Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bolehkah Menggendong Anak Saat Hamil?

PREGNANCY  |  06 Feb '18


Menggendong anak saat kita sedang hamil, bolehkah? Tentu boleh, tapi ada saat dimana memang lebih baik tidak menggendong anak pertama atau anak yang sudah besar. Apalagi yang berat badannya cukup berat.

Lucunya walau anak tidak diberitahu bahwa ibunya sedang hamil, mereka dengan sendirinya bisa mengetahui hal tersebut. 

Moms pasti serba salah, karena di satu sisi, tidak tega menelantarkan atau mengacuhkan perubahan sikap dan sifat si anak, dan di sisi lain juga harus memikirkan kondisi janin. Berikut adalah beberapa hal yang perlu moms ketahui jika hendak menggendong si kecil :

  • Di trimester pertama menggendong anak masih diperbolehkan selama anda masih kuat mengangkat anak.
  • Di trimester kedua tidak disarankan menggendong anak terlalu lama, beri jeda dengan menurunkan si anak beberapa saat. Dan gendonglah anak pada posisi menyamping. 
  • Di trimester ketiga, sangat disarankan untuk tidak menggendong anak lagi. Dikarenakan perut yang semakin besar dan adaya resiko yang dapat terjadi seperti pendaraha atau kontraksi awal. Seringlah memberi penjelasan ke anak bahwa moms sedang capek dan sedang tidak bisa menggendong dan mintalah bantuan dari keluarga atau teman sebisa mungkin. 

Mungkin sang anak tidak mengalami kondisi seperti pendarahan, namun jika moms tetap memaksakan menggendong sang anak resiko gangguan nyeri pinggang dan punggung akan sering kali menghampiri moms. Sakit pinggang dan punggung umumnya disebabkan dua hal. Yang pertama karena berat badan yang semakin naik. Yang kedua karena postur tubuh yang salah saat beraktivitas, termasuk menggendong anak saat hamil. 

Untuk itu saat anda mengangkat anak tips berikut ini :

  • Tekuklah lutut
  • Jangan membungkuk
  • Cobalah untuk menjaga punggung selurus mungkin.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dan tidak ada hees saat bepergian

Semoga bermanfaat.

By: Cindy Kie 

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2458 Cindy kie

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bolehkah Ibu Hamil Menyetir Mobil?

Apakah Anda sedang hamil namun tetap ingin mengemudi? Mari perhatikan apa saja yang mesti dipertimbangkan.

Bahaya Penyakit Rubella Pada Masa Kehamilan

Banyak terdapat resiko pada kehamilan jika tidak melakukan vaksin rubella. Benarkah demikian, dan apa ciri-cirinya? Mari simak yang berikut.

Berbahayakah Plasenta Previa?

Ada perlunya Moms mengenali salah satu kondisi serius yang mungkin Moms hadapi, ya itu plasenta previa. Apa itu? dan apa dampaknya? yuk kita pelajari!

Resiko Ibu Hamil Menggunakan Heels

Sepatu heels mungkin memang tidak dapat dipisahkan dengan wanita, khusunya bagi para wanita yang terbiasa menggunakannya. Lantas, bagaimana [...]

Perut Gatal Di Masa Kehamilan

Tidak jarang Ibu hamil yang mengeluhkan perut yang gatal. Apa yang menyebabkan hal ini? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini?

Solusi Atasi Sulit Tidur Saat Hamil

Bagaimana cara mengatasi sulit tidur ketika hamil? Mari simak tips dari Mom Ricka berikut ini.

Mitos Baby Boy or Baby Girl

Berikut adalah beberapa mitos yang sering didengar seputar wanita hamil. Betul atau tidaknya itu semua, mari kita simak bersama berikut ini.