Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Busting Pregnancy Myths

OTHERS  |  18 May '17

Hamil? Ngga boleh olahraga! Ngga boleh makan sushi! Ngga boleh minum kopi! Jangan cat rambut! Familiar-kah anda dengan kalimat-kalimat diatas? Mari kita bahas satu-persatu.

Hamil dan Olahraga
Tentunya ada batasan-batasan tertentu dalam mobilitas anda. High-impact activities seperti basket ball, muay thai, body pump, sebaiknya jangan dilakukan. Akan tetapi olah raga yang low-impact seperti berenang, yoga, dan jalan pagi, sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Selain meminimalisir obesitas di kala hamil, olah raga juga dapat mencegah pre-eklamsia, dan bahkan meningkatkan kualitas tidur.

Hamil dan Sushi
Sampai hari ini belum ada opini yang bulat mengenai baik atau tidaknya mengkonsumsi sushi selama masa kehamilan. Beberapa dokter dengan tegas melarang ibu hamil untuk makan ikan mentah seperti sashimi dan juga sushi. Namun demikian, ada juga beberapa ahli yang berpendapat bahwa hal tersebut tidak berbahaya asalkan ikan yang dimakan tidak mengandung level mercury yang tinggi. Salmon adalah salah satu jenis ikan yang memiliki level mercury rendah dan juga mengandung omega 3 yang dibutuhkan ibu dan janin. Sehingga salmon sering menjadi salah satu jenis protein yang banyak dianjurkan kepada ibu hamil. Jadi, apakah jawaban dari topik kontroversi ini? Sebaiknya tetap berjaga-jaga dengan tidak mengkonsumi salmon mentah. Tetapi jangan jadikan salmon sebagai pantangan selama kehamilan. Masak dengan baik sehingga anda dan janin menikmati benefits yang terkandung dalam salmon.

Hamil dan Kopi
Ada berita baik bagi anda pecinta kopi. Yes, you can have coffee while pregnant. Tetapi, ada batasnya, yaitu 200 mg per hari. Seberapa banyakkah 200 mg itu? Kira-kira 2 small cups (yang berukuran 8 onz) atau 1 large cup (yang berukuran 12 onz).

Hamil dan Cat Rambut
Penelitian membuktikan bahwa zat kimia yang digunakan untuk mengecat rambut sebetulnya tidak berbahaya bagi ibu hamil. Dan jumlah zat kimia yang di serap oleh kulit pun terlalu sedikit untuk memberikan dampak buruk bagi janin. Tetapi untuk berjaga-jaga, sebaiknya anda menunggu sampai kehamilan anda mencapai trimester kedua dimana organ-organ penting janin sudah berkembang dengan baik, sebelum anda memutuskan untuk mengecat rambut. Diskusikanlah juga terlebih dahulu dengan dokter anda untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

Proses kehamilan memang tidak mudah. Banyak yang harus dipelajari dan tidak jarang gaya hidup pun perlu disesuaikan demi kesehatan anda dan juga bayi yang anda kandung. But it’s all going to be worth it. Hang in there, Moms!

By: Babyologist Editor

492 Babyologist Indonesia

Comments