Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Benarkah Memompa ASI dapat Mengubah Bentuk Payudara?

BRANDS  |  FEEDING  |  18 Feb '19

Masa menyusui akan lebih menyenangkan jika Moms memiliki pemahaman menyeluruh tentang produksi ASI, termasuk tentang payudara. Anatomi payudara menjadi penting untuk dipelajari agar Moms tak salah kaprah mengenai bentuk atau ukuran payudara. Ketika menyusui, banyak Moms yang merasa ketakutan bentuk payudara mereka akan berubah dan menjadi kendur jika memompa ASI. Padahal faktanya, pada masa kehamilan pun, bentuk payudara akan berubah.

Bentuk payudara mulai berubah saat usia kehamilan 13 minggu hingga satu bulan setelah persalinan. Payudara akan terus berubah hingga Moms melahirkan dan menyusui. Pada beberapa ibu, ASI bahkan sudah mulai diproduksi sebelum bayi lahir. Saat saluran ASI sudah bekerja, ukuran payudara mulai berubah. Hal yang harus Moms pahami adalah payudara berubah bukan karena menyusui namun pengaruh dari kehamilan.

Bentuk payudara, volume ASI yang dikeluarkan, serta penyalurannya (deras-tidaknya saat keluar) bervariasi bagi setiap perempuan. Karena itu, Moms perlu memahami anatomi payudara masing-masing. Apalagi saat memutuskan metode apa yang ingin Moms gunakan untuk memberi ASI eksklusif untuk si Kecil: menyusui secara langsung atau memompa ASI.

Pernyataan tentang menyusui atau penggunaan pompa ASI menyebabkan payudara kendur itu hanyalah mitos, Moms. Moms yang menyusui dan memiliki payudara kendur biasanya disebabkan salah menggunakan bra sehingga pemilihan bra menyusui yang berkualitas sangatlah disarankann saat menyusui. Tak hanya itu, bra yang digunakan pun harus bra yang benar-benar nyaman saat dipakai.

Kedua, ketika moms memompa ASI pada payudara, Moms juga harus memperhatikan bentuk dan ukuran corong yang sesuai dengan payudara Moms. Pemilihan corong yang tepat akan membantu moms untuk memompa asi dengan baik dan akan lebih maksimal. Perhatikan pula bagaimana cara memompa yang benar ya, Moms. Panduan menggunakan pompa ASI yang benar biasanya akan diberikan di dalam kardus pompa ASI. Jika belum jelas, Moms juga dapat melihat video tutorial, maupun artikel review mengenai pompa ASI yang Moms gunakan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

2193 Spectra Baby Indonesia

Comments

Related Stories