Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Breastfeeding Journey

BABY  |  FEEDING  |  MY STORY  |  14 Jun '19


Hi mommies, aku mau sharing nih tentang breastfeeding journey aku. Sekarang baby aku, baby Jess udah umur 4 bulan ya, jadi aku mau cerita pengalaman breastfeeding aku dalam 4 bulan ini, mulai dari baby Jess lahir sampe sekarang.
Selama hamil PD ku nggak keluar ASI sama sekali moms. Kan ada tuh ya yang hamil tua ASI nya udah ngerembes, nah aku nggak sama sekali. Yang aku lakuin waktu hamil 5 bulan keatas tuh pijit-pijit PD ku melingkar lingkar selama kurang lebih 3-5 menit. Aku ngelakuinnya tiap hari setelah mandi sore ya moms, pake baby oil. Kadang-kadang aku kompres pake handuk+air anget. Kalo aku baca-baca sih untuk merangsang air susunya biar keluar yah moms.

Waktu ngelahirin baby Jess aku nggak IMD moms, karena waktu itu aku sempet sesak nafas, jadi nggak bisa IMD, btw aku ngelahirinnya caesar ya moms. Setelah ngelahirin, ASI aku keluar normal, mulai dari hari pertama keluarnya kuning agak bening gitu diisepin ke bayinya secara rutin sampe sekitar 7 hari an. Baby Jess dari lahir udah lancar banget ngisep ASI nya, perlekatannya bagus jadi nggak pake drama puting lecet dll.

Nah waktu umur 7 hari baby Jess didiagnosa sakit kuning, dan harus fototerapi selama 24 jam di RS. Nah otomatis aku harus ngirim ASI kan ke RS, dan info pihak RS nya 2 jam sekali harus ada ASI. Stress yah moms, mana rumah sama RS jauh dan itu sudah jam 9 malam pula. Tapi beruntung banget aku punya suami yang selalu nge-up aku klo pas aku lagi down. Akhirnya aku beli pompa asi manual+plastik asi dan cus pulang buat pumping. Pumping pertama berat moms, selain nggak tau caranya, ASI aku cuma netes2 aja, pokoknya nggak seperti yang dibayangkan. Bersyukurnya nggak lama setelah itu aku akhirnya bisa pumping sampe botol keisi. Pumping pertama cuma dapet 30 ml dari 2 PD, itu sudah seneng banget moms. Selama 24 jam baby Jess di RS itu aku makan+minum susu banyak banget supaya tiap 2 jam bisa ngeluarin ASI, dan tiap 2 jam itu PDku maksimal cuma bisa ngeluarin 30 ml aja.

Setelah keluar dari RS drama menyusui terjadi moms, si baby Jess minum ASi nya dikit banget, banyakan tidurnya, sedangkan kata dokter harus kasih ASI banyak supaya nggak kuning. Stress makin jadi, akhirnya aku putuskan untuk pumping lagi, dan bersyukur baby Jess mau minum banyak klo pake botol. Dan mulai saat itu aku jadi "Eping mom". Aku memutuskan beli pompa ASI elektrik ya moms, tangan nggak sanggup klo harus pake manual terus. Selama sebulan penuh aku pumping tiap 2 jam sekali tanpa henti, sehari pumping 12x ya moms, sekali pumping sudah bisa 50-60ml, bahkan kadang bisa lebih jadi aku punya cadangan ASI di kulkas.

Bulan kedua baby Jess mulai nggak suka minum di botol, lebih suka nenen langsung, sedangkan PD udah kebiasaan dipompa, klo telat pumping rasanya bisa keras kayak batu dan sakit banget moms. Jadi sejak bulan kedua itu aku Direct Breastfeeding + pumping. Sekali pumping bisa 100ml sampe max hampir 400 ml moms. Memang sejak bulan kedua itu ASI ku keluarnya banyak banget, sampe bikin freezer di rumah full sama kantong-kantong asi.

Setelah kehabisan tempat di freezer aku mulai kurangin frekuensi pumping, yang tadinya setelah di nenen aku pompa, sekarang jadi tunggu sakit dulu baru pumping, hehehehe. Rasanya? Jangan ditanya moms, PD ini bisa keras kayak ada batu didalemnya. Tapi setiap keras kayak gitu selalu aku pompa, lama kelamaan produksi ASI menyesuaikan moms. Yang biasanya sehari pumping 4-5x lama-lama cuma sekali aja. Sampe sekarang usia baby Jess sudah 4 bulan lebih, aku sudah jarang banget pumping. Bisa-bisa cuma seminggu sekali atau 2 minggu sekali aja, itupun klo produksi sedang banyak, klo nggak ya nggak pumping.

