Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Benarkah Kacang Hijau Bermanfaat untuk Janin?

BRANDS  |  PREGNANCY  |  12 Nov '19


Setiap ibu hamil pasti akan melakukan apapun untuk menjaga kandungannya agar tetap sehat. Hal ini dilakukan agar masa kehamilan hingga proses perkembangan janin bisa lebih optimal. Salah satu cara untuk mengoptimalkan perkembangan janinnya adalah dengan cara mencukupi nutrisi harian mereka. Selain itu, terkadang mereka juga mengonsumsi makanan tertentu yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan janin. Salah satunya mengonsumsi kacang hijau. Namun, benarkah kacang hijau bermanfaat untuk janin?

Manfaat dan Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil dan Janin

Kacang hijau mengandung nutrisi makro dan mikro yang sangat baik untuk perkembangan dan kesehatan janin. Beberapa nutrisi yang terdapat dalam kacang hijau diantaranya karbohidrat, protein, serat, hingga asam folat yang dikenal sangat penting untuk menurunkan risiko bayi lahir dengan kondisi cacat tabung saraf dan penyakit lainnya.

Mencegah Bayi Cacat saat Lahir

Menurut dokter Kevin Adrian yang dikutip dari Alo Dokter, asam folat memiliki peranan penting akan perkembangan janin. Kekurangan asupan asam folat pada ibu dapat meningkatkan risiko perkembangan janin yang tidak optimal sehingga berisiko bayi terlahir dalam keadaan cacat.

Mencegah Keguguran

Selain dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf, kandungan asam folat pada kacang hijau juga bisa mencegah ibu hamil keguguran. Ia melanjutkan, asupan asam folat harian juga bisa mencegah gangguan pertumbuhan pada janin serta kelahiran prematur. Selain asam folat, kacang hijau juga kaya akan zat besi yang bisa mencegah ibu mengalami keguguran. Asupan zat besi yang dibutuhkan ibu ketika mengandung agar terhindar dari keguguran adalah 25 mg.

Mencegah Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah

Selain dapat meningkatkan risiko keguguran, kekurangan zat besi bisa menyebabkan ibu hamil mengalami anemia. Hal ini tentunya dapat berisiko mengganggu masa kehamilan dan perkembangan janin. Kekurangan zat besi pada masa kehamilan juga berhubungan dengan terjadinya bayi prematur serta risiko bayi lahir dengan berat badan rendah sebesar 3 kali lipat.

Membantu Perkembangan Otak Janin

Selama ini, kita mengenal omega 3, DHA, dan EPA, sebagai kandungan yang bisa mengoptimalkan perkembangan otak janin. Namun, tahukah Moms bahwa zat thiamin atau yang kita kenal dengan vitamin B1 bisa membantu perkembangan otak bayi. Tak hanya itu, zat thiamin yang terdapat dalam kacang hijau juga berperan penting dalam menjaga fungsi otot, sistem saraf, dan jantung ibu hamil.

Itulah beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan janin. Selain mengonsumsi kacang hijau, Moms juga tentunya wajib mengonsumsi makanan sehat lainnya dan melengkapinya dengan susu khusus ibu hamil. Agar tidak bosan, saat ini Moms juga bisa menemukan susu ibu hamil dengan rasa kacang hijau. Dengan begitu, selain mendapatkan nutrisi kacang hijau, Moms juga bisa mendapatkan nutrisi lainnya mulai dari vitamin, mineral, hingga omega 3 yang berasal dari cod liver oil.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2998 Vidoran Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

5 Tips Mengatasi Lelah dan Pegal saat Hamil

Salah satu hal tidak nyaman yang sering dialami oleh Ibu hamil adalah kelelahan. Yuk, simak 5 tips mengatasi lelah dan pegal selama hamil berikut ini.

Apa Itu Stretch Marks dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Tahukah Moms bahwa selama hamil, terdapat beberapa perubahan yang terjadi termasuk peregangan kulit?

Kenali Nutrisi yang Wajib untuk Ibu Hamil

Berbeda dengan wanita pada umumnya, ibu hamil akan membutuhkan asupan nutrisi dengan jumlah tertentu.

Manfaat Cod Liver Oil untuk Perkembangan Janin

Tak hanya baik untuk anak dan orang dewasa, cod liver oil juga sangat baik untuk perkembangan janin.

Cordlife Shield, Perlindungan Pada Kehamilan

Hipertensi dalam kehamilan salah satunya dapat terjadi pada pre eklamsia.

Tips Mengolah Makanan Ala Pregnant Working Mom

Siapa bilang pregrnat working Mom tidak bisa mengolah makanan dengan praktis? Yuk simak caranya di sini!

4 Tips If You Plan to Do Maternity Photo Session

Masa kehamilan adalah waktu yang berharga bagi ibu. Tak heran banyak yang ingin mengabadikan momen ini.

Proses Inseminasi, Tingkat Keberhasilan dan Resikonya

Metode inseminasi bisa menjadi salah satu cara agar pasangan memiliki anak. Bagaimana prosesnya?

Tips Atasi Kaki Pegal saat Hamil

Saat hamil, terkadang kaki terasa pegal. Apa saja yang bisa kita lakukan agar bisa mengatasinya?

Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui dan Melahirkan

Payudara kendur memang bisa bikin Moms tidak PD. Namun, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan serum.

Kiat Menyiapkan ASI Eksklusif Sebelum Melahirkan

Tahukah Moms, menyiapkan ASI eksklusif harus disiapkan jauh-jauh hari. Bahkan ketika kita masih hamil?