Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Breast Care saat Masa Kehamilan

FEEDING  |  17 Apr '19

Siapa Moms di sini yang sedang hamil? Saya sendiri sedang hamil trimester 3, jadi sudah memiliki kekhawatiran mengenai hal-hal berbau pascamelahirkan, termasuk soal ASI. Saat mengikuti sharing group para bumil, Bu Bidan menyarankan untuk melakukan breast care tujuannya agar saluran ASI lancar. Tapi apakah breast care itu sendiri? Pada intinya breast care adalah melakukan perawatan dan persiapan payudara Moms untuk menyusui. Lalu apakah breast care bisa dilakukan sejak hamil? Jawabannya bisa Moms!

Lalu apa saja hal-hal yang bisa kita lakukan untuk breast care ini?

1. Membersihkan payudara dengan kapas lembut

Gunakan kapas lembut yang dibasahi air hangat lalu usapkan dengan lembut ke sekitar puting dan aerola. Mengusapnya jangan keras-keras, ya, Moms, karena bisa memicu kontraksi dan cedera. Jangan gunakan sabun juga ya, Moms. cukup gunakan air.

2. Kompres air hangat

Moms bisa mengompres payudara dengan air hangat. Caranya dengan merendam handuk kecil atau alat kompres ke dalam air hangat suam-suam kuku lalu tempelkan di sekitar payudara Moms.

3. Memijat dengan lembut

Perlu kehati-hatian saat melakukan ini, ya, Moms. Sebab, jika terlalu keras dapat memicu kontraksi. Moms bisa gunakan minyak essential oil, minyak zaitun, atau minyak kelapa lalu oleskan ke seputar payudara. Pijat arah melingkar atau spiral dengan lembut.

Cara-cara di atas dilakukan ketika Moms sudah di trimester 3, ya. Saya sendiri sudah mempraktekannya dengan harapan agar ASI keluar dengan maksimal dan lancar. Semoga tips di atas berguna ya Moms!

Semoga bermanfaat.

By: Dini Asmarani

Copyright by Babyologist

500 Dini Asmarani

Comments

Related Stories