Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bolehkah Berlibur di Trimester Pertama Kehamilan?

PREGNANCY  |  18 Dec '17

Siapa yang tidak suka akan liburan? Semua orang perlu berlibur, begitu juga dengan ibu hamil. Namun, bagi bumil yang masih dalam tahap awal kehamilan (trimester pertama), apakah aman untuk pergi berlibur?

Masa kehamilan awal khususnya trimester pertama kehamilan adalah usia dimana kondisi kandungan masih rentan dengan hal-hal yang tidak diinginkan, fatalnya bisa menyebabkan keguguran. Mengapa disebutkan demikian? Karena pada saat ini janin yang ada dalam kandungan masih terbilang cukup lemah untuk dibawa pergi jauh dan berlibur.

Selain dari usia kandungan yang masih rentan dan janin dalam rahim masih terbilang lemah, ada hal lain juga yang tidak memperbolehkan bumil berlibur di trimester pertama kehamilan. Hal lain tersebut yaitu saat memasuki usia kehamilan trimester pertama, rasa mual dan muntah masih dirasakan oleh bumil. Mual dan muntah ini akan semakin parah dan berat jika bumil mengalami guncangan dalam kendaraan selama pergi liburan.

Dengan alasan itulah maka di trimester pertama ibu hamil disarankan untuk tidak pergi berlibur. Namun ada juga beberapa kasus dimana ibu hamil merasa sehat dan dokter kandungan pun mengijinkan anda untuk berlibur. Untuk mengatasi hal atau masalah yang tidak diinginkan saat pergi liburan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh bumil.

Selama perjalanan liburan, bumil bisa membekali diri dengan obat-obatan yang bisa meredakan rasa mual atau muntah dalam perjalanan. Jika ingin menggunakan tips yang satu ini, mintalah petunjuk dan resep dokter agar tidak ada efek samping kurang baik bagi janin dari obat tersebut. Selain menggunakan obat pereda rasa mual, bumil bisa makan dengan porsi sedikit terlebih dahulu sebelum berangkat liburan

Untuk perbekalan berlibur di trimester pertama kehamilan, bumil bisa menyediakan berbagai makanan ringan seperti biskuit, jus, susu, sari kacang hijau, dan yang lainnya. Jangan lupa persediaan air putih harus ada dalam menempuh perjalanan yang jauh. Mengkonsumsi makanan ringan selama perjalanan liburan bertujuan untuk mengatasi meningkatnya asam lambung yang bisa memicu terjadinya mual atau muntah.

Semoga bermanfaat.

2330 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories