Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Biaya Persalinan Normal Dan Caesar

OTHERS  |  PREGNANCY  |  10 Feb '18

Ketika menjelang persalinan, tentunya setiap pasangan akan melakukan berbagai persiapan dan berupaya memberikan yang terbaik untuk kebutuhan persalinan. Sebab hal ini menyangkut keselamatan ibu dan bayi, sehingga pasangan akan memilih untuk memberikan pelayanan yang terbaik dalam proses persalinan ibu.

Banyak rumah sakit di berbagai kota menawarkan berbgai pilihan jenis persalinan, namun tentunya dengan pelayanan, fasilitas dan harganya yang berbeda, tergantung kelas yang dipilih oleh ibu. Karena itu sebelum memilih kelas persalinan, ibu dan pasangan haruslah mengetahui rincian biaya persalinan normal maupun biaya persalinan caesar.

Persalinan Normal
Pada saat menjalani persalinan normal, ibu akan mengalami masa-masa sulit pada saat menjelang persalinan. Hal ini bahkan bisa dikatangan sangat beresiki, apalagi jika bayi yang dikandung memiliki masalah atau kelainan atau mungkin ibu memiliki riwayat penyakit tertentu.

Proses persalinan normal tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama, lamanya persalinan normal bisa saja membutuhkan waktu sekitar belasan bahkan puluhan jam sampai ibu bisa mengeluarkan bayi. Tetapi biasanya lamanya waktu melahirkan sekitar 16-20 jam. Tentunya membutuhkan tenaga dan kesabaran yang cukup besar. Namun bisa saja bayi lahir dalam waktu yang hanya beberapa jam saja, sebab kelahiran normal tidak bisa direncanakan.

Untuk biaya persalinan normal terbilang cukup murah yaitu sekitar Rp 3 juta - belasan juta, tergantung kelas dan rumah sakit yang ibu pilih. Selain biaya persalinan normal tergolong lebih murah, masa pemulihan setelah melahirkan normal terbilang singkat, dan ibu bisa kembali melakukan aktifitas seperti biasanya setelah beberapa hari melahirkan.

Selain itu, keuntungan persalinan normal akan dirasakan ketika ibu hamil kedua atau melahirkan anak kedua. Yaitu, waktu melahirkan anak kedua hanya akan berlangsung dalam beberapa jam saja..

Persalinan Caesar
Berbeda dengan persalinan normal, persalinan melalui operasi caesar bisa dijadwalkan selama kandungan sudah cukup dan bayi sudah siap untuk dilahirkan. Persalinan caesar biasanya membutuhkan waktu yang tergolong cukup singkat, sehingga resiko yang akan terjadi pada saat persalinan jauh lebih kecil. 

Ketika melakukan persalinan caesar ibu tidak akan merasakan sakit yang luar biasa, karena pada saat menjalani operasi caesar ibu akan disuntikan dengan obat bius. Namun penyembuhan pasca operasi caesar membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan sampai berbulan-bulan. Apalagi jika ibu memiliki riwayat penyakit tertentu, maka setelah menjalani operasi caesar ibu diwajibkan untuk tetap melakukan pemeriksaan secara rutin ke rumah sakit.

Meskipun proses operasi caesar dilakukan dalam waktu yang cukup singkat, namun biaya persalinan caesar tergolong jauh lebih mahal dari pada biaya persalinan normal. Sebab operasi caesar menggunakan alat-alat medis yang sudah canggih, jadi biaya nya pasti mahal, yaitu sekitar Rp 10 juta - 30an juta tergantung rumah sakit yang dipilih.

By: Babyologist Editor

3267 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories