Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bentuk Dukungan Suami Siaga Untuk Istri

MY STORY  |  PARENTING  |  13 Feb '20


Dalam mengarungi bahtera rumah tangga, suami dan istri adalah partner yang harus saling mendukung. Saling bekerjasama dan saling membantu sesuai dengan porsinya masing-masing. Masa-masa yang paling membutuhkan dukungan suami adalah saat seorang istri menjalani kehamilan, persalinan dan menyusui. Masa yang akan membuat kita yang semula predikatnya hanya suami istri akan berubah menjadi ayah dan ibu.

Seorang suami harus siap menjadi suami siaga dalam segala hal utamanya ketika istri memasuki masa pasca persalinan. Tahap yang sangat riskan karena akan mengubah sebagian besar kebiasaan seorang wanita yang semula bisa santai menjadi sibuk dengan mengurus bayi. Di masa ini kerap kita mendengar seorang ibu mengalami depresi atau syndrom baby blues. Maka dukungan dari orang-orang terdekat khususnya suami sangat penting.

Bentuk dukungan seorang suami untuk istri ada banyak, tidak perlu dengan mesti melakukan hal-hal yang besar, terkadang justru hal-hal sepele pun bisa membuat istri bahagia. Apa saja sih bentuk dukungan suami siaga bagi istrinya? 

1. Membantu istri merawat anak
Jika tidak bisa membantu sepenuhnya karena bingung jika harus merawat anak misalnya memandikan, maka suami bisa mengambil alih tugas yang lain misalnya memakaikan popok dan baju setelah istri memandikan. Menemani istri begadang jika si kecil tiba-tiba bangun untuk menyusui di malam hari. Atau jika tidak bisa, pagi harinya gantian dengan istri untuk ngemong si kecil. Simple tapi yakin istri akan merasa bahagia di temani dan diperhatikan.

2. Menjadi ayah ASI bagi anak
Suami memang tidak bisa secara langsung memberikan ASI karena mereka tidak punya, tapi suami tetap bisa kok jadi ayah ASI bagi buah hatinya. Lho kok bisa? Bisa dong moms, dengan cara membahagiakan istri. Jika hati istri bahagia maka produksi pun akan lancar. Suami saya sangat mendukung pemberian ASI eksklusif untuk anak kami. Jika malam dan saya harus bangun untuk menyusui si kecil, dia biasanya ikut bangun untuk sekedar memijit badan saya. Sederhana tapi sangat berpengaruh. Asi booster banget. Dia selalu berusaha agar saya merasa tidak sendirian.

3. Membantu mengerjakan pekerjaan rumah
Ini hal yang paling membuat saya tersanjung, suami saya sangat tidak gengsi untuk mengerjakan pekerjaan rumah, seperti mencuci pakaian atau piring. Dia dengan senang hati akan melakukannya. Pasti menyenangkan kan moms jika suami ikut membantu?

4. Memberi sanjungan atau hadiah untuk istri
Memberikan sanjungan kepada istri juga sangat penting dilakukan oleh suami. Ditambahkan hadiah kecil malahan lebih bagus lagi. Hadiah pasca persalinan sebagai bentuk penghargaan kita sebagai suami karena istri sudah berjuang untuk melahirkan buah hati. Hadiahnya tidak perlu yang mahal-mahal moms, mungkin dengan hanya setangkai bunga atau coklat sangat bisa membuat suasana menjadi romantis.

5. Membuatkan makanan untuk istri
Dimasakin makanan kesukaan pasti menyenangkan apalagi jika suami yang masak. Atau jika suami tidak bisa masak, bisa dengan menawarkan ke istri makanan yang diinginkan jadi bisa delivery atau langsung beli ke tempatnya sendiri. Sesimpel itupun, saya yakin bisa membuat perasaan istri happy. 

6. Memberikan pelukan atau ciuman hangat kepada istri
Semua istri pasti akan merasa bahagia jika diperlakukan dengan penuh kasih sayang oleh pasangannya. Dengan perlakuan seperti itu, istri akan merasa diperhatikan sehingga tidak memicu terjadinya stress saat merawat anak. Mengucapkan terima kasih pun tidak ada salahnya kan.
Sangat penting menjaga mood istri di fase-fase setelah melahirkan. Jangan biarkan mereka sendiri merawat si kecil, karena semua itu tidak mudah. Dukungan sekecil apapun kepada istri akan sangat berpengaruh. Jika istri happy, ASI lancar, anak sehat dan pastinya membuat suami bahagia juga.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

387 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebagai Working Mom

Menjadi seorang working Mom tentunya memiliki tantangan tersendiri. Yuk simak tips dari Mom Inayah berikut ini.

Hal yg Bisa Dilakukan untuk Mengisi Kegiatan si Kecil di Rumah Selama Pandemi

Moms, yuk simak aktvitas yang bisa dilakukan di rumah bersama si Kecil berikut ini.

Fiersa is Turning One

Merayakan ulang tahun pertama pastinya adalah moment yang tidak bisa dilewatkan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Caraku Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga di Tengah Pandemi

Rumah tangga yang harmonis pasti sudah menjadi dambaan pasutri. Simak tips berikut ini yuk Moms and Dads!

Caraku Mengatur Keuangan Keluarga di Kondisi Pandemi

Di tengah-tengah pandemi ini tidak bisa dipungkiri bahwa banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi. Simak tips berhemat berikut ini yuk!

Punya Anak Perempuan Lebih Boros?

Hayo siapa yang punya anak perempuan dan merasa boros karena beli barang-barang lucu atau baju untuk Si Kecil? Sebenarnya boros tidaknya [...]

Cerita Sibling Goals di Usia Berdekatan

Bagaimana ya caranya agar kakak adik rukun? Yuk, simak cerita berikut ini.

Mengajarkan Kemandirian Sejak Dini Penting Gak Sih Moms?

Mengajarkan si Kecil untuk mandiri sedari dini memiliki banyak manfaat loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Ide Kreatif Bermain Saat Mati Lampu

Mati lampu memang menjadi kondisi yang kurang nyaman. Namun, Moms bisa memanfaatkan kondisi ini untuk barmain dengan si Kecil.

Suamiku Ayah ASI! Yuk Tanamkan Positif Mind!

Hai para istri, yuk belajar cara merayu suami agar mau untuk menjadi ayah ASI berikut ini!

Pengalaman Lebaran Pertama Tanpa Keluarga

Meskipun jauh dari sanak saudara, Lebaran sudah seharusnya menjadi momen yang dirayakan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.

Mengenal Tedak Siten

Apa itu Tedak Siten? Mari simak bersama berikut ini!

Keseruan Memiliki 2 Balita Dengan Jarak Dekat

Anak di usia balita adalah fase dimana anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, cenderung lebih egois, dan lebih senang berekplorasi. Usia [...]

Biasakanlah Mengucapkan Kata-kata Positif pada Anak

Seperti apa sih kata-kata positif yang baik untuk kita ucapkan pada anak? Simak berikut ini.

Tips Mengenakan Masker Pada si Kecil

Bagaimana cara merayu si Kecil agar mau mengenakan masker? Simak cerita berikut ini.

Tetap Harmonis Bersama Pasangan Di Masa Pandemi

Moms and Dads yuk usahakan sebisa mungkin untuk tetap rukun di masa pandemi ini. Simak cerita dan tips berikut ini ya.

Mengatasi Kakak Adik yang Sering Berantem

Kakak dan adik sering berantem? Simak tips ini yuk Moms and Dads.