Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bedtime Routine, Senjata Ampuh Agar Si Kecil Tidur Lelap

BRANDS  |  19 Aug '20


Apakah Moms merasa kesulitan menidurkan si Kecil di kala malam tiba? Si Kecil tiba-tiba merengek tidak mau tidur, bahkan bersembunyi menghindari ajakan Moms? Padahal, tidur berkualitas merupakan salah satu aspek penting di masa keemasan pertumbuhannya. Balita membutuhkan sekitar 13 jam tidur setiap hari yang dibagi menjadi 10-12 jam di malam hari dan 1-2 jam di siang hari.

Pada balita, masalah tidur yang paling umum terjadi adalah sulit tidur dan tidak ingin tidur di tempat tidur saat waktu tidur tiba. Bedtime routine alias rutinitas tidur yang konsisten dapat membantu si Kecil bersiap untuk tidur terlelap. 

Apa itu bedtime routine?

Bedtime routine didefinisikan sebagai hal-hal apa pun yang dilakukan si Kecil sesaat sebelum tidur hingga dia tidur di tempat tidurnya. Rutinitas tersebut dapat meliputi mandi, ganti popok, memakai piyama, berdoa sebelum tidur, mendengarkan dongeng sebelum tidur, dan lain sebagainya.

Tujuan utama bedtime routine adalah agar si Kecil dapat tidur terlelap dengan sendirinya tanpa harus ditimang