Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bolehkah Bayi Dikenalkan pada Gadget?

BABY  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  PARENTING  |  TODDLER  |  24 Jun '19


Hy Moms. Melihat anak kecil memegang gadget untuk sekedar bermain game atau menonton youtube bukan lagi pemandangan yang aneh di masa sekarang ini. Namun, sebagai orang tua kita tetap harus bijak dalam mengenalkan gadget pada si kecil, karena akan ada efek positif dan negatif yang dihasilkan.

Menurut sebuah penelitian, bayi dibawah usia 2 tahun tidak diperbolehkan memiliki screen time, karena hal ini akan berdampak pada kesehatan mata dan juga emosi si kecil. Pada usia tersebut bayi memang terlihat anteng saat diberi gadget, namun masalah baru muncul saat gadget diambil. Biasanya mereka akan menangis bahkan tantrum karena tidak rela gadgetnya diambil. Hal ini tentu berisiko pada durasi screen time yang semakin hari semakin panjang.

Selain itu perkembangan bahasa bayi sedang pesat pada usia ini, jadi saat terlalu lama menerapkan screen time, maka komunikasi pun berubah menjadi satu arah dan anak cenderung pasif sehingga kemungkinan risiko speech delay pada anak pun bertambah. Selain itu pada usia ini anak senang meniru apapun yang ia lihat, jika tidak didampingi dengan baik maka adegan-adegan seperti memukul, berteriak, melempar barang dll dari kartun yang ia lihat bisa ditiru.

Pada usia diatas 2 tahun, bayi diperbolehkan screen time maksimal selama 15 menit sehari. Pada usia ini, bayi sudah mengerti beberapa perintah sederhana dari orang tua, jadi orang tua bisa memberikan pengertian untuk menerapkan peraturan screen time.

Gunakan screen time untuk hal yang positif seperti bermain game edukasi, karena jika digunakan dengan bijak maka penggunaan gadget pun bisa memberikan dampak positif pada anak. Jangan lupa untuk selalu mendampingi aktivitas screen time anak ya moms.

Jadi, menurut saya screen time di usia yang tepat, permainan yang tepat, pendampingan dari orang tua yang tepat, dan dengan durasi yang tepat bisa bermanfaat bagi anak. Yang akan menjadi "masalah" adalah saat orang tua memberikan gadget untuk membuat anak "diam" dan hal ini menjadi "candu" bagi sang anak sehingga dampak negatif lah yang akan didapat.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

520 Nazmi Gifari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Gadget bagi Anak Usia Di Bawah 2 Tahun?

Baguskah gadget untuk anak yang berusia di bawah 2 tahun?

Gadget, si Dua Mata Pisau

Bagaimana cara melakukan "detox" gadget pada si Kecil jika sudah terlanjur diberikan gadget?

Yes or No to Gadget?

Gadget memiliki segudang dampak positif dan negatif. Lalu bagaimana cara memberikan gadget yang bijak pada anak?

Meminimalisir Dampak Negatif Gadget pada Anak

Seperti apa tips Mom Ottelie dalam memberikan gadget pada si Kecil?