DAILY FEED

Resep Dadar Gulung Kentang, Tofu, dan Keju Mom Rika Resep Dadar Gulung Kentang, Tofu, dan Keju Mom Rika
15 Feb '19

Traveling Asyik Membawa Bayi ala Mom Devina Traveling Asyik Membawa Bayi ala Mom Devina
15 Feb '19

Menidurkan Anak Tanpa Gendong Ala Mom Yunni Intan Menidurkan Anak Tanpa Gendong Ala Mom Yunni Intan
15 Feb '19

Review Bantal Anti Peyang ClevaMama by Mom Prianka Iradati Review Bantal Anti Peyang ClevaMama by Mom Prianka Iradati
15 Feb '19

Review NaÏf Care Ala Mom Editha Aldillasari Review NaÏf Care Ala Mom Editha Aldillasari
15 Feb '19

Apa yang Perlu Disiapkan Ketika Memakai Hospital Grade Breastpump Di RS? Apa yang Perlu Disiapkan Ketika Memakai Hospital Grade Breastpump Di RS?
15 Feb '19

Tips Segera Hamil Setelah Menikah Tips Segera Hamil Setelah Menikah
15 Feb '19

Perbedaan Spectra S2 Plus (Hospital Grade) dan Spectra 9+ (Portable Grade) Perbedaan Spectra S2 Plus (Hospital Grade) dan Spectra 9+ (Portable Grade)
15 Feb '19

Apa Saja Tanda-Tanda Awal Kehamilan? Apa Saja Tanda-Tanda Awal Kehamilan?
15 Feb '19

Babyo Review: Naif Baby Cleansing Wash Gel & Baby Nourishing Shampoo Babyo Review: Naif Baby Cleansing Wash Gel & Baby Nourishing Shampoo
15 Feb '19

Spaghetti Puding Biskuit Spaghetti Puding Biskuit
15 Feb '19

Seberapa Penting Pompa ASI untuk Full Time Mom? Seberapa Penting Pompa ASI untuk Full Time Mom?
15 Feb '19

Babyo Review Nutribaby+, Cara Cegah Gestational Diabetes Babyo Review Nutribaby+, Cara Cegah Gestational Diabetes
15 Feb '19

Penyebab Sembelit pada Bayi Penyebab Sembelit pada Bayi
15 Feb '19

Persamaan dan Perbedaan Pompa ASI Portable Spectra Berbagai Tipe Persamaan dan Perbedaan Pompa ASI Portable Spectra Berbagai Tipe
15 Feb '19

Susu Kedelai Dapat Memperlancar ASI Lho Susu Kedelai Dapat Memperlancar ASI Lho
15 Feb '19

Keracunan, Flu Atau Hamil? Keracunan, Flu Atau Hamil?
15 Feb '19

Ikan Gurame Kuah Kuning (14 M+) Ikan Gurame Kuah Kuning (14 M+)
15 Feb '19

Babyo Review Malish Aire Wide Neck Feeding Bottle & Nipple Babyo Review Malish Aire Wide Neck Feeding Bottle & Nipple
15 Feb '19

Perbedaan Pompa ASI Hospital Grade & Portable Perbedaan Pompa ASI Hospital Grade & Portable
15 Feb '19

Amankah Mengonsumsi Pil KB Saat Menyusui? Amankah Mengonsumsi Pil KB Saat Menyusui?
15 Feb '19

Working Mom: Pakai Hospital Grade Breastpump atau Portable Breastpump? Working Mom: Pakai Hospital Grade Breastpump atau Portable Breastpump?
15 Feb '19

Buds Organic Calming Rub Teman si Kecil Dikala Kembung dan Susah BAB Buds Organic Calming Rub Teman si Kecil Dikala Kembung dan Susah BAB
15 Feb '19

Pumping Efektif dengan Medela Portable Pump Pumping Efektif dengan Medela Portable Pump
15 Feb '19

Review Stroller Greentom by Mom Editha Review Stroller Greentom by Mom Editha
15 Feb '19

Naif Baby: Solusi Masalah Kulit Sensitif si Kecil Naif Baby: Solusi Masalah Kulit Sensitif si Kecil
14 Feb '19

Review NaÏf Woman : Skincare Mahal dengan Kualitas Maximal Review NaÏf Woman : Skincare Mahal dengan Kualitas Maximal
14 Feb '19

Review Trilogy Certified Organic Rosehip Oil by Mom Fenni Jahja Review Trilogy Certified Organic Rosehip Oil by Mom Fenni Jahja
14 Feb '19

Review Naif Women for Moms Review Naif Women for Moms
14 Feb '19

READ MORE

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bingung Memilih Pompa ASI? Kenali Dulu Tipenya!

FEEDING  |  REVIEWS  |  13 Nov '18

New Moms tentunya belum memiliki pengalaman tentang pemilihan pompa ASI yang sesuai dengan kebutuhan. Perlu diperhatikan bahwa apa pun statusnya, baik full time maupun working Mom, ada baiknya tetap memiliki pompa ASI. Pompa ASI dapat membantu Moms untuk menjaga supply ASI agar selalu memenuhi kebutuhan si kecil. 

