Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Breastfeeding AND Bottle-Feeding

MY STORY  |  29 May '17


Maybe some people will ask why Mami pake botol kalau mau breastfeeding? Emangnya Mami kerja? Nopeee!! I am a full time mum! Yes, untuk anak pertama, Mami bisa latch dengan aman, nyaman, sentosa. Bukan pilih kasih atau apapun alasannya, tapi karena Mami memang harus spend time utk keduanya. That's why untuk Faith, saya decide untuk mix breastfeed dan juga bottle-feed. Kadang saya harus tinggalin Faith di rumah for a few hours untuk acara di sekolah Koko Sam. I try my best to give my best attention for both of them.

Then, next question will be, "Kalau memang insist mau breastfeed, kenapa ngga suapin pake sendok aja ASI nya?" For me, kalau mau nitipin Faith ke orang rumah for a few hours, tentunya Mami ngga bisa egois. Masa udah mau nitip masih juga repotin minta kasih Faith susu pake sendok?! Kan kasihan orang rumah juga. Ngga semua orang mau direpotin, mau ngawasin aja uda syukur, boro-boro nyuapin pake sendok scoop by scoop. That's why I choose bottle aja... Oh ya, plus pacifier untuk bantu soothe her to sleep.

So, apa ngga takut anak bingung puting? Saya bersyukur banget so far Faith masih oke dengan both methods. And I hope that she will be fine sampai Mami teler and ngga mau kasih ASI lagi. Haha.

Ini purely pemikiran saya sendiri yah, please jangan anggap ini applicable to all children yah. Anak kecil itu mudah banget menyerap semua hal. Termasuk dalam hal menyusui. I believe, Faith bisa menyusui langsung dan juga pake bottle, ASAL diperkenalkan di saat yang tepat, dan dengan product yang tepat juga tentunya.

So, kapan waktu yang tepat? (Again ini pendapat pribadi) Mami perkenalkan botol ke Faith waktu Faith lebih dari 2 months old. Karena sayang yah kalo masa-masa ASI masih ada colostrum-nya di pompa. Kayanya lebih "afdol" kalo diminum langsung dari sumbernya hahaha. And actually Mami ikutin aja guideline untuk para working mum yang biasa pada mulai-mulai prepare untuk back to work, biasa di sekitar bulan ke 2-3 kali yah sudah mulai pompa dan nyetock. Biasa cuti hamil cuma sekitar 3 bulan.. Tapi kalau telat intro botol, anak bisa jadi sudah terbiasa dengan nipple mama, dan mungkin sudah ngga begitu mau lagi dengan botol. So, waktu yang tepat itu artinya not to early and not too late.

Lalu maksudnya product yang tepat itu gimana? Okay, Mami is not saleswoman, cuma tau seadanya. Ada 2 macam botol yang beredar di pasaran, yang model Narrow Neck dan juga Wide Neck. Saya pilih yang Wide Neck karena dot pada botol Wide Neck ini lebih besar daripada dot pada botol Narrow Neck. Kenapa harus yang lebih besar? Biar mulut bayi bisa terbuka lebar, seperti kalau bayi lagi nyusuin langsung. Dan memang Mami perhatikan, mulut Faith sama gedenya kalau nyusuin dari breast dan juga bottle. Untuk mums yang nyusuin anaknya langsung, pasti mengerti gimana sakitnya kalau nyusuin anak yang mulutnya ngga mau terbuka lebar. That's why Mami choose yang Wide Neck. And untuk pacifier, Mami pilih pacifier yang pipih yang mirip sama nipple. Bagaimana Mami tahu Pacifier yang begini yang mirip nipple? Hahahaha.. Masa perlu fotoin nipple Mami yang peot dikenyot anak-anak kalo lagi empeng??

