Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Berenang Saat Hamil, Kenapa Tidak?

PREGNANCY  |  02 May '18


Pada hakekatnya semua jenis olahraga memberikan manfaat yang sangat luar biasa untuk kehamilan, baik untuk menjaga kesehatan Anda serta janin dalam kandungan. Hal ini di karenakan jenis olahraga ringan yang di anjurkan untuk Moms yang sedang hamil seperti jalan santai, jogging, senam aerobic, hingga berenang memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk menjaga kesehatan Anda serta memperkuat janin dalam kandungan.

Bukan hanya itu, dengan berenang, Anda juga bisa memperkuat jantung serta membuatnya untuk bekerja lebih baik dalam hal memompa darah. Dan pada akhirnya, hal ini akan berdampak atau bahkan bermanfaat guna memperbaiki sistem sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh, bahkan bisa bermanfaat untuk meningkatkan kadar oksigen yang ada di dalam tubuh. Lantas, jenis latihan seperti apa yang di perbolehkan atau sangat di anjurkan untuk ibu hamil? Jawabannya adalah berenang.

Berenang sendiri merupakan salah satu bentuk latihan yang ideal yang bisa di lakukan selama masa kehamilan. Hal ini di karenakan berenang memiliki risiko yang cukup kecil bagi Moms hamil dalam mengalami keseleo, bahkan di sini tidak ada risiko seorang ibu hamil akan terjatuh dan bagian perut terhantam yang memang bisa melukai janin dalam kandungan. Berikut adalah beberapa manfaat berenang saat hamil :

  • Melemaskan kembali ketegangan punggung Seiring dengan berjalannya waktu, kondisi perut Anda akan terus membesar dan terus terlihat. Bukan hanya perut, umumnya Anda juga akan mengalami beberapa bagian tubuh yang ikut membesar, seperti tulang belakang dan juga bahu. Dan hal ini menyebabkan bagian panggul Anda keluar dari bentuk idealnya. Sehingga dapat meningkatkan beban pada bagian punggung. Namun, ketika Anda rutin melakukan olahraga renang, maka beban ini bisa sedikit lebih berkurang. Bukan hanya itu, berenang juga bermanfaat untuk menjaga kekuatan sejumlah otot dalam tubuh Anda. Hal ini di karenakan berenang sendiri akan melibatkan otot untuk melakukannya.
  • Berenang membantu anda menjaga berat badan agar tetap ideal.
  • Bermanfaat untuk meredakan kondisi pembengkakan di bagian kaki dan juga tangan yang umumnya di alami oleh para Mom hamil.
  • Berenang dapat membantu tubuh lebih rileks. Bahkan latihan yang satu ini juga tidak akan membebani fisik dan membuat Anda merasa lelah.
  • Ketika Anda berenang di setiap pagi, maka hal ini juga bisa mencegah munculnya perasaan mual yang disertai dengan muntah, dan bisa mengisi energi Anda agar lebih kuat.

Perlu di ingat untuk anda jangan pernah memaksakan diri berenang, jika air kolam sudah tercampur dengan kaporit. Karena hal ini pastinya akan membuat Anda merasa mual dan muntah, sehingga Anda akan merasa tidak nyaman.

Bagi anda yang belum terbiasa melakukan olahraga renang, berikut adalah beberapa tips keselamatan renang selama hamil yang dapat anda ikuti :

  • Jika sebelum hamil Anda tidak terlalu aktif untuk berolahraga, maka Anda tidak di anjurkan untuk langsung mengikuti latihan atau olahraga dengan porsi yang berat.
  • Anda dianjurkan melakukan pemanasan sebelum memulai kegiatan olahraga.
  • Ketika Anda berenang, Anda dianjurkan untuk melakukan gerakan yang memang bisa membuat Anda nyaman serta tidak akan membuat tegang area leher.
  • Berhati-hatilah ketika Anda memasuki air, Anda bisa berpegangan pada bagian pagar atau bahkan pinggiran kolam renang guna menjaga keseimbangan serta mencegah tergelincir.
  • Anda juga dianjurkan untuk berhati-hati ketika keluar dari kolam, Anda bisa menggunakan alas kaki yang tidak licin, agar tidak terpeleset.Cukupilah kebutuhan air ketika Anda berolahraga.
  • Anda dapat menggunakan baju renang yang memang di khususkan untuk ibu hamil. Hal ini bertujuan agar Anda bisa lebih nyaman ketika berenang.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

691 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Pro dan Kontra Berlari Saat Hamil

Bolehkah ibu hamil berlari? Apakah hal ini tidak berbahaya bagi janin? Mari simak pro dan kontra dari aktifitas berlari di kala hamil berikut ini.