Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bolehkah Konsumsi Obat Flu Untuk Ibu Hamil Trimester 1?

29 Jul '18

Salah satu alasan kenapa Moms tidak boleh konsumsi obat sembarangan adalah resiko cacat janin dan gangguan kehamilan lainnya. Ini dikarenakan beberapa kandungan obat-obatan bisa menembus plasenta janin sehingga bisa merusak perkembangannya. Ini berlaku untuk semua jenis penyakit, termasuk pilek sekali pun. Berikut adalah obat flu untuk ibu hamil trimester 1 dan cara mengatasinya secara aman.

Coba Dulu Cara Alami Atasi Flu

Menangani flu secara alami untuk ibu hamil harus sedikit bersabar karena mungkin tidak akan bekerja secepat obat pada umumnya. Moms bisa memulainya dengan minum air putih atau dikombinasikan dengan jus agar cairan tubuh terjaga. Sesekali makanlah sup hangat agar badan terasa lebih nyaman dan perbanyaklah istirahat.

Saat hidung tersumbat, gunakan air humidifier atau boleh pakai air hangat yang ditaruh di dalam baskom, kemudian kepala didekatkan uap air sambil ditutupi handuk. Ini akan menyegarkan hidung dan membuka saluran hidung yang tersumbat. Khusus untuk batuk, Moms bisa berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan gara sedikit. Ini berfungsi untuk menghilangkan bakteri dan melegakan tenggorokan.

Bagaimana Jika  Harus Minum Obat?

Obat flu untuk ibu hamil trimester 1 harus dikonsumsi hati-hati, karena di masa ini adalah masa yang paling krusial bagi janin untuk pembentukan otak. Moms perlu ingat-ingat ya, konsumsi obat flu di bawah 12 minggu pertama sangat tidak disarankan. Bahkan kalau Moms ke dokter, mereka tidak akan memberikan resep obat flu sampai usia setidaknya 28 minggu.

Namun kalau benar-benar terpaksa, konsultasikan kepada dokter demi memastikan kondisi kesehatan Moms. Ada sejumlah obat yang dianggap aman untuk mengatasi gejala flu. Pilihlah obat yang ditujukan untuk meringankan gejala yang sangat mengganggu, salah satunya paracetamol. Dengan catatan konsumsi obat ini juga harus di bawah pengawasan dokter kandungan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

862 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Khasiat Kurma Muda Untuk Ibu Hamil Muda

Tidak hanya memiliki manfaat sebagai obat demam berdarah, ternyata sari kurma sangat bermanfaat bagi Moms hamil. Benarkah?

Pengaruh Flu dan Batuk Terhadap Janin

Flu dan batuk merupakan salah satu respon alami tubuh yang umumnya tidak berbahaya. Namun, bagaimana jika terjadi pada ibu hamil?

Kenali Pengaruh Demam Pada Ibu Hamil Terhadap Janin dan Penyebabnya

Moms, mari kenali pengaruh demam pada ibu hamil terhadap janin dan penyebabnya berikut ini.

Apakah Flu Tanda Hamil?

Selain terlambat haid, apakah ada tanda kehamilan lain yang bisa diketahui? Tentu ada. Mari simak bersama berikut ini.

Gejala Hamil yang Berbeda Pada Umumnya

Pada saat awal kehamilan akan banyak sekali perubahan hormon yang berubah pada tubuh. Yuk, cari tahu perubahan apa saja yang terjadi.

Tips Mengurangi Mual Saat Hamil

Memasuki tahap awal kehamilan, semua wanita pastinya akan mengalami gejala-gejala morning sickness. Lalu, bagaimana cara untuk mengurangi mual [...]

Denyut Jantung Janin Normal Selama Kehamilan

Bagaimana Moms tahu jika detak jantung Si Kecil dalam keadaan normal? Mari simak yang berikut ini.