By: Ernita Huang 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1248 Ernita Huang

Comments

LATEST POSTS

Lahiran Normal vs Sesar

Apa perbedaan melahirkan dengan normal dan sesar? Yuk simak pengalaman Mom Jenny

Ibu Menyusui Sering Haus, Mengapa Begitu?

Saat menyusui Moms sering mengalami haus yang berlebihan. Wajarkah hal ini terjadi? Mari temukan jawabannya berikut ini.

Mastitis-Abses Sembuh Tanpa Obat Kimia

Apakah Moms adalah penderita mastisis? Moms, yuk simak pengalaman Mom Riri berikut dalam mengatasi mastitis yang Ia alami.

Babyo Talk with Mom Jovanzka Mengenai Kehamilan dan Baby Blues

Yuk simak cerita dari Mom Jovanzka seputar kehamilan dan baby blues serta bagaimana ia mengatasinya.

Manfaat Bertelanjang Kaki Pada Bayi

Tahukah Moms, Si Kecil dibiasakan bertelanjang kaki jauh lebih baik daripada beralas kaki, Kenapa?

Baby-O-Talk With Doctor and Mom, Nurul Hidayati

Apa rahasia Mom sekaligus Dokter Nurul menjalani kehidupannya sebagai ibu dan juga dokter umum? Bagaimana cara beliau membagi waktu? Yuk, simak [...]

Baby-O-Talk With Working Mom, Michelle Gouw

Menjadi seorang ibu adalah tanggung jawab yang besar apalagi di iringi dengan bekerja. Yuk, simak cerita dari Mom Michelle Gouw berikut ini.

Baby-O-Talk With Mom Tita Seputar Pengalaman Menjadi Seorang Ibu

Mom adalah pekerjaan yang tidak mudah, mari kita simak pengalaman Mom Tita menjadi seorang ibu.

Baby-O-Talk With Mom Adhitya Seputar Stimulasi Kandungan

Adhitya Putri memiliki cara tersendiri untuk menstimulasi kandungannya, seperti apakah itu?

Babyo Talk With Mom Jessica Forrester Seputar Stimulasi Kandungan

Stimulasi ternyata juga penting bagi ibu yang sedang hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Jessica Forrester mengenai Stimulasi berikut ini.

Tips Menghadapi Gender Disappointment

Pernahkah Anda mengalami kekecewaan karena jenis kelamin janin tidak sesuai dengan yang diharapkan? Yuk, simak pengalaman Mom Sylvia berikut ini.

Baby-O-Talk with Mom Gisel Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Gisel mengenai vaksin!

Baby-O-Talk with Mom Silvia Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Silvia mengenai vaksin! Yuk, disimak.

Baby-O-Talk with Mom Lina Seputar Menyusui

Pembahasan mengenai menyusui tidak ada habisnya. Kali ini, Babyologist bertanya-tanya kepada Mom Lina seputar menyusui.

Mama Takut Menyusui Anak?

Bayi tidak bisa menyusu? Emang ada? Ini yang dialami oleh Mom Marlisa dan Baby Eegan. Mari simak ceritanya berikut ini.

Jaga Sendiri or Pakai Suster?

Mom Michelle Gouw berbagi cerita dan suka duka selama masa kehamilan dan merawat bayi dengan bantuan suster. Yuk simak bersama.

Kenapa Anak Mimisan?

Kenapa anak bisa mimisan? Apa yang sebaiknya dilakukan ketika anak mimisan? Berikut pengalaman dari Mom Sherlly.

Strawberry Hemangioma Awareness

Strawberry Hemangioma? Apa itu? Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hemangioma? Mari simak cerita dari Mom Tita.

Baking Bersama Kathleen

Baking bersama di dapur bisa menjadi kegiatan yang educative dan fun loh Moms! Yuk simak cerita Mom Sarah berikut ini.

Steps to Recovery After Miscarriage

Bagi pasangan yang mengharapkan seorang anak, keguguran merupakan kesedihan yang sangat mendalam. Berikut cerita dari Mom Ricka.