Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bolehkah Memandikan Anak dengan Air Dingin atau Hangat pada Saat Flu?

HEALTH TIPS  |  OTHERS  |  12 Sep '18


Moms pasti khawatir saat si Kecil terserang flu. Flu disebabkan virus RNA (Ribonucleic Acid) yang dapat menyerang semua tingkatan usia. Virus ini tergolong virus ringan.

Gejala yang sering muncul akibat flu adalah demam, menggigil, sakit tenggorokan, nyeri otot, kepala terasa berat, lemah, batuk, dan keluar cairan bening dari hidung sehingga sulit bernapas. Penularan virus ini bisa melalui udara yang terkontaminasi oleh virus. Oleh karena itu, anak akan mudah tertular setelah berdekatan dengan penderita flu lainnya. Bisa juga melalui kontak langsung dengan feses burung yang terinfeksi. Hal ini tidak mengherankan karena flu juga bisa menyerang unggas.

Ketika terserang flu, banyak orang tua yang tidak memandikan anaknya karena khawatir flu akan bertambah parah. Benarkah demikian? Saat anak flu, Moms boleh memandikan anak dengan air hangat. Anak yang terserang flu biasanya tidak tahan dingin. Oleh karena itu, Moms bisa menyediakan air hangat untuk mandi. Dengan mandi air hangat anak akan merasa lebih nyaman dan tidak menggigil. Hindari air dingin untuk sementara karena anak akan menggigil kedinginan.

Kalau anak tidak mau mandi walaupun pakai air hangat, orang tua bisa mengelap tubuhnya dengan waslap dan air hangat. Menjaga kebersihan ketika sakit sangat penting untuk mencegah penyakit lainnya. Mandi selama sakit akan mencegah penyakit kulit dan bau badan tidak sedap. Jika rambutnya kotor Moms boleh membilasnya dengan air hangat tetapi jangan sering-sering keramas selama sakit. Usahakan mandi sesingkat mungkin untuk mencegah anak kedinginan. Apalagi jika anak masih di bawah 6 bulan. Karena jika anak terkena hipotermia, anak bisa lupa caranya bernapas.

Mandi air hangat bisa disamakan dengan kompres. Selain memberikan efek nyaman pada anak, mandi air hangat juga akan membantu menurunkan demam. Air hangat juga akan membersihkan kulit anak dari kuman yang akan menimbulkan penyakit baru.

Anggapan-anggapan yang Salah Seputar Flu

  • Minum es bisa menyebabkan sakit flu
  • Terkena hujan bisa membuat flu
  • Terkena AC menyebabkan flu dan banyak mitos lainnya

Hal-hal di atas mungkin dapat mengakibatkan flu bertambah parah. Tetapi bukan merupakan penyebab utama sakit flu.

Jadi memandikan anak pada saat flu boleh ya Moms. Namun yang menjadi catatan adalah untuk memandikan mereka dengan air hangat bukannya dengan air dingin. Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu tubuh anak, agar anak tidak kedinginan sehingga masuk angin dan timbul masalah baru.

Semoga bermanfaat.

By: Merry Lim

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2411 Merry Lim

Comments

Related Stories