Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Buah-Buahan untuk Ibu Hamil

HEALTH TIPS  |  26 Sep '17

Masa kehamilanku penuh dengan kehati-hatian. Salah satunya hati-hati dalam memilih makanan. Karena ingin memastikan Kimmy mendapat gizi yang cukup, aku tidak lagi membatasi seberapa banyak makanan yang aku konsumsi. Aku sering sekali makan dan ngemil, tentu saja cemilan yang aku stock dirumah ketika masa kehamilan adalah cemilan yang sehat dan bergizi. Alasannya karena aku paranoid dengan kehamilan pertama yang tidak berhasil, jadi kehamilan kedua aku lebih hati-hati dalam segala hal, termasuk dalam urusan makanan.

​​​​​​Ini adalah beberapa buah yang rutin aku konsumsi ketika sedang hamil:

  • Anggur, blueberry dan strawberry
    Berperan sebagai antioksidan
    bagi tubuh. Dari obgyn aku, aku diminta untuk rajin konsumsi buah blueberry supaya tali pusar aku bersih, jadi apa yang dikonsumsi aku bisa 'sampai' ke si bayi. Buah-buahan diatas juga berfungsi sebagai pengontrol tekanan darah. Banyak ibu hamil yang tekanan darahnya suka tinggi dan rendah secara tiba-tiba. Bahkan bisa menyebabkan pre-eclampsia pada semester ketiga. Jadi hati-hati dalam pola makan sehari-hari juga ya moms.
  • Pisang
    Nah, ini buah favorit aku pas hamil dulu. Banyak mengandung asam folat dan kalium, juga gampang dicerna. Asam folat sangat penting untuk pertumbuhan otak, saraf dan sumsum tulang belakang bayi. Makanya banyak vitamin untuk ibu hamil yang mengandung zat Asam Folat ini. Biasanya buat ibu hamil yang suka mual dan muntah, pisang juga bisa membantu mengurangi morning sickness lho!
  • Kurma
    Ketika hamil, aku sering banget makan kurma jadi cemilan. Aku dikasih tau mamaku kalo kurma bagus banget untuk perkembangan janin didalam rahim. Apalagi dulu aku naik berat badannya banyak sekali, jadi aku agak mengurangi karbohidrat seperti nasi dan mie. Tapi karena ketika hamil aku sering sekali lapar, jadi mama menyarankan untuk ngemil kurma. Ternyata kurma juga dapat memperkuat dinding rahim lho moms. Dulu aku belum tahu fakta ini, jadi baru mengkonsumsi kurma di trimester ketiga hehehe.

Buah-buahan yang aku hindari ketika sedang hamil:

  • Nanas
    Aku sering dengar bahwa ibu hamil muda jangan makan nanas. Setelah aku baca-baca dari berbagai sumber, nanas mengandung zat Bromealin yang dapat melunakkan rahim sehingga dapat menyebabkan kelahiran prematur. Apalagi nanas muda yang lebih banyak mengandung zat Bromealin tersebut, sangat aku hindari karena jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan keguguran.
  • Durian
    Wah, ini buah kesukaan aku nih. Tapi sayangnya pas hamil ga boleh makan buah ini. Mitosnya kalau ibu hamil makan durian, nanti janinnya bisa kepanasan. Tentu saja mitos tersebut tidak benar ya moms. Durian memang kurang baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung alkohol, yang tentu saja tidak baik untuk janin. Durian juga mengandung kadar gula, kolesterol dan kalori yang tinggi, jadi bisa menyebabkan diabetes dan penyakit kolesterol.

Itu saja sharing dari pengalaman aku pribadi, semoga dapat membantu ya!

By: Ricka Puspita Atmadja 

2027 Ricka Puspita Atmadja

Comments

Related Stories