Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bolehkah Diet Selama Menyusui?

HEALTH TIPS  |  MOM STYLE  |  17 Feb '18

Setelah mengandung selama sembilan bulan dan kemudian melahirkan, maka keadaan fisik ibu akan berubah. Tetapi tentunya setiap ibu mendambakan tubuhnya bisa kembali seperti sebelum hamil. Salah satu cara untuk memperoleh pre-pregnancy weight yaitu dengan diet. Ibu menyusui harus mendapatkan asupan nutrisi yang baik karena energi yang diterima ibu akan di transfer melalui ASI kepada buah hati. Mungkinkah seorang ibu memperoleh berat badan yang ideal setelah melahirkan? Tentu saja. 

Berikut cara diet bagi ibu menyusui:

  1. Banyak minum air putih
    Air putih dikenal dengan banyak khasiatnya. Selain untuk menetralisir tubuh kita dari berbagai penyakit dan kotoran dalam tubuh, juga bisa menjadi salah satu cara diet ibu menyusui yang tepat dan aman. Tidak perlu mengeluarkan modal yang besar, ibu sudah mampu memiliki tubuh ideal kembali. Usahakan selalu menyimpan air mineral dalam botol agar mudah dibawa kemana saja. Perbanyak minum air mineral dipercaya mampu mengisi perut yang kosong, tapi bukan berarti ibu tidak makan. Air putih juga bisa memperbaiki kulit kita agar lebih cerah dan tampak awet muda. Konsumsi air putih ini sekitar 8 gelas sehari. 
  2. Jaga pola makan
    Untuk ibu menyusui yang ingin melakukan diet. Diet disini merupakan diet ringan, bukan diet parah atau ketat yang sebenarnya itu merupakan kesalahan dalam proses diet. Pola makan yang teratur dapat memperlancar proses diet ibu. Misalnya seperti mengubah nasi putih menjadi nasi merah, banyak konsumsi sayuran hijau, perbanyak protein. Makan ini juga hal yang penting dan harus dijaga oleh ibu menyusui, cara diet ibu menyusui yang satu ini jangan salah diartikan ya. Pola makan yang baik bisa dilihat dari menu makan pagi, siang dan malam atau juga seberapa banyak kandungan positif dalam makanan kita. 
  3. Olahraga teratur
    Salah satu cara diet ibu menyusui yang cepat dan tepat adalah dengan berolahraga. Jangan heran dengan mendengar kata olahraga atau baru mendengarnya saja kita sudah malas untuk melakukannya. Ada tips yang ampuh untuk menghilangkan rasa malas berolahraga. Karena harus diketahui olahraga ini cara tercepat dan teraman yang bisa ibu lakukan meskipun saat menyusui. Ibu bisa memilih olahraga yang menyenangkan seperti jalan santai di pagi hari dengan buah hati kita atau menggendongnya selama 30 menit. 
  4. Menyusui
    Cara diet ibu menyusui yaitu dengan menyusui itu sendiri. Kenapa seperti itu? Karena sebuah survei mengatakan bahwa saat ibu menyusui ada sekitar 200-600 kalori yang terbakar setiap harinya. Itu sama dengan kita berenang selama beberapa jam dan bersepeda sejam dalam soal pembakaran kalori dalam tubuh. Maka semakin sering kita memberikan ASI maka akan mempercepat proses diet kita. Pernyataan tersebut diperkuat dengan fakta ibu yang menyusui akan lebih mudah langsing dibandingkan dengan memberikan susu botol pada bayi. 
  5. Istirahat yang cukup
    Ternyata istirahat yang cukup juga bisa menjadi cara diet ibu menyusui. Tentunya jika ingin istirahat cukup, ibu harus mengontrol emosi dan jangan mudah stres. Kurangi pikiran-pikiran yang berat dan selalu tersenyum. Alasan mengapa istirahat atau tidur ini menjadi cara diet yang cepat dan tepat karena pada jam istirahat, tubuh akan mengoperasikan segala bentuk energi untuk diserap oleh anggota tubuh yang lain. Sedangkan yegadang. 
  6. Motivasi yang kuat
    Setiap usaha akan menjadi sia-sia jika kita tidak melakukannya secara konsisten. Maka dari itu, ibu harus memiliki motivasi yang kuat agar ada alasan disetiap hal yang kita lakukan. Hal kecil yang bisa menjadi motivasi bagi ibu yaitu dengan menempelkan foto saat berat badan ibu kecil. Usahakan ditempelkan di tempat-tempat yang sering kita jumpai seperti lemari baju, depan pintu kulkas atau di depan kaca rias. 

