Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bubur Instan VS MPASI Homemade

FEEDING  |  MY STORY  |  24 Nov '18

Lebih baik membeli bubur instan atau membuat MPASI sendiri ya Moms?

Menurut DSA anak saya, sebetulnya boleh-boleh saja membeli bubur instan atau biskuit sebagai MPASI untuk anak. Yang harus diingat, baik MPASI instan maupun buatan sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Contohnya pada makanan instan, tentu saja sudah dipastikan mengandung zat-zat berguna bagi anak, namun kekurangannya adalah pasti mengandung pengawet. Sedangkan jika bikin sendiri tentunya lebih sehat, tapi kalau proses pembuatannya salah juga pasti bisa menghilangkan kandungan nutrisinya.

Kalau memilih untuk membelikan MPASI instan, Moms harus pintar memilih kandungan nutrisi yang terdapat dalam makanan tersebut. Kandungan nutrisi harus sesuai dengan bobot anak agar tumbuh kembangnya optimal.

Di sisi lain dengan membuat MPASI sendiri, Moms bisa memberikan kandungan gizi terbaik dan bebas bahan pengawet. Namun ketika pengolahannya tidak tepat, nilai gizi bisa berkurang dan MPASI tidak akan memberikan efek yang berarti.

Jika memang ingin membuat sendiri, sebaiknya hindari penggunaan perasa seperti garam atau gula yang berlebihan. Sayuran, buah dan umbi-umbian merupakan bahan MPASI yang tepat untuk dikenalkan kepada si Kecil.

Yang ditakutkan jika anak terbiasa diberi rasa yang gurih, bisa memberikan kecenderungan anak tidak akan menyukai rasa alami. 

Saya pribadi lebih memilih untuk memberikan MPASI homemade buat anak saya dengan memperhatikan kandungan nutrisi dan menjaga rasa alaminya.

 

Semoga bermanfaat.

By: Marliana Yulianti

Copyright by Babyologsit

433 Marliana Yulianti

Comments

Related Stories