Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Benefit Konsumsi Cod Liver Oil, Meminimalisir Risiko BBLR

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  PREGNANCY  |  14 Dec '19


Moms yang sedang hamil terutama trimester pertama biasanya suka mengalami morning sickness. Kondisi ini terkadang membuat kita merasa mual minum vitamin kehamilan dari dokter kandungan, apalagi kalau yang dikonsumsi adalah minyak ikan kod.

Beberapa suplemen cod liver oil terkadang memang bikin mual. Padahal ketika aku ikut seminar parenting di Babyo Session beberapa waktu lalu, minyak ikan kod tuh kaya manfaat lho, baik untuk anak-anak maupun ibu hamil. Apa saja?

1. Mengoptimalkan tumbuh kembang janin
Ada dua zat paling bermanfaat dalam kandungan cod liver oil, pertama EPA (eicosapentaenoic acid) yang mendukung kerja jantung, sistem kekebalan tubuh, dan respon inflamasi.

Kedua, DHA (docosahexaenoic acid) yang bermanfaat untuk mendukung kerja otak, mata, dan sistem saraf pusat. Kalau di awal hamil Moms sering mual, baiknya minum susu dengan cod liver oil kaya gini deh biar janin bisa tumbuh optimal di dalam perut.

2. Menjaga asupan nutrisi dan daya tahan tubuh ibu hamil
Morning sickness yang biasa terjadi saat awal kehamilan terkadang membuat kita malas makan ikan karena baunya amis, padahal ikan tuh tinggi protein. Kalau sudah begini, mengonsumsi cod liver oil bisa jadi pilihan supaya Moms tetap dapat asupan asam lemak omega 3 yang cukup untuk membantu perkembangan otak dan mata bayi.

3. Meminimalisir risiko alergi
Ini manfaat yang paling aku suka! Dilansir dari American Pregnancy, kandungan omega 3 dalam cod liver oil dapat menurunkan risiko alergi seperti asma, dermatitis atopik atau eksim. Kebetulan aku punya alergi asma, dan aku gak pengin alergi tersebut nurun ke anak.

4. Mencegah preeklampsia
Siapa di sini yang tensinya sering tinggi ketika hamil? Akuuu. Kata dokter, tekanan darah tinggi merupakan salah satu tanda preeklampsia atau komplikasi kehamilan. Bila tidak ditangani, dampaknya bisa buruk untuk ibu maupun janin seperti kelahiran prematur atau tanda-tanda kerusakan pada sistem organ janin.

5. Meningkatkan berat badan janin
Suka bingung enggak sih, gimana ya cara menaikkan berat badan janin padahal kita sudah makan banyak?

Atau disuruh dokter naikin berat badan janin padahal kita lagi mual-mual parah. Kita sebagai ibu tentu tidak ingin kan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Dulu pernah dapat saran dari saudara untuk banyakin makan es krim, tapi itu cara tidak sehat menurutku karena bikin tubuh kita jadi ikutan gemuk juga. Terus solusinya gimana? Ya konsumsi cod liver oil, nutrisinya dapat, berat badan janin naik, tapi bobot tubuh kita tetap optimal.

Saat belanja bulanan di supermarket beberapa hari lalu, aku melihat ada susu khusus kehamilan yang mengandung cod liver oil. Susu ini bisa menjadi solusi bagi Moms yang lagi hamil, daripada minum susu dan suplemen cod liver oil secara terpisah, mending jadi satu kaya gini. Sekali tegukan dapat banyak manfaat.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

206 Regina Nabila Fiardini

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cegah Berbagai Risiko Kehamilan dengan Cod Liver Oil

Banyak sekali yang mengatakan kalau hamil konsumsi minyak ikan, bagus untuk perkembangan janin.

Manfaat Cod Liver Oil untuk Bumil

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti sering mendengar tentang Cod Liver Oil / minyak hati ikan kod.

Manfaat Minyak Hati Jenis Cod liver Oil bagi Kebaikan Janin

Selagi masih dalam pengembangan di rahim, Moms harus semangat menambah vitamin yang bagus untuk menunjangnya.

Keunggulan Macadamia Oil untuk Wanita

Dalam memilih produk skincare khususnya saat hamil, sebaiknya Moms mencari produk yang berbahan Macadamia Oil.

Bagaimana Cara Agar Cepat Hamil ala Mom Loanita?

Ada banyak tips agar cepat hamil. Seperti dengan pijat dan akupuntur seperti Mom Loanita berikut ini