Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bolehkah Ibu Hamil Menyetir Mobil?

PREGNANCY  |  30 Jun '18


Dulu waktu hamil, saya beberapa kali sempat mengantar suami berangkat kerja (pas keluar kota). Saya mengantarnya pakai mobil, dini hari pula. Saya lebih takut naik motor jarak jauh daripada menyetir mobil ketika hamil dulu. Sering ditanyain para Moms, apa tidak apa pas hamil menyetir? Saya merasa baik-baik saja sih, paling cuma kaku di bagian perut. Tapi kaki tidak merasa kram. Pokoknya saya merasa baik-baik saja.

Ada beberapa penjelasan dari artikel, sebenernya boleh tidak sih ibu hamil menyetir mobil? 

Menurut dr. Hasnah Siregar, Sp.OG, menyetir mobil selagi hamil boleh-boleh saja. Tentunya tak sebebas mereka yang tidak hamil. Wanita hamil mengalami perubahan fisik dan psikologis. Ini menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk mengendarai mobil sendiri. Contoh, ketika hamil, wanita mengalami pembesaran rahim yang membuat perut jadi gendut. Otomatis jarak dinding perut dengan kemudi jadi makin dekat.

Bila terjadi pengereman mendadak atau tabrakan, bisa terjadi benturan. Benturan ini dapat menyebabkan trauma pada dinding perut atau rahim. Bisa terjadi perdarahan atau ketuban pecah dini. Jadi, ada baiknya jika sedang hamil Mom tidak mengemudi sendiri.Mengemudi sendiri diperbolehkan asal kesehatan dan kehamilan calon Mom benar-benar dalam kondisi baik. Mengingat setiap wanita hamil punya kondisi yang berbeda-beda. Jadi, konsultasi dengan dokter kandungan dulu ya untuk mau lebih aman.

Yang dilarang:

Meski demikian, ada beberapa kondisi kehamilan yang membuat Mom benar-benar tak dianjurkan untuk menyetir. Kondisi itu, salah satunya bila kehamilan si ibu termasuk berisiko tinggi. Misal, sering keguguran, ari-arinya ada di bawah, punya penyakit darah tinggi, diabetes atau ginjal, dan semua penyakit yang bersifat patologis.

Bagaimanapun, Moms yang memiliki penyakit di atas, umumnya kondisinya cepat lelah. Tentunya sangat membahayakan jika ia harus menyetir sendiri. Sedangkan pada ibu hamil yang ari-arinya di bawah, maka sedikit benturan saja dikhawatirkan akan membuat trauma pada plasentanya.

Untuk ibu hamil yang kondisinya baik-baik saja dan akan mengemudi, inilah tips yang dapat Anda lakukan untuk mengemudi saat hamil:

  1. Hindari kaki yang menggantung karena akan membuat otot perut tertarik dan menimbulkan kontraksi.
  2. Hindari kelelahan dan stres saat diperjalanan.
  3. Jangan menyelipkan bantal pada perut, Anda cukup menggunakan sabuk pengamanan.
  4. Anda dapat memiliki sabuk pengaman dengan tiga titik sehingga dapat mengikuti gerakan tubuh Anda ketika sedang mengemudi.
  5. Hindari jalan yang berlubang sehingga dapat mengurangi guncangan dan pastikan keamanan mobil agar tidak menghambat perjalanan.

 

Semoga bermanfaat.

By: Nawang Khusnul Muliawaty.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1244 Nawang Khusnul Muliawaty

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bahaya Penyakit Rubella Pada Masa Kehamilan

Banyak terdapat resiko pada kehamilan jika tidak melakukan vaksin rubella. Benarkah demikian, dan apa ciri-cirinya? Mari simak yang berikut.

Berbahayakah Plasenta Previa?

Ada perlunya Moms mengenali salah satu kondisi serius yang mungkin Moms hadapi, ya itu plasenta previa. Apa itu? dan apa dampaknya? yuk kita pelajari!

Bolehkah Menggendong Anak Saat Hamil?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu moms ketahui jika hendak menggendong si kecil . Apa sajakah? Mari simak yang berikut ini.

Resiko Ibu Hamil Menggunakan Heels

Sepatu heels mungkin memang tidak dapat dipisahkan dengan wanita, khusunya bagi para wanita yang terbiasa menggunakannya. Lantas, bagaimana [...]

Perut Gatal Di Masa Kehamilan

Tidak jarang Ibu hamil yang mengeluhkan perut yang gatal. Apa yang menyebabkan hal ini? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini?

Solusi Atasi Sulit Tidur Saat Hamil

Bagaimana cara mengatasi sulit tidur ketika hamil? Mari simak tips dari Mom Ricka berikut ini.

Mitos Baby Boy or Baby Girl

Berikut adalah beberapa mitos yang sering didengar seputar wanita hamil. Betul atau tidaknya itu semua, mari kita simak bersama berikut ini.