Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Beragam Manfaat Minyak Hati Ikan Kod

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  TODDLER  |  30 Oct '19


Minyak ikan saat ini sudah banyak digunakan sebagai suplemen makanan, baik itu untuk anak-anak maupun dewasa. Salah satu yang terkenal adalah cod liver oil. Sesuai dengan namanya, minyak ini diperoleh dari hasil ekstraksi hati ikan kod. Berbeda dari minyak ikan biasa yang terbuat dari berbagai jenis ikan, tuna dan salmon misalnya. Minyak hati ikan kod ini terkenal akan kandungan asam lemak omega-3 nya yang tinggi. Seperti yang kita ketahui jika omega-3 ini tidak dapat dibuat oleh tubuh, jadi dapat diperoleh dari makanan maupun suplemen. Selain asam lemak omega-3, cod liver oil juga kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin D. Ketiga kandungan ini sudah terbukti dalam banyak penelitian dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, di antaranya:

Baik untuk kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan jika mengonsumsi minyak hati ikan kod dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Omega-3 pada minyak hati ikan kod berdampak baik bagi kesehatan jantung, seperti: mengurangi trigliserida dalam darah, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol baik atau HDL, dan mengurangi risiko pembentukan plak pada pembuluh arteri.

Mengurangi peradangan di seluruh tubuh

Asam lemak omega-3 dalam cod liver oil dapat menekan protein yang meningkatkan peradangan kronis. Sedangkan kandungan vitamin A dan D berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas.

Mengurangi rasa sakit radang sendi

Cod liver oil, terutama kandungan asam lemak omega-3, dapat mengurangi radang sendi pada orang yang menderita rheumatoid arthritis. Hal ini sudah dibuktikan pada sebuah penelitian di mana gejala rheumatoid arthritis, seperti sendi yang sakit, kaku atau bengkak semakin berkurang.

Mengurangi kecemasan dan depresi

Kandungan vitamin D dan asam lemak omega-3 pada minyak hati ikan kod dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Dalam sebuah penelitian menunjukkan jika vitamin D bisa merangsang pelepasan hormon yang dapat memperbaiki suasana hati seperti hormon serotonin.

Menjaga kesehatan tulang

Kandungan vitamin D yang melimpah pada minyak hati ikan kod dapat membantu kesehatan tulang. Dari berbagai penelitian, diperoleh hasil jika dengan mengonsumsi suplemen vitamin D seperti minyak hati ikan kod dapat memperkuat tulang yang rapuh pada anak-anak dan mengurangi keropos tulang pada orang dewasa. Vitamin D ini juga sangat diperlukan untuk orang-orang yang jauh dari garis khatulistiwa di mana kulit mereka jarang sekali terpapar sinar matahari untuk menyintesis vitamin D dalam tubuh.

Meningkatkan fungsi otak dan penglihatan janin yang sehat

Ibu hamil yang mengonsumsi cod liver oil sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan janin, terutama mata dan otak. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian, di mana asupan omega-3 dalam jumlah yang cukup selama kehamilan dapat mengoptimalkan kesehatan janin.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

469 Syifa Azizah

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Minyak Ikan Kod untuk Tumbuh Kembang dan Kecerdasan Anak

"Biar anaknya pinter, dikasih minyak ikan saja!" Moms pasti sudah tidak asing mendengar saran yang satu ini kan?

Cod Liver Oil Mampu Mengoptimalkan Kecerdasan

Sebagian besar pasti sudah tau ya tentang minyak hati ikan kod, saya juga sudah mengonsumsinya dari kecil.

Segudang Manfaat Mengonsumsi Cod liver Oil

Pastinya Moms sudah tidak asing lagi kan dengan suplemen yang satu ini? Yap, minyak hati ikan kod atau Cod liver oil.