Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Botol Susu Anti Kolik: Solusi Bayi Mengalami Kolik

BABY  |  MY STORY  |  11 Nov '19


Pernahkah bayi Moms menangis dan sulit untuk ditenangkan? Banyak sekali faktor yang menyebabkan bayi menangis, karena menangis adalah wujud komunikasi bayi kepada kita. Bisa saja bayi takut, lapar, pipis, atau mengantuk. Namun jika bayi menangis histeris secara terus menerus dan sulit ditenangkan walaupun sudah disusui atau didekap, waspadai bayi Moms terkena kolik.

Kolik merupakan kondisi yang sering terjadi pada bayi yang baru saja lahir, sekitar 2 minggu ke atas. Bayi menangis lebih dari 3 jam, terjadi tidak hanya satu hari bisa berhari-hari. Hal ini bisa terjadi hingga bayi usia 4 bulan. Banyak tafsiran kenapa bayi bisa kolik. Ada yang menyebutkan karena penyesuaian bayi terhadap lingkungan baru, alergi protein susu sapi (intoleransi susu), bayi kembung, dan aliran ASI yang terlalu deras.

Banyak orang tua zaman dahulu menganggap keadaan tersebut hal yang biasa terjadi pada bayi baru lahir. Namun, kolik jangan disepelekan karena bisa mengakibatkan stres anak dan ibu. Aku sendiri pernah merasakan kondisi anak yang kolik. Berhubung pertama kali aku punya anak, aku bingung. Anak nangis terus, disusui tidak mau, muka memerah. Beruntung aku masih tinggal jadi satu dengan mertua. Lewat pertolongan mertuaku aku belajar.

Awalnya, aku merasa ASI mengalir deras atau mengalami Let Down Reflex (LDR) bayi langsung kaget, gelagapan. Gelagapan yang dialami anak akan menyebabkan udara masuk ke perut, ditambah lagi bayi langsung menangis. Akibatnya bayi merasa kurang nyaman di bagian pencernaannya. Setelah itu bayi akan menangis lebih kencang padahal ASI malah mengucur tanpa diminum. Ketika itu aku refleks menenangkan bayi sambil mengarahkan puting ke mulut bayi. Tapi, bayi malah menangis semakin keras. Aku pun panik dan gemas rasanya karena bayi tidak berhenti menangis. Setelah dibantu ibu mertua, si bayi mulai tenang.

Hal-hal berikut yang bisa aku simpulkan dari tindakan mertua untuk mengatasi kolik:
1. Harus tarik nafas dalam-dalam dengan tujuan relaks. Supaya tetap tenang dalam menenangkan anak. Anak pun tidak tambah kencang menangisnya.
2. Miringkan posisi menggendong bayi.
3. Ayunkan bayi dalam gendongan, buat dia nyaman.

Kejadian seperti itu masih terulang lagi di hari berikutnya. Aku pun mencoba untuk menyusui bayi dengan posisi tegak jadi aliran ASI lancar ke pencernaan. Selain itu, aku juga menyiapkan botol susu anti kolik (dot).

Botol susu anti kolik itu seperti apa? Botol susu tersebut punya katup di bagian nipple. Botol tersebut punya lubang udara yang bertujuan untuk mencegah udara dan susu masuk bersamaan di mulut. Sehingga udara tidak masuk ke dalam mulut bayi. Selain itu, biasanya dirancang menyerupai puting ibu. Botol susu itu memang didesain untuk mengurangi risiko kolik dan bingung puting pada bayi.

Kenapa menggunakan botol susu anti kolik?

Mengingat kondisi bayi yang pencernaannya belum sempurna dan sumber makanan dari ASI. Akhirnya memutuskan menggunakannya supaya anak tetap mau minum ASI. Kolik jika dibiarkan akan membuat anak stres dan tidak mau menyusu. Daripada anak tidak minum ASI, ya gunakan botol susu. Aku pun hanya membeli botol susu anti kolik yang berukuran kecil. Walaupun begitu aku tetap DBF (Direct Breasfeeding) cuma sekali/dua kali saja menggunakan botol susu. Itu pun meminumkannya dengan didekap supaya tetap merasakan kehangatan dan kedekatan dengan ibu. Efek yang aku rasakan, bayi nyaman menyusu, bayi kenyang karena aliran ASI lancar, dan tidak menimbulkan trauma. Bayi pun jarang nangis histeris lagi.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

328 Ninditya Ika

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Jangan Beli Stroller Hanya Karena Harganya Murah

Jangan berpatokan dengan harga murah, memilih stroller harus penuh pertimbangan agar tidak menyesal. Stroller adalah suatu alat perlengkapan [...]

Segudang Manfaat Botol Susu Anti Kolik untuk Buah Hatiku

Botol susu adalah alat bantu utama untuk si Kecil minum susu jika ibu tidak sempat untuk menyusui secara langsung

Beragam Manfaat Minyak Telon untuk si Kecil

Siapa yang tidak kenal minyak ajaib yang satu ini? Yap, minyak ajaib ini adalah "Minyak Telon Bayi".

Pengalamanku Mengatasi Kolik dengan Botol Susu Anti Kolik

Kolik pertama sungguh membuat kami sebagai orang tua baru kebingungan

Drama Kolik Lewat Setelah Ganti Botol Susu

Sebagai ibu baru tentu kita pernah mengalami fase kebingungan mengurus newborn, iya kan Moms?

Pilah Pilih Botol Susu, Pilihan Anakku Tetap Botol Susu Anti Kolik

Pengalaman menyusui anak pertama yang kurang lancar, membuat saya memutuskan menggunakan botol susu pada anak kedua

Botol Susu Anti Kolik Jadi Pilihanku untuk Atasi Kolik si Kecil

Anak pertama saya pernah mengalami kolik. Tadinya saya tidak pernah tahu kalau itu yang namanya kolik

Kolik Dan Caraku Mengatasinya

Bagi sebagian moms mungkin kolik bukan sesuatu yang aneh, tapi bagi ibu baru kolik bisa saja terasa asing

Bye-Bye Colic!

Proses menyusui bayi kembar saya tidak berjalan mulus seperti yang saya harapkan dan saya bayangkan.

Botol Susu Anti Kolik, Solusi Tidur Nyenyak si Kecil

Sebagian besar waktu bayi khususnya usia newborn dihabiskan untuk menyusu dan tidur.

Botol susu Dr. Brown's, Penyelamat Ketika Carine Kolik

Carine pernah mengalami kolik ketika baru berumur 2 minggu. Sebagai new Mom saya sedih sekali saat mengetahuinya.

Tidak Semua Botol Susu Mampu Atasi Kolik

Siapa yang mengira semua botol susu itu sama? Awalnya saya juga beranggapan seperti itu, namun ternyata salah.

Liburan Bersama Bayi 3 Bulan? Ini Tips dan Perlengkapan yang Perlu Dibawa!

Liburan sama newborn 3 bulan ribet gak? Aku sih bilang gak ribet, soalnya kemarin pas libur lebaran saya bawa Keenan