Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Berikut Penyebab Berat Badan Bayi Menurun

OTHERS  |  14 Jun '18

Saat berat badan bayi turun hal ini tentu akan mengkhawatirkan  orang tua. Turunnya berat badan pada bayi menjadi tanda bahwa bayi sedang mengalami gangguan kesehatan. Sebaiknya jika berat badan bayi turun hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah segera memeriksakan kondisi bayi kepada dokter anak agar segera ditangani.

Terkadang berat badan bayi turun tergolong dalam hal yang sangat berbahaya namun terdapat beberapa kemungkinan lain yang menyebabkan berat badan bayi turun. Untuk itu, Anda dianjurkan untuk mengetahui apa saja penyebab berat badan bayi turun sehingga Anda tidak akan khawatir lagi dan dapat mengatasinya dengan baik.

Penyebab Berat Badan Bayi Turun

1. Kurangnya Asupan Makanan

Asupan makanan yang tidak seimbang atau kurang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan berat badan bayi turun. Penyebab ini biasanya dikarenakan Si Kecil tidak mau makan atau bisa juga orang tua tidak memerhatikan asupan makan buah hatinya secara optimal. Agar berat badan Si Kecil normal kembali sebaiknya cukupilah kebutuhan makanannya dengan asupan yang bernutrisi dan seimbang.

2. Bayi Sedang Bergerak Aktif

Pada saat anak di usia tertentu apalagi pada saat usia di atas 6 bulan, bayi sedang aktif-aktifnya bergerak. Anak pada usia tersebut biasanya lebih menyukai bermain dibandingkan dengan makan sehingga kemungkinan besar berat badan bayi turun. Anda harus berusaha untuk senantiasa memberikan buah hati makanan yang bergizi tanpa menganggu waktu bermainnya. Anda bisa membuat beberapa cemilan yang bisa menarik perhatian Si Kecil seperti membuat bola-bola daging.

3. Adanya Gangguan Kesehatan

Jika penyebab sebelumnya tergolong kedalam hal yang cukup ringan dan wajar. Penyebab berat badan bayi turun yang satu ini bisa dibilang cukup berbahaya di mana dikarenakan oleh adanya gangguan kesehatan yang dialami dan gangguan kesehatan genetik. Gangguan kesehatan yang wajar dialami oleh kebanyakan anak seperti gangguan pencernaan (diare ataupun bakteri pada usus).

Untuk penyakit genetik, biasanya penyakit yang diturunkan dari salah satu orangtuanya seperti penyakit jantung, asma, HIV, penyakit diabetes, bronkitis dan penyakit kelainan darah yang mana semua jenis penyakit tersebut akan membuat Si Kecil kehilangan nafsu makannya dan akan mengalami penurunan berat badan. Jika Si Kecil mengidap penyakit yang telah disebutkan di atas, kemungkinan besar akan ada timbulnya tanda-tanda terlebih dahulu. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika Anda memeriksakan Si Kecil segera jika terjadi gejala yang lain selain berat badan turun.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

774 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories