Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bolehkah Puasa Bagi Ibu Hamil Usia 4 Bulan?

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  15 May '18


Menjalani masa kehamilan muda perlu perhatian khusus untuk mendukung tumbuh kembang janin secara optimal. Pada usia kehamilan awal atau trimester pertama dan memasuki trimester kedua, kondisi kehamilan masih sangat rentan terhadap gangguan yang berpotensi keguguran. Ibu hamil harus lebih memperhatikan pola hidup sehari-hari dan asupan nutrisi untuk janin. Namun, saat memasuki bulan Ramadhan, apakah boleh puasa bagi ibu hamil usia 4 bulan?

Bagi wanita yang sedang hamil dan menghadapi bulan Ramadhan mungkin merasa bingung antara menjalankan kewajiban dan kehamilan. Seperti yang kita ketahui bahwa saat hamil asupan nutrisi untuk janin harus sepenuhnya tercukupi guna mengoptimalkan tumbuh kembang janin dengan baik. Sedangkan jika menjalankan puasa seharian tentu saja asupan nutrisi untuk janin sedikit berkurang, sebab ibu hamil hanya makan saat sahur dan berbuka saja.

Kondisi ini seringkali menjadi salah problematika dan dilema di kalangan ibu hamil saat menghadapi bulan suci Ramadhan. Diperlukan pengetahuan seputar tips untuk menjalankan puasa selama Ramadhan terutama untuk ibu hamil muda 4 bulan yang masih membutuhkan perhatian khusus dalam menjaga kehamilan sehat.

Tips Penting Puasa Bagi Ibu Hamil Usia 4 Bulan

Puasa bagi ibu hamil usia 4 bulan pada dasarnya tidak ada larangan, namun dengan beberapa catatan yang harus diperhatikan dengan baik. Misalnya kondisi kesehatan harus stabil, tidak ada keluhan dalam kehamilan, kondisi janin sehat, tidak ada riwayat penyakit tertentu, dan yang paling penting adalah berkonsultasi dengan dokter berpengalaman.

Puasa bagi ibu hamil memang ada toleransi untuk tidak menjalankannya jika tidak mampu. Penggantinya dengan membayar fidyah sesuai dengan ketentuan. Namun, jika kondisi tubuh ibu hamil memang memungkinkan, maka tidak ada larangan untuk menjalankannya. Berikut ini tips puasa bagi ibu hamil yang harus diperhatikan dengan baik!

1. Periksa Kehamilan Secara Rutin

Dalam menjalani puasa Ramadhan selama hamil, penting sekiranya untuk ibu hamil menjaga kesehatan dengan baik. Sebelum menjalani puasa, alangkah lebih baiknya untuk memeriksakan kesehatan terlebih dahulu ke dokter. Pastikan bahwa kondisi kesehatan tubuh Anda dan janin dalam kondisi baik. Mintalah saran kepada dokter untuk menjaga kehamilan selama Anda berpuasa.

2. Perhatikan Menu Makan Saat Sahur

Mom juga mesti mengutamakan menu makanan sehat dengan gizi lengkap saat sahur. Puasa tentu saja menahan makan dan haus dalam waktu yang cukup lama, untuk itu asupan makanan saat sahur harus menjadi perhatian penting bagi ibu hamil. Upayakan menu makan sahur harus mengandung gizi seimbang dan lengkap sesuai dengan kebutuhan tubuh dan kehamilan Anda.

Pilihlah jenis makanan yang kaya akan kandungan gizi 4 sehat 5 sempurna. Cukupi kebutuhan nutrisi seperti protein, vitamin, asam folat, mineral, kalsium, serat dan nutrisi penting lainnya. Semua ini harus ada dalam menu makan sahur setiap harinya. Jika semua kebutuhan nutrisi tercukupi dengan baik, maka tentu saja meskipun menjalani puasa seharian, kondisi kehamilan akan tetap terjaga. Puasa tidak akan mengganggu perkembangan janin apabila asupan nutrisi dijaga dengan baik.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selain asupan makanan yang bernutrisi tinggi, kebutuhan cairan saat hamil juga penting untuk diutamakan. Minum air putih secukupnya saat sahur dan berbuka puasa. Kekurangan asupan cairan tubuh sangat rentan terhadap dehidrasi dan masalah kesehatan janin di dalam kandungan. Upayakan minimal 8 gelas atau setara 2 liter per hari agar kebutuhan cairan tercukupi dengan baik. Misalnya saat sahur 3 gelas, berbuka 3 gelas dan sebelum tidur 2 gelas.

Puasa bagi ibu hamil usia 4 bulan tidak ada larangan selama kondisi kesehatan tubuh dan kehamilan tidak ada masalah. Jika kesehatan Anda terasa kurang baik, maka jangan lanjutkan berpuasa dan sebaiknya periksa kehamilan ke dokter untuk memastikannya kondisi tubuh Anda!

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2631 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Abortus Imminens, Ancaman Kehamilan di Trimester Pertama

Fase kehamilan paling rentan adalah di trimester pertama yaitu bulan pertama sampai dengan bulan ketiga kehamilan.

Gejala dan Penyebab Hamil Anggur

Mengapa hamil anggur bisa terjadi? Yuk simak penjelasan seputar hamil anggur di artikel berikut.

Kenapa Bumil Dianjurkan Konsumsi Susu Kedelai?

Susu kacang kedelai memiliki banyak kandungan nutrisi baik. Lantas, bagaimana manfaatnya jika Moms hamil mengonsumsinya?

Ketahui 4 Langkah Penting Saat Persiapan Kehamilan

Kehamilan bukan hanya tentang kesiapan seorang wanita untuk mengandung janin selama 9 bulan. Lantas apa saja yang harus diperhatikan?