Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bumil Dan Busui, Jangan Takut untuk Berpuasa

FEEDING  |  PREGNANCY  |  17 May '19

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan. Selama bulan Ramadhan Umat Islam berlomba lomba untuk melakukan kebaikan dan menjalankan Ibadah dengan baik. Selama Bulan Ramadhan kita diwajibkan untuk menjalankan ibadah Puasa selama satu bulan penuh. Tetapi ada kondisi tertentu yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa, termasuk Ibu yang sedanh Hamil dan Menyusui.

Ibu Hamil dan Menyusui tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa tetapi Mommy juga bisa tetap berpuasa jika memang merasa mampu untuk menjalankan. Sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan yah moms, karena berpuasa bagi ibu hamil dan menyusui tidak akan membawa dampak negatif untuk kehamilan ataupun untuk kualitas ASI yang penting moms harus memperhatikan tips berikut ini :

1. Perhatikan Nutrisi saat Berpuasa

Nutrisi pada saat kehamilan sangat perlu untuk moms perhatikan terlebih lagi saat sedang berpuasa. Kondisinya moms harus bangun untuk bersantap sahur dan makan kembali saat berbuka puasa. Nah agar tetap bisa fit saat berpuasa moms harus memenuhi kebutuhan nutrisi, dengan konsumsi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral sesuai kebutuhan. Tetap minum susu Hamil dan konsumsi vitamin agar nutrisi tetap terjaga dan kebutuhan janin tetap terpenuhi dan Moms juga bisa enjoy saat berpuasa. 

2. Perhatikan Usia Kehamilan

Saat hamil terutama saat trimester 1 masih sangat berat untuk dilalui, dimana kondisi masih mual dan muntah serta masih terasa lemas. Dan saat trimester 1 adalah masa masa pembentukan organ janin jadi sangat dibutuhkan nutrisi yang lengkap untuk ibu hamil. Sebaiknya moms berpuasa saat usia kehamilan memasuki trimester 2 dan 3 saat berbagai keluhan kehamilan mulai hilang.

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Konsumsi cukup air putih untuk mencegah dehidrasi dan mempertahankan kondisi air ketuban yah moms. Saat berpuasa, moms harus perhatikan konsumsi air putih, saat sahur usahakan minum 2-3 gelas, saat dan setelah buka puasa minum 5-6 gelas air putih. Agar kondisi tetap terjaga dan terhindar dari dehidrasi

4. Tetap rutin minum obat dan vitamin untuk kehamilan

Saat ibu hamil berpuasa, sebaiknya tetap rutin minum obat dan vitamin pemberian dokter, agar kondisi tetap terjaga yah moms. 

Untuk ibu menyusui juga harus tetap memperhatikan nutrisi saat sedang berpuasa. Demi menjaga kelancaran air susu ibu (ASI) yang nantinya akan diberikan pada bayi, moms dapat meningkatkan kualitas makanan yang akan dikonsumsi. Kalori yang cukup, karbohidrat, protein, lemak serta vitamin yang memadai merupakan faktor penting untuk menghasilkan kualitas ASI yang bagus. 

Saat hamil dan meyusui tidak masalah jika ingin menjalankan ibadah puasa, karena tidak akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin dan kualitas ASI yang penting Moms tetap memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi dan memperhatikan beberapa hal yg dijabarkan diatas. Jadi jangan khawatir yah moms, Selagi merasa mampu maka tidak masalah jika ingin tetap berpuasa

113 Azizah Idris

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mengenal Folamil Genio untuk Moms Hamil dan Menyusui

Saat hamil, Moms membutuhkan suplemen kehamilan karena makanan saja tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan nutrisi

Rambu-Rambu agar Tetap Aman Berpuasa bagi Bumil dan Busui

Kita sudah memasuki bulan Ramadhan ya Moms! Bulan yang penuh berkah bagi saudara-saudara kita kaum Muslim.

Tips Berpuasa bagi Ibu Hamil & Menyusui

Pada bulan Ramadhan tahun 2016 saya tengah mengandung anak pertama dgn kondisi kehamilan memasuki 32 minggu.

Amankah Menyusui Ketika Hamil?

Meski dianggap aman, ternyata menyusui di saat hamil memiliki risiko persalinan prematur lho Moms!