Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian dan Bagaimana Efeknya?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  07 Apr '22


Buah durian memiliki mitos di kalangan ibu hamil. Mitosnya, jika dikonsumsi ketika sedang hamil, buah durian bisa membahayakan kondisi janin. Anggapan seperti ini membuat sebagian ibu hamil yang sedang ngidam menjadi bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil makan durian?

Durian pun cukup sering disebut-sebut sebagai buah pantangan untuk disantap ketika wanita sedang mengandung. Bahkan, ada yang beranggapan makan buah durian dapat memicu masalah, seperti keguguran hingga cacat saat lahir. Namun, mungkin ada pertanyaan berapa biji ibu hamil boleh makan durian?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Moms tidak boleh asal mempercayai mitos-mitos seputar konsumsi durian saat hamil. Bisa jadi, mitos tersebut tidak benar adanya. Justru, makan buah durian memberikan beberapa manfaat bagi ibu hamil. Simak ulasan mengenai fakta mengenai efek durian yang dikonsumsi ketika hamil di bawah ini:

1. Menambah Asupan Folat Bagi Ibu Hamil

Moms harus tahu bahwa durian memiliki kandungan folat cukup tinggi. Folat merupakan salah satu nutrisi paling penting bagi pertumbuhan janin. Folat menunjang pembentukan tulang belakang, otak, dan saraf janin. Lebih lanjut, folat juga dapat mencegah terjadinya cacat bawaan lahir.

Lihat Juga: Babyo Tips Melatih Si Kecil Tetap Percaya Diri Saat Toilet Training

Selain manfaat di atas, folat pun berperan dalam menghasilkan eritrosit. Sehingga, Moms dapat mencegah kekurangan darah alias anemia dengan mengonsumsi buah durian.

2. Memberikan Energi Tambahan Kepada Ibu Hamil

Ibu hamil lebih mudah lelah karena tenaganya banyak terkuras untuk pertumbuhan janin. Karena itulah, ibu hamil yang masih harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga atau bekerja di luar rumah perlu energi tambahan. Nah, durian merupakan buah yang bisa memberikan energi tambahan tersebut karena mengandung kalori yang banyak. Jangan lupa untuk selalu membatasi konsumsi durian karena jika berlebihan akan menimbulkan efek samping membahayakan.

3. Menjaga Kadar Gula Darah Menjadi Tetap Stabil

Perlu Moms tahu, durian termasuk buah dengan kadar indeks glikemik rendah. Ini berarti, durian tidak cepat meningkatkan kadar gula darah. Dalam 9 gram durian, nilai indeks glikemiknya 49. lebih rendah daripada semangka, nanas, dan pepaya. Para peneliti menduga durian memiliki indeks glikemik rendah karena durian mengandung lemak, serat, kalium, dan antioksidan tinggi.

Meskipun durian memiliki indeks glikemik rendah, Moms tetap harus membatasi konsumsi buah durian selama hamil. Pasalnya, durian mengandung kalori yang sangat banyak. Susunan kalori dalam durian terdiri dari karbohidrat dan gula sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi terutama oleh penderita diabetes, kelebihan berat badan, dan gangguan kesehatan lainnya. Ibu hamil yang mengalami kondisi diabetes gestasional amat tidak disarankan untuk mengonsumsi durian.

4. Meningkatkan Berat Badan pada Janin

Karena termasuk buah berkalori tinggi, durian bisa membantu meningkatkan berat badan janin. Ini tentu saja kabar menyenangkan bagi Moms yang memiliki masalah berat badan kurang selama hamil.

Moms harus selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan mengenai makanan apa saja yang boleh dikonsumsi selama hamil. Selalu ingat bahwa makan untuk 2 orang selama dalam masa kehamilan merupakan pemikiran salah yang harus dihindari. 

Dokter Tan Wei Ching sebagai konsultan senior di dalam Departemen Obstetri dan Ginekologi SGH atau Rumah Sakit Umum Singapura merekomendasikan kenaikan berat badan selama kehamilan. Dokter tersebut menyarankan sebaiknya pertambahan berat badan saat hamil di antara 12 kg sampai dengan 16 kg. 

Rata-rata sebagian besar wanita menambah berat badannya pada trimester ke-2 kehamilan. Kenaikannya hanya akan 2 kg – 3 kg dalam 20 minggu pertama. 

