Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bolehkah Berhubungan Intim saat Hamil?

PREGNANCY  |  15 Mar '19

Sebenarnya boleh atau tidak sih berhubungan intim selama hamil? Ada yang mengatakan harus dilakukan, supaya janin mengenal ayahnya. Tapi tidak sedikit yang mengatakan bahwa melakukan hubungan seks saat hamil tidak diperbolehkan, karena takut terjadi masalah terhadap janinnya.

Jadi, apakah dibolehkan berhubungan intim selama masa kehamilan?

Ketika kehamilan dalam keadaan normal, sebenarnya berhubungan intim itu diperbolehkan, bahkan dianjurkan. Tapi, terkadang perubahan kondisi tubuh di awal kehamilan seperti perubahan hormon, pengerasan payudara, mual, naik turunnya emosi, dan kelelahan bisa menurunkan hasrat untuk berhubungan seksual. Belum lagi, kalau kandungannya sudah membesar, karena biasanya merasa sakit pinggang dan sakit punggung.

Kalau kehamilannya normal, sebenarnya boleh melakukan hubungan seks sampai setelah usia kehamilan 12 minggu. Hal ini bisa dikatakan aman karena di dalam rahim, bayi terlindung oleh cairan ketuban dan mulut rahim juga tertutup oleh lendir, sehingga tidak akan menganggu janin. Semua posisi hubungan seks juga aman, yang penting kita merasa nyaman. Dan umumnya pria berpendapat kalau istrinya jadi lebih menarik secara seksual saat hamil.

Kondisi kehamilan yang harus dihindari saat berhubungan seks

  1. Pasangan punya penyakit menular seperti herpes oral atau HIV
  2. Pendarahan
  3. Ketuban pecah karena bisa terjadi infeksi
  4. Hubungan seks harus dibatasi jika hamil bayi kembar
  5. Saat leher rahim mulai terbuka lebih cepat
  6. Persalinan prematur
  7. Plasenta previa karena bisa menyebabkan perdarahan

Kalau merasa kram setelah berhubungan seksual saat hamil, itu normal. Tapi kalau kramnya tidak berhenti atau terjadi pendarahan, atau ada cairan yang berbau tidak sedap, segera konsultasikan kepada dokter, karena ditakutkan terjadi infeksi.

Jadi intinya, berhubungan seks saat sedang hamil aman asalkan tidak ada masalah dengan kehamilannya.

Semoga bermanfaat.

By: Felicia denisa

Copyright by Babyologist

762 Felicia denisa

Comments

Related Stories