Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Benarkah Kontrasepsi Hormonal Menyebabkan Kanker Payudara?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  OTHERS  |  15 Oct '19


Benarkah Kontrasepsi Hormonal menyebabkan Kanker Payudara? Kanker payudara sendiri dapat dipicu oleh hormon estrogen dan progesteron. Sedangkan Kontrasepsi Hormonal sendiri mengandung hormon tersebut. Kontrasepsi ini dapat berupa pil, suntik, implan, AKDR (Alat Kontrasepsi dalam Rahim) yang mengandung progestin. Penelitian oleh Ojvind Lidegaard, dari University of Copenhagen menyimpulkan bahwa mereka yang menggunakan kontrasepsi hormonal, peluang kanker payudaranya meningkat hingga 20 persen. Semakin lama penggunaan juga meningkatkan risiko, misalnya meningkat 9% jika menggunakan selama satu tahun, dan meningkat hingga 38% bahkan lebih jika menggunakan sampai 10 tahun.

Jika penggunaan yang tidak lebih dari 5 tahun sudah dihentikan, maka Moms akan terlepas dari risiko ini, sedangkan yang menggunakan hingga 10 tahun, risiko tetap ada. Data juga menunjukkan bahwa kanker payudara jarang menyerang wanita muda, biasanya risiko kanker bertambah dengan bertambahnya usia. Padahal Moms menggunakan kontrasepsi hormonal biasanya berusia 20-30 tahun dan dalam jangka 5 tahun, dan jika dilepas penggunaannya maka Moms tidak perlu khawatir efek buruk kontrasepsi ini. Untuk menghindari efek samping kontrasepsi hormonal ini lebih lama, Moms bisa menghentikan penggunaan kontrasepsi hormonal dan mencari alternatif lainnya. Jika Moms tetap ingin menggunakan kontrasepsi, lebih baik beralih ke kontrasepsi alami atau permanen seperti sterilisasi dan vasektomi.

Pasangan yang sudah tidak aktif secara seksual, sudah di usia 40 ke atas, atau benar-benar sudah tidak menginginkan menambah anak lagi, ini bisa menjadi pilihan selain kontrasepsi hormonal. Tetapi kontrasepsi hormonal ini bukan jadi salah satu faktor ya Moms, masih ada faktor lain penyebab kanker payudara, misalnya: genetik, riwayat keluarga ada yang mengidap, gaya hidup, merokok atau tidak, konsumsi alkohol, dan lainnya.

Dari paparan di atas, berarti memang ada hubungan antara penggunaan kontrasepsi hormonal dengan risiko kanker payudara. Akan tetapi, perbandingannya hanya 100.000 : 13. Atau akan ada satu yang berisiko di setiap 7.690 wanita, sedangkan lainnya tidak. Jadi jika Moms berusia 20-30 tahun dan masih menggunakan kontrasepsi hormonal, tidak perlu khawatir akan risiko ini.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

356 Lidwina Adiani

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Lagi Puasa? Jangan Lupa Olahraga ya Moms!

Di bulan puasa ini dengar kata olahraga? Waduh, ga usah olahraga aja badan udah lemes, gimana kalau olahraga?