Lihat Juga: Babyo Story: Cerita Mom Angelika Lim Mengonsumsi PRENAGEN UHT Almond Soya

Sementara itu, makan durian berlebihan adalah salah satu penyebab lonjakan glukosa darah. Lonjakan ini bisa secara tiba-tiba meningkatkan berat janin. Padahal, berat janin yang melebihi anjuran dapat menghalangi Moms melahirkan secara vaginal. Tidak hanya itu, si Kecil bisa lahir dengan kemungkinan obesitas dalam masa kanak-kanak.

5. Menjaga Kolesterol Agar Tetap Stabil

Sebagian orang juga sering beranggapan bahwa durian menjadi buah kaya kandungan kolesterol. Padahal anggapan tersebut salah karena lemak dalam durian bukan kolesterol, meskipun kandungan lemaknya cukup tinggi.

Kolesterol sendiri hanya didapat dari lemak hewani sehingga tidak ada di dalam lemak nabati. seperti pada durian. Durian justru dianggap bisa mencegah kolesterol yang meningkat dikarenakan memiliki kandungan serat cukup tinggi.

Bolehkah ibu hamil trimester pertama makan durian? Makan durian diperbolehkan asal secukupnya saja dan tidak berlebihan. Selain itu, Moms juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi saat sedang hamil dan menjalani pola makan yang bergizi seimbang.

Akan tetapi, konsumsi durian sebaiknya dikurangi atau perlu dihindari apabila Moms mempunyai kondisi tertentu seperti tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, maupun preeklamsia. Buah durian bahkan perlu dihindari jika membuat Moms sering mual atau bahkan memperparah morning sickness.

6 Alasan Durian Bagus untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Meskipun banyak mitos beredar terkait durian yang dikonsumsi selama masa kehamilan, sebaiknya Moms jangan mudah percaya begitu saja. Hal ini karena durian mempunyai manfaat bagus untuk ibu hamil, di antaranya sebagai berikut:

1. Mengandung serat dalam jumlah tinggi

Selain cairan, serat merupakan nutrisi makanan yang bermanfaat mencegah sembelit. Nah, buah durian memiliki kandungan serat yang cukup sehingga bisa dipakai sebagai pencahar alami. Kandungan serat tinggi pada buah durian berfungsi juga untuk menjaga selaput lendir sehingga mengurangi waktu tubuh terpapar racun. 

Tambahan pula, serat juga mengatasi rasa lapar saat hamil karena menjaga perut tetap kenyang. Daging durian memang lembut, memuaskan, dan mengenyangkan sehingga mungkin akan cukup mengatasi rasa lapar.

2. Mengandung Vitamin B 

Perlu diketahui bahwa buah durian kaya akan vitamin, seperti niasin, riboflavin, serta tiamin. Oleh sebab itu, ibu hamil yang makan durian memiliki manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

3. Bersifat Antioksidan

Durian ternyata mengandung triptofan, zinc, serta organo sulfur yang mempunyai efek antioksidan bagi tubuh. Kandungan tersebut melindungi janin dan ibu hamil dari serangan radikal bebas dan polutan.

4. Mengandung Vitamin C dalam jumlah tinggi

Bolehkah ibu hamil makan durian? Tentu saja diperbolehkan, karena durian memiliki kandungan vitamin C yang tidak hanya membantu sistem imun saja melainkan juga membantu penyerapan zat besi serta kalsium.

5. Mengandung mineral

Durian sangat kaya akan mineral baik untuk tubuh ibu hamil seperti mangan, tembaga, zat besi, dan magnesium. Mineral tersebut sangat bermanfaat ketika memerlukan peningkatan suplai darah untuk pertumbuhan pada janin.

5. Mengandung Triptofan

Durian mempunyai kandungan triptofan yang merupakan sebuah asam amino. Triptofan diperlukan tubuh untuk meningkatkan kadar melatonin dan serotonin sebagai hormon dalam tubuh. Hal ini tentu menjadi manfaat lainnya ketika ibu hamil mengonsumsi durian. Kedua senyawa tersebut sangat membantu siklus tidur Moms menjadi lebih baik lagi. Seperti yang sudah diketahui bahwa tidur cukup sangat penting bagi kesehatan, terlebih untuk bayi dalam kandungan.

 

Apabila Moms masih mempunyai kekhawatiran dan pertanyaan seputar bolehkah ibu hamil makan durian? Sebaiknya langsung bertanya kepada tenaga kesehatan yang berkaitan dengan kehamilan, misalnya seperti dokter kandungan. Selain itu, Moms jangan mudah percaya mitos yang beredar.

 

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

162 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan [...]