THE DAILY

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Benarkah Alkohol Menyebabkan Kemandulan?

HEALTH TIPS  |  19 Oct '18

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa alkohol merupakan salah satu minuman yang bisa menyebabkan kemandulan, dan sangat berpengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh.

Alkohol akan mengganggu sistem reproduksi pada manusia, asumsi inilah yang mengindikasikan bahwa alkohol akan mempengaruhi kesuburan pada pria yaitu azoospermia yang dapat memicu kemandulan. Hal ini bukan tak beralasan, karena sudah banyak penelitian yang membuktikannya.

Fakta Mengenai Alkohol Penyebab Kemandulan

  1. Fakta yang pertama bahwa alkohol bisa memicu kemandulan adalah Anda yang mengonsumsi alkohol akan mengalami penurunan jumlah sperma. Padahal jumlah sperma akan sangat berpengaruh pada kemungkinan seseorang untuk mempunyai anak.

  2. Fakta yang kedua adalah bahwa alkohol dapat memicu azoospermia karena mengonsumsi alkohol akan memperburuk kualitas sperma. Kualitas sperma bisa ditentukan dari morfologi, pergerakan dan banyaknya jumlah sperma.

Jika pergerakan sperma melambat maka sperma akan sulit mencapai sel telur, dan begitupun juga jika jumlah sperma sedikit maka akan menurunkan kesempatan untuk segera bisa hamil, dan morfologi atau bentuk yang abnormal juga akan memperlambat pergerakan sperma.

Pergerakan sperma yang menurun juga selain sebagai tanda terpapar racun rokok, juga kemungkinan karena Anda terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Oleh karena itu alkohol sangat berpengaruh buruk pada kualitas sperma Anda.

Selain akan memperburuk kesehatan vitalitas pria, alkohol juga akan sangat berpengaruh ketika janin sudah terbentuk dalam rahim. Banyaknya zat kimia yang terkandung di dalam alkohol akan mempengaruhi ketika sedang berlangsung pembuahan.

Zat kimia yang terdapat dalam alkohol ini akan merusak sel DNA dan sel sperma yang akan mengakibatkan sulit melakukan pembuahan. Selain akan merusak DNA dan sel sperma, zat kimia yang terkandung dalam alkohol juga akan mempengaruhi keseimbangan hormon di dalam tubuh.

Nah setelah mengetahui berbagai fakta alkohol bisa memicu azoospermia tentunya Anda tidak mau merusak tubuh Anda dengan alkohol bukan? Oleh karena itu hentikan penggunaan alkohol sejak sekarang juga. Karena akan lebih baik mencegah dibanding dengan mengobati. Karena pengobatan azoospermia ini sangatlah mahal, bahkan Anda mungkin hanya mempunyai kesempatan untuk melakukan bayi tabung sebagai satu-satunya pilihan untuk memiliki anak.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

50 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories