Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bolehkah Minum Kopi Ketika Menyusui?

FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  11 Feb '19

Ya, sangat aman untuk mengonsumsi kafein saat Moms menyusui. Menurut dokter anak Wendy Sue Swanson, kandungan kafein dari kopi yang Moms minum hanya akan diteruskan kurang dari 1% ke dalam ASI. Sebab, tubuh mengolah sebagian besar kafein di dalam kopi sebelum mencapai ASI atau memiliki kesempatan untuk mempengaruhi si Kecil.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan tidak lebih dari tiga cangkir kopi setiap hari dan La Leche League mengatakan bahwa Moms aman untuk mengonsumsi kopi hingga lima cangkir sehari.

Banyak ahli yang sepakat bahwa Moms harus membatasi asupan kafein hingga 300 mg setiap hari. Karena itu, Moms harus mencari tahu berapa banyak kafein dalam kopi yang Moms minum.

Jika Moms ingin mengonsumsi lebih dari satu cangkir kopi sehari, minimalkan jumlah kandungan kafein dalam ASI setiap saat dengan menyebarkan asupan kopi Moms sepanjang hari. Moms juga dapat memilih minuman espresso seperti latte yang mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi yang diseduh.

Sementara itu, kopi tanpa kafein mengandung sejumlah kecil kafein di dalamnya. Kopi ini dianggap lebih aman daripada kopi berkafein. Namun, kopi tanpa kafein masih sangat asam sehingga dapat memengaruhi jumlah zat besi dalam ASI.

Lebih lanjut, sangat tidak mungkin si Kecil menunjukkan efek apa pun dari kafein yang Moms minum. Akan tetapi, jika Moms menduga kuat bahwa si Kecil sangat ngambek saat Moms menyusui dalam keadaan setelah minum kopi, Moms dapat mencoba eksperimen sebagai berikut. Hentikan konsumsi kafein sama sekali selama seminggu dan lihatlah apakah ada perubahan pada perilaku si Kecil. Kemudian, masukkan kembali kafein ke dalam diet Moms dan lihat apakah dia kembali suka marah-marah. Jika ya, berarti memang kafein memengaruhi kondisi emosional si Kecil.

Intinya, si Kecil kemungkinan tidak terpengaruh kafein yang dikonsumsi Moms setiap hari. Jadi, Moms dapat menikmati secangkir kopi tanpa khawatir.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

199 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories