips Mengatasi Campur Tangan Pengasuhan Anak

  1. Kompak antara suami istri
    Sebelum membicarakan dengan pihak lain, pertama-tama ayah ibu harus kompak terlebih dahulu. Diskusikan apa yang membuat Anda tidak nyaman kepada pasangan dan cari jalan keluar yang disepakati bersama. Jadi nanti satu suara, orang lain pun tidak bingung.

  2. Bicarakan dengan pihak keluarga yang lain
    Setelah sepakat dengan pasangan, bicarakan apa yang mengganjal di hati Anda dengan pihak keluarga atau pihak lain tersebut. Pastinya dengan bahasa yang baik dan tenang. Jangan lupa, waktunya juga harus tepat. Jika memang ini urusannya dengan mertua, sebaiknya suami yang bicara dengan mereka. Sebaliknya jika datang dari pihak keluarga Anda, lebih baik Anda sendiri yang mengutarakannya. Bisa juga secara bersama-sama.

  3. Beri tahu pengajaran seperti apa yang ingin kalian berikan ke anak
    Pada saat menyampaikan "keberatan" itu,  beri tahu apa yang Anda ingin lakukan atau pengajaran seperti apa yang seharusnya dan ingin diajarkan kepada sang buah hati.

  4. Jangan lupa memberi tahu alasannya dengan bahasa yang mudah mengerti
    Alasan pengajaran kita yang berbeda dan kenapa kita ingin menanamkan hal itu pada anak pun harus kita jelaskan. Bahasanya juga harus disesuaikan supaya mereka bisa menerima dengan logis. Dengan begitu, kita juga turut membagi pengetahuan kita loh.

Terkadang, penyelesaian ini tidak berjalan baik. Bisa jadi mereka tetap tidak bisa menerima. Jika terhadap kakek nenek, beberapa akan protes (bahkan marah) dan bilang "dulu, kamu juga diajarnya begitu toh baik-baik saja" atau "yah, tidak apa-apalah kan si A juga bla bla bla". Siapkan diri untuk hal seperti ini juga ya. Tapi ingat, kita tetap harus bersikap sama terhadap mereka (bukannya malah menjauh) sambil pelan-pelan menjelaskan. Jangan lupa untuk memberi pengertian juga pada anak kita ya. 

Semoga bermanfaat.

By: Venny Susanto

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2300 Venny Susanto

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bagaimana Tangani si Kecil yang Bertengkar dengan Temannya?

Jika si Kecil bertengkar dengan temannya apa yang harus Moms lakukan? Berikut tipsnya

It's Time for Potty Training!

Kapan idealnya si Kecil melakukan potty training? Lalu apa saja tipsnya ala Mom Meiik? Yuk disimak

Ajari Kemandirian pada si Kecil

Mendidik anak bukan suatu hal yang mudah, salah satunya tentang kemandirian. Lalu mengapa perlu?

Cara Mengatasi Cemburu pada Pengasuh

Meninggalkan si Kecil bersama pengasuh karena pekerjaan, tak jarang membuat anak lebih dekat pada pengasuh.

Hal Yang Harus Dihindari Saat Memulai Toilet Training

Saat memulai masa toilet training, ada beberapa hal yang perlu Moms hindari. Apa saja hal-hal tersebut?

Toilet Training pada Bayi

Yuk ikuti tips toilet training dari Mom Melissa berikut ini untuk melatih si Kecil ke toilet sejak dini.

Apa Hal yang Paling Dibutuhkan Batita?

Memiliki anak usia batita merupakan saat di mana kita sebagai orang tua harus ekstra sabar. Mengapa?

Mengatasi Ketakutan Anak Saat Pertama Kali Sekolah

Moms, apakah si Kecil sudah saatnya sekolah? Untuk mengurangi kecemasannya saat pertama kali sekolah, ikuti tips berikut ini.

Tips Sukses Toilet Training

Toilet training adalah fase pengenalan tentang BAK dan BAB kepada anak agar tidak tergantung lagi pada popoknya. Fase ini adalah fase paling [...]

Manfaat Playdough bagi Perkembangan Motorik Halus Anak

Salah satu sensori toys yang menjadi favorit anak-anak adalah Playdough. Tahukah Moms bahwa sebenarnya Playdough memiliki banyak manfaat?

Makan Dengan Tangan Kanan Atau Kiri?

Moms, apakah salah jika si Kecil makan menggunakan tangan kiri? Mengajarkan anak untuk sopan mulai dari hal terkecil seperti makan itu penting [...]

Mengapa Si Kecil Berperilaku Lebih Buruk Ketika Bersama Ibunya?

Moms, apakah si Kecil suka bertingkah lebih buruk ketika bersama Moms? Ternyata hal ini adalah sesuatu yang baik. Mengapa? Yuk cari tahu [...]

Banyaknya Manfaat Menggendong Bayi

Moms, dengan menggendong bayi ternyata banyak memiliki manfaat lho. Apa sajakaj itu? Mari simak yang satu ini.

Efek Negatif Sering Membandingkan Anak

Membandingkan anak memang sering dilakukan, namun apakah Anda tahu bahwa hal ini memiliki dampak negatif?

Tips Ciptakan Lingkungan Aman dan Nyaman untuk Si Kecil

Setiap orang tua pasti menginginkan agar Si Kecil tetap merasa aman. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan agar kondisi aman [...]

Tips Atasi Si Kecil Rewel Di Mall

Seberapa sering Si Kecil merengek atau alami tantrum saat di mall? Mari simak pengalaman Mom Valent Cindy dalam mengatasinya.

Tips Agar Anak Tidak Manja

Moms, pernahkah berada di posisi disaat Si Kecil sedang menginginkan sesuatu dan dia merengek secara berlebihan? Mungkin cara berikut dapat [...]

Memasuki Usia 2 Tahun Si Kecil Susah Diatur

Moms, Si Kecil sedang menginjak fase terrible two? Yuk simak ulasan berikut ini untuk membantu Moms mengatasinya.

Tips Parents Menemani Anak Belajar Dirumah

Mengajari Si Kecil belajar sejak dini juga dapat dilakukan dirumah lho Moms. Yuk simak tips parent belajar bersama Si Kecil berikut.

Bonding Dengan Ayah Jadikan Anak Lebih Percaya Diri

Tahukah bahwa terbiasa melakukan bonding dengan Ayah, IQ nya dapat meningkat? Lantas bagaimana cara menjalin bonding bersama ayah?