Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bentuk Kaki Anak Letter O

GROWTH & DEVELOPMENT  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  27 Jul '19


Orang tua mana yang tidak bahagia mempunyai anak yang sehat dan tanpa kekurangan suatu apapun. Dan alhamdulillah kembar lahir dengan sehat dan tidak kekurangan suatu apapun. Hari-hari pun saya lalui dengan suka cita dan tidak nampak sedikit pun perbedaan atau keanehan yang terlihat. Sampai suatu saat tiba saatnya si kembar mulai belajar berjalan dan mulai terlihat juga perbedaan saat mereka berdiri dan berjalan, ya ternyata bentuk kaki si kembar berbentuk letter O.

Bentuk kaki letter O itu nampak lebih jelas terlihat pada si kaka, mungkin karena berat badannya si kaka lebih besar dari pada si dede. Hal itu membuat saya galau dan khawatir terhadap kondisi fisik anak saya. Dan mulai lah bermunculan komentar dari orang-orang sekitar, seperti "anaknya keseringan pakai pampers itu mah, jadi jalannya gitu." "anaknya kurang di bedong tu." "anaknya keberatan badan tu, jadi kakinya begitu." dan masih banyak omongan yang lainnya.

Dan banyak juga yang menyarankan untuk di urut atau pijat alternatif, dan saya pun ragu dengan saran kebanyakan orang yang menyuruh untuk pijat alternatif karena takut nanti efeknya malah mempertambah buruk keadaan anak saya.

Akhirnya di usia 15 bulan setelah si kembar lancar berjalan dan semakin jelas kakinya yang berbentuk letter O barulah saya konsultasikan ke dokter, dan pada saat itu dokter pun menyarankan untuk memakai sepatu khusus atau masih bisa bersabar menunggu sampai 2-3 tahun untuk melihat kondisi perkembangannya lebih lanjut, karena katanya bentuk kaki anak di bawah 2 tahun masih bisa berubah dengan sendirinya tergantung dengan perkembangan si anak juga.

Dan menurut dokter, ini adalah kondisi yang masih wajar di alami oleh anak usia di bawah 2 tahun, yang bisa juga di karenakan anak yang terlalu cepat berjalan atau bisa juga karena ada pengaruh posisi janin saat berada di dalam kandungan. Dan kondisi ini tidak ada hubungannya dengan penggunaan diapers, atau lamanya di bedong pada saat masih bayi.

Dan ternyata benar, alhamdulillah di usia kembar yang sekarang 2 tahun 8 bulan, kakinya yang dulu berbentuk letter O sekarang sudah semakin membaik dan sudah terlihat normal seperti anak lain seusianya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

553 Chintiya Lestari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Keajaiban Dibalik Tawa Anak

Tertawa adalah obat yang terbaik. Dibalik tawa tersebut, ternyata menyimpan banyak manfaat.

Belajar Tentang Stunting Yuk!

Apa itu stunting? Lalu adakah cara untuk mencegah si Kecil stunting?

Manfaat Bermain di Rumput dengan Baby

Ada banyak manfaat mengajak si Kecil bermain di atas rumput Apakah Moms merasakan salah satunya?

Perlukah Prosedur Bedah untuk Bayi dengan Lip tie & Tounge tie?

Apa tindakan yang dilakukan oleh Mom Nazmi untuk mengatasi lip tie & tongue tie yang dialami si Kecil?