Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bolehkah Menyusui Saat Hamil?

FEEDING  |  MY STORY  |  PREGNANCY  |  07 Oct '18


Seperti yang kita ketahui bahwa menyusui ASI Eksklusif harus sampai 6 bulan dilanjut dengan MPASI tambahan dan lanjut menyusui sampai 2 tahun. Namun, tak jarang banyak ibu yang tiba-tiba harus hamil lagi, entah itu memang direncanakan atau tidak. Dan terkadang hal ini membuat sebagian ibu bingung apakah harus melanjutkan menyusui atau tidak.

Seperti pengalaman saya yang meyusui ASI Ekslusif awalnya saya pun bingung harus melanjutkan menyusui atau berhenti, ditambah kondisi saya pada trimester pertama kehamilan yang cukup parah, dikarenakan morning sickness yang begitu menyiksa mual muntahnya, ditambah lagi saya tidak bisa makan dan minum selama trimester pertama. Membuat saya semakin bingung harus menghentikan atau melanjutkan menyusui.

Akhirnya saya memutuskan untuk konsultasi untuk mengetahui jawabannya. Dan setelah saya konsultasi, memang dokter menyarankan untuk berhenti menyusui karena kondisi saya yang tidak memungkinkan untuk terus menyusui.

Alasan Anda Harus Berhenti Menyusui dan Mulai Menyapih Anak

  1. Saat proses menyusui Anda mengalami kontraksi, karena pada saat menyusui dapat memicu produksi oksitosin meningkat. Dan hal ini menyebabkan rangsangan kontraksi pada saat kehamilan yang berisiko bayi lahir prematur.
  2. Memiliki janin kembar
  3. Mengalami pendarahan atau merasa nyeri bagian rahim

Terlepas dari hal-hal yang di atas, memang sebaiknya konsultasi pada dokter kandungan. Karena ada sebagian ibu yang masih boleh menyusui anaknya tanpa harus menyapih. Asalkan Anda harus memastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi bernutrisi dengan baik.

Sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, janin yang ada di dalam kandungan, dan anak yang sedang menyusui. Dan tidak lupa dukungan sang suami dan keluarga berperan sangat penting untuk kelancaran saat kehamilan dan menyusui.

Semoga bermanfaat.

By: Legia swastikasari

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1186 Legia swastikasari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Resep Ayam Masak Jahe Wijen untuk Pasca Melahirkan dan ASI Booster

Hai moms, aku mau sharing resep andalan dr mamaku untuk para busui yaitu ayam masak jahe wijen

Tips Hamil Saat Sedang Menyusui

Mungkin ga sih Moms tetap menyusui meskipun sedang hamil? Yuk simak jawabannya di artikel berikut ini