Selama menyusui ini aku ada beberapa konsumsi susu dan vitamin pelancar ASI ya moms. Nggak dipungkiri, akupun mau ASI ku berkualitas dan cukup untuk memenuhi kebutuhan baby Jess. Klo susu aku minum susu prenagen yang untuk ibu menyusui yah sama minum susu almond merk alamon moms. Klo untuk vitamin sebulan pertama setelah melahirkan aku minum nutribreast sehari sekali, bulan berikutnya aku minum asifit 3x sehari sampai sekarang.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

782 Indah Yudi Suryani

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cerita Cinta dan Fakta Ketika Menyusui

Yuk simak cerita menyusui yang penuh cinta berikut ini dari Mom Yohana.

Review Bebi Bon Edamame, Abon Enak untuk MPASI

Saat berselancar di dunia maya, saya melihat produk Bebi Bon Edamame di salah satu e-commerce dan memutuskan untuk membelinya. Alasan saya [...]

Awal Mpasi Menu Tunggal atau Langsung 4*?

Hai Moms, setelah kemarin aku bikin kaldu homemade saatnya aku bergelut di dunia MPASI. Untuk awal masa MPASI, bagusnya si Kecil diberi menu [...]

Ingin Coba Self-Feeding? Perhatikan 5 Hal Ini

Moms ingin mencoba metode self-feeding saat si Kecil memasuk masa MPASI? Perhatikan 5 hal berikut agar self-feeding sukses, ya, Moms!

MPASI 4* Bubur Tempe Tomat

Tempe adalah makanan sejuta umat. Sumber protein nabati ini ternyata populer juga sebagai bahan utama resep MPASI. Berikut ini resep masakan [...]

Hal yang Harus Diperhatikan ketika si Kecil Mengonsumsi Susu

Pasti semua moms ingin selalu memberikan yang terbaik untuk buah hatinya.

ASI Booster & Vitamin ASI Favoritku

ASI booster dan vitamin sangat penting untuk ibu menyusui baik secara kuantitas maupun kualitas

Suplemen untuk Ibu Menyusui

Beberapa suplemen makanan dapat melengkapi kebutuhan nutrisi moms loh. Apa saja suplemennya?

Kenapa Bayi Saat Menyusu Berkeringat?

Saat menyusui tiba-tiba si kecil mengeluarkan keringat terutama di area wajah? Normalkah?

Food Maker VS Food Processor

Apa bedanya membuat MPASI menggunakan food maker dengan food processor?

Caraku Dalam Melarang Anak Makan Sesuatu

Apakah si Kecil sering makan sesuatu sehingga tidak ingin makan lagi ketika sudah waktunya? Yuk, simak cara mom Leny!

Awas! Pacifier Bisa Bikin si Kecil Bingung Puting!

Pacifier alias empeng satu benda yang membuat saya trauma sampai saat ini. Pasalnya benda tersebut

Naik Tekstur MPASI Sebelum Waktunya

Apakah si Kecil mengalami GTM terus Moms? Mungkin ia ingin naik tekstur seperti baby Jess! Simak pengalaman mom Indah.

Es Krim Sebabkan Bayi Lahir Besar, Mitos atau Fakta?

Bayi lahir dengan berat diatas rata-rata sering dikaitkan dengan hobi ibu yang gemar menyantap es krim, mitos atau fakta?

Mengenal Breastfeeding Jaundice: Kuning pada Baby A

Walaupun tidak bisa memberikan ASI eksklusif untuk anak harus tetap semangat demi yang terbaik ya Moms!

Sedihnya Harus Menyapih Dini

Tentu Moms semua setuju bahwa masa menyusui adalah salah satu masa yang akan selalu dikenang bahkan dirindukan.

Tekad Kuat Untuk Menyusui

Perjalanan menyusui memang tidak selalu mulus ya. Apa tips mudah dari mom Alifia? Yuk, simak informasinya!

Pengalaman Menghadapi Bayi Kolik

Pengalaman kolik ini terjadi pada bayi saya Faiq mulai umur 2 minggu.

Indahnya Menyusui Dari Hari Ke Hari

Kegiatan menyusui menjadi salah satu momen yang membahagiakan seperti yang dialami Mom Mita berikut ini

Management ASI Perah ala Mom Elisa

Selama ini Baby El selalu minum asi fresh.. bahkan yang dari chiller diangetin aja anaknya ga mau..