Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bolehkah Bayi Diberi Yogurt?

BABY  |  FEEDING  |  MY STORY  |  TODDLER  |  01 Jul '19


Siapa yang tidak tahu yogurt? Yogurt adalah olahan susu fermentasi yang mempunyai banyak manfaat penting untuk tubuh. Tidak heran jika yogurt menjadi salah satu kudapan favorit banyak orang, selain banyak manfaatnya, yogurt juga mempunyai rasa manis asam yang menyegarkan. Seperti halnya susu, yogurt mengandung protein hewani, vitamin B12, vitamin B2, kalsium, magnesium, dan juga mengandung probiotik lactobacillus yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh dan kesehatan pencernaan. Tapi bolehkah jika bayi diberi yogurt?

Selama ini banyak Mommies yang berpikir bahwa pencernaan bayi belum siap diberikan makanan yang mempunyai rasa asam, takut nanti jadi diare atau sakit perut. Tetapi sebenarnya yogurt juga ternyata mempunyai manfaat untuk bayi. Yogurt bisa diberikan kepada bayi sejak mulai Mpasi di usia 9 bulan. Bayi usia 9 bulan pencernaannya sudah dianggap siap untuk menerima makanan bercita rasa asam. Sebaiknya pilih yogurt dengan rasa plain/tawar karena tidak banyak mengandung gula.

Untuk si kecil yang mempunyai alergi susu/intoleransi laktosa sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Ada kemungkinan bahwa alergi yang disebabkan yogurt tidak separah alergi yang disebabkan oleh susu, karena laktosa pada proses pembuatan yogurt sudah terpecah-pecah.

Yogurt mempunyai manfaat untuk bayi, diantaranya adalah:

1. Membantu menguatkan sistem imun

Kandungan probiotik pada yogurt membantu memperbaiki sistem imun pada bayi. Mengkonsumsi yogurt secara rutin justru mencegah bayi terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

2. Meningkatkan kesehatan tulang

Yogurt mengandung zat-zat seperti protein, kalsium, magnesium, fosfor yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu meningkatkan pertumbuhan tulang.

3. Mencegah masalah pencernaan

Yogurt mengandung lactobacillus acidophilus yang membantu mengurangi gejala alergi susu/intoleransi laktosa, dan bifidobacterium lactis yang dapat menurunkan resiko konstipasi dan sindrom iritasi usus.

4. Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi

Banyak vitamin yang terkandung pada yogurt yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuhnya.

Cara memberikan yogurt pada bayi, selain diberikan begitu saja, supaya tidak bosan bisa divariasikan dengan puree buah atau potongan buah untuk bayi yang sudah bisa mengunyah atau mempunyai gigi.

Nah demikian beberapa manfaat yogurt untuk bayi. Jangan ragu untuk memberikan yogurt pada bayi karena yogurt aman dikonsumsi bahkan memberikan manfaat yang cukup penting untuk tumbuh kembangnya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

569 Nanda Gita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bubur Ikan Bandeng Labu Siam

Membuat MPASI beragam setiap harinya untuk si kecil, bagaimana rasanya moms? Lelah tidak?

MPASI Bubur Tim Wortel Keju (9 M+)

Bubur tim wortel keju ini bisa dikonsumsi untuk si kecil yang sudah berusia 9 bulan ke atas ya Moms.

Resep MPASI Melawan GTM

Untuk si Kecil yang sedang mengalami GTM Moms bisa coba resep berikut ini

Tahapan Tekstur MPASI si Kecil

Apa saja tahapan - tahapan tekstur MPASI si kecil? Yuk kita bahas moms

Serba-Serbi MPASI Vonn: Perlengkapan MPASI

Siapa Moms di sini yang mau mulai MPASI dan jadi bingung? Tenang, moms tidak sendiri ya.

Breakfast Recipe: Banana Roll French Toast (10M+)

Nafsu makan si Kecil di pagi hari belum banyak, jadi kita harus bisa memberikan sarapan yang enak & bergizi.

Cara Unikku Atasi GTM pada si Kecil

Si kecil doyan sekali makan, makanya saya berfikir tidak akan mengalami drama GTM. Tapi ternyata tidak demikian

Lunch Recipe: Veggie Egg Cup (10 M+)

Sedih deh Moms, baby Nimo kedatangan "tamu" yang suka jadi nightmare-nya ibu-ibu dalam dunia perMPASIan: GTM!

Tips Memilih Food Jar untuk Membawa Makanan Bayi Saat Traveling

Dulu aku sering mikir gimana bisa bepergian kalau baby Jess sudah MPASI, makanannya mau ditaruh di mana?

Resep MPASI Perkedel 4 Bintang

Anjuran WHO mpasi itu harus memenuhi gizi 4 bintang (karbohidrat, prohe, prona, sayur).

Resep MPASI Beef Tempe (6 M+)

Alohaa mommy Babyo! Kali ini mamAdam mau share resep mpasi 4 bintang utk baby usia 6 bulan.

Resep MPASI Bakso Oat Sapi

Halo moms, saya mau share mengenai resep bakso oat sapi. Anak ku suka bgt mom, mamamnya juga makin lahap.

Puding Jagung, Cemilan Sehat MPASI 10 M+

Anak saya suka banget ngemil. Jadi tiap hari saya buat cemilan dengan bahan sederhana yang mudah didapat.

Tips Mengatasi GTM si Kecil

GTM, istilah yang sudah nggak asing lagi terutama bagi Moms yang punya baby sedang berada di tahap MPASI.

Anak Mogok Makan? Ini Caraku Mengatasinya!

Kalo anak lagi susah makan tuh pasti buat seorang ibu rasanya campur aduk ga karuan ya Moms.

Egg Biscuits - Snack untuk si Kecil

Bikin camilan yuk Moms. Hanya dengan 4 bahan ini, kita bisa membuat snack untuk si Kecil.

Bubur Ayam Sehat 4*

Moms, siapa nih yang suka bikin bubur ayam, menu masakan sehat 4* buat MPASI si Kecil?

Potato Wedges, Snack Alergi untuk Rasyid

Kalo anak lagi alergi, yang dibingungin bukan cuman makanan utamanya, tapi camilannya juga.

GTM? Siapa Takut!

Siapa Moms di sini yang takut dengan yang namanya GTM? Kalau aku sih gak takut sama sekali ya Moms.

Anak Susah Makan? Coba Cara Ini deh Moms..

Realita MPASI kadang tidak sesuai dugaan ya Moms, kadang si Kecil malah GTM atau bahkan tidak mau makan sama sekali.