Semoga bermanfaat.

1095 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Intip 5 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui Berikut Ini

Bagaimana menurunkan badan saat menyusui? Simak ulasan lengkap cara cepat menurunkan berat badan saat menyusui

Diet Carbo ala Mom Jessica Forrester

Bagaimana ya cara Mom Jessica bisa mendapatkan tubuh ideal setelah menyusui? Mari kita simak tipsnya!

Perawatan Pasca Melahirkan

Tak hanya perawatan fisik, wanita yang habis melahirkan juga memerlukan perawatan emosional.

Tips Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan ala Mom Ruly

Tubuh ideal pasca melahirkan merupakan idaman para wanita. Berikut tips turunkan BB ala Mom Ruly

Menstrual Cup Pengganti Pembalut, Yay Or Nay?

Selain pembalut ternyata ada barang lain yang dapat digunakan saat menstruasi. Apa itu?

Tips Berdua dengan Newborn di Rumah

Saat hanya berdua dengan newborn, Moms harus bijak dalam mengatur waktu untuk istirahat agar tetap sehat.

Setelah Melahirkan Tidak Boleh Keramas, Benarkah?

Apakah Moms masih mengikuti tradisi orang tua yang tidak mandi dan keramas setelah melahirkan?

Cara Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Berat badan tetap ideal setelah melahirkan tentu idaman setiap wanita. Tapi bagaimana caranya ya?

Bolehkah Diet Mayo Saat Menyusui?

Diet mayo telah teruji klinis mampu menurunkan BB secara signifikan. Namun, bolehkah diet ini dilakukan oleh ibu menyusui?

Amankah Diet dengan WRP Selama Menyusui?

Mengembalikan tubuh ke porsi ideal adalah keinginan setiap Moms setelah melahirkan. Berbagai cara dilakukan, termasuk diet dengan susu rendah [...]

Langkah Awal Memulai Pola Hidup Sehat

Untuk dapat memiliki pola hidup sehat ternyata bukan hal yang sulit, bahkan Anda dapat melakukannya tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun.

Diet Ketat Ala Pangeran Harry

Demi mendapatkan berat badan yang ideal, wanita mencoba berbagai metode diet, salah satunya adalah diet ala Pangeran Harry.

Waspada Depresi Postpartum, Perhatikan Gejalanya

Terdapat 3 level gejala depresi postpartum yang umumnya terjadi pada seorang ibu. Apa sajakah dan bahayakah dalam jangka panjang?

Memakai Sunscreen Menyebabkan Alzheimer?

Sunscreen memang berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari, namun apakah benar bisa memicu alzheimer?

Rahasia Tubuh Tetap Langsing Selama Menyusui

Wanita mana setelah melahirkan tidak menginginkan bentuk tubuh idealnya kembali? Yuk, simak yang berikut ini.

Cegah Ibu Depresi Dengan Cara Ini

Salah satu kendala setelah melahirkan yang banyak dialami oleh para ibu adalah baby blues. Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi baby blues?

Perawatan Atasi Stretch Marks Zaman Now

Tahukah anda bahwa kemunculan stretch marks tidak dapat dicegah? Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Marik, simak yang beriktu ini.