Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bolehkah Bayi Diajak Travelling Saat Baru Sembuh?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  31 Jul '18


Beberapa waktu yang lalu, saya berencana untuk pergi ke suatu tempat. Namun ketika sudah mendapatkan tiket, anak saya jatuh sakit berturut-turut dalam 1 bulan, sementara tanggal keberangkatan sudah semakin dekat. Ingin reschedule tiket, tapi biayanya lebih mahal daripada harga tiket.

Saat itu Max tertular flu Singapura dari sepupu, dan tidak mau makan. Dua minggu kemudian ia sembuh. Tapi selang 1 minggu, Max terkena campak, dan lagi-lagi tidak mau makan. Saya semakin sedih. Akhirnya satu minggu sebelum keberangkatan, Max sembuh. Kami membawa Max travelling ke Kuala Lumpur sekaligus check up, dan bersyukur karena Max tidak sakit selama berada di sana hingga pulang.

Setelah sembuh dari sakit, biasanya antibodi si Kecil akan turun dan menyebabkannya sangat mudah terserang flu, batuk dan berbagai penyakit ringan lainnya hingga yang terparah sekalipun.

Tips Mencegah Bayi Tertular Penyakit Saat Travelling

  • Bawalah anak ke DSA sebelum berangkat untuk memastikan kondisinya. Jangan lupa minta multivitamin untuk menjaga sistem imunnya.
  • Berikan gendongan ternyaman untuknya. Gendonglah dengan posisi menghadap ke Moms, jangan menghadap keluar. Mungkin ini memang membuat anak tidak bisa melihat secara bebas. Tapi lebih bagus jika anak menghirup udara dari tubuh orang tuanya. Kalau dihadapkan keluar, akan banyak orang yang suka mencubit pipinya bahkan menciumnya. Anak yang baru sembuh tetap rentan dan mudah tertular penyakit apa pun.
  • Empeng dapat membuat si Kecil tenang. Bawalah minimal 2 dot.
  • Camilan. Ini sangat penting, lho Moms. Apalagi jika anak suka ngemil seperti Max. Saat si Kecil tidak bisa tenang ketika di airport atau di mana pun, Moms dapat memberikan camilan.
  • Mainan. Jangan lupa bawa mainan favoritnya. Saya hanya membawa 2 jenis mainan yang bisa dimainkan ketika sedang tidak pergi.
  • Jangan lupa membawa banyak baju yang nyaman, dan sesering mungkin tukar bajunya. Karena baju bisa menjadi tempat kuman bersembunyi.
  • Bawalah tissue basah khusus hand and mouth. Lap sesering mungkin daerah lubang hidung, mulut dan tangannya. Karena bayi suka memasukkan tangan ke mulut. Daerah lubang hidung supaya debu dan kotoran tidak menumpuk. Intinya, jangan berikan kesempatan bagi kuman untuk mendekati si Kecil.
  • Salah satu hal yang terpenting adalah, selalu semprotkan Acquassimo pada tangan anak. Jangan berikan cela bagi kuman.
  • Say no to baby chair. Saya tidak mau meletakkan Max di baby chair. Mengapa? Karena saat baru sembuh, antibodinya belum pulih sepenuhnya. Sementara baby chair adalah benda yang umum dan dipakai oleh bayi mana pun. Kita tidak bisa menjamin apakah bayi yang sebelumnya duduk di kursi itu sehat, atau sedang flu, batuk, maupun terkena penyakit lainnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati.
  • Bawa kain untuk mengalasi kasur. Seperti high chair, kasur hotel/apartemen yang kita tinggali juga temapt umum yang belum tentu bersih. Alasi dengan kain yang kita bawa sendiri akan lebih bagus.

Semoga bermanfaat.

By: Ferina Yang.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

924 Ferina Yang

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Teknik Pasti Sukses DBF untuk Moms dengan Flat Nipple

eski Moms sudah paham betul mengenai manfaat ASI bagi si Kecil dan sudah secara sadar ingin menyusui eksklusif, yang namanya halangan dan [...]

Nipple Shield untuk Apa? Yuk Pelajari dan Lihat Daftar Rekomendasinya

Ketahui kapan dan bagaimana harus menggunakan nipple shield agar proses menyusui Moms sukses dan menyenangkan.

Ingin Si Kecil Gemuk, Sehat, dan Cerdas? Yuk, Terapkan Prinsip Berikut!

Apa saja tips agar bayi baru lahir cepat gemuk dalam 1 minggu? Yuk, Moms, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Rayyanza Semakin Membaik, Ini Cara Keluarga Gigi Merawat Si Kecil Saat Sakit

Anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit. Sebenarnya, Rayyanza sakit apa? Bagaimana pula cara merawat [...]

Panduan Imunisasi Anak, Vaksin Wajib, dan Kisaran Harganya

Tahukah Moms, bulan Agustus adalah bulan Imunisasi Anak Nasional?

Pemerintah Siapkan Vaksinasi Pediatric COVID-19 Usia 6 Tahun ke Bawah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mulai menjajaki program vaksinasi anak di bawah 6 tahun.

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.