Tipe-tipe Pompa ASI

  1. Manual breast pump. Pompa ASI manual ini tentunya mengandalkan kekuatan tangan ya Moms. Namun, tidak sedikit Moms yang merasa lebih nyaman menggunakannya karena bisa mengatur sendiri kekuatan isapannya. Penggunaan pompa manual ini akan menyebabkan tangan terasa pegal dan capek. Namun semakin sering digunakan, Moms akan semakin terbiasa dan tidak lagi merasakan pegal. Selain itu, menggunakan pompa tipe ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama. 

  2. Electric breast pump. Pompa yang memiliki motor unit ini akan lebih memudahkan karena mengandalkan tenaga listrik atau baterai. Moms tidak perlu mengandalkan kekuatan tangan lagi, cukup menekan tombol yang sudah tersedia. Pada umumnya, pompa ini sudah dilengkapi dengan pilihan mode isapan dan level kekuatan isapan. 

  3. Portable breast pump. Ada beberapa tipe portable breast pump yang perlu Moms ketahui, yaitu:
    - Rechargeable. Pompa ini memiliki baterai yang bisa diisi ulang. Jadi, Moms tidak perlu repot mencari sambungan listrik saat ingin menggunakannya. Cukup diisi ulang ketika tidak digunakan dan Moms dapat menggunakannya tanpa tersambung ke listrik untuk beberapa kali sesi.

    - Baterai. Pompa ini pada umumnya tetap bisa digunakan tanpa menggunakan baterai dengan mengandalkan sambungan listrik. Baterai menjadi solusi jika Moms ingin bepergian atau di saat aliran listrik padam. Tentunya setiap pompa memiliki tipe baterai yang berbeda-beda. Hal ini juga perlu Moms perhatikan agar tidak sulit untuk menyediakan stok baterai.

    - Power bank. Nah, tipe yang satu ini mirip dengan rechargeable. Hanya saja yang diisi ulang dayanya adalah power bank, bukan unit motor pompanya langsung. Jadi tipe pompa ini menyediakan kabel yang dapat disambungkan ke power bank sehingga Moms bisa menggunakannya saat bepergian atau ketika tidak menemukan sambungan listrik. 

  4. Single/double pump. Pompa single pump adalah pompa yang hanya bisa digunakan untuk 1 payudara dalam 1 kali sesi. Sedangkan pompa double pump adalah pompa yang bisa digunakan untuk 2 payudara sekaligus dalam 1 kali sesi. Tentu saja tipe double pump akan lebih menghemat waktu dalam penggunaannya ya Moms. 

  5. Open/closed system. Open system atau sistem terbuka adalah pompa ASI yang tidak memiliki pembatas antara aliran udara motor dan aliran udara di sekitar payudara. Tentunya hal ini bisa mengakibatkan ASI perah ikut terisap ke dalam motor melalui selang. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada motor pompa. Selain itu, open system juga bisa menimbulkan gumpalan pada selang dan menimbulkan pertumbuhan jamur sehingga kualitas kebersihan ASI perah kurang terjamin. Sedangkan closed system atau sistem tertutup adalah pompa ASI yang memiliki batas antara aliran udara motor dan aliran udara di sekitar payudara. Bagaimana membedakannya? Pada pompa ASI dengan closed system terdapat bagian yang disebut dengan back flow converter (sebutan ini berbeda untuk setiap merek pompa ASI) yang berada di tengah selang atau di ujung selang yang tersambung ke corong. Back flow converter ini dilengkapi dengan membran tipis yang memisahkan aliran udara motor dan aliran udara di sekitar payudara. Tentu saja pompa jenis ini lebih terjamin dalam menjaga kualitas ASI perah.  

  6. Hospital grade. Sebutan ini diberikan untuk pompa ASI yang biasanya digunakan oleh Rumah Sakit. Pada umumnya, tipe pompa ASI yang satu ini memiliki motor yang berukuran lebih besar dan harga yang lebih mahal dari tipe lainnya. Namun di sisi lain, pompa ini memiliki isapan yang lembut dan tidak menimbulkan rasa nyeri sehingga nyaman pada saat digunakan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, Moms harus mengutamakan kelebihan apa yang Moms butuhkan. Artinya, jika Moms memilih pompa ASI yang memiliki isapan yang baik, belum tentu pompa tersebut juga memiliki fitur portable. Atau sebaliknya jika Moms memilih pompa ASI yang portable, belum tentu pompa tersebut juga memiliki isapan yang lembut. Moms juga harus rajin membaca review berbagai macam merek pompa agar lebih yakin sebelum memilih. Jika masih ragu, manfaatkan jasa penyewaan pompa ASI sehingga Moms bisa mencobanya langsung dan lebih yakin untuk memilih pompa ASI yang sesuai dengan kebutuhan Moms.

Semoga bermanfaat.

By: Zurrahmi Ulya

Copyright by Babyologist

169 Zurrahmi ulya Send Message to Writer

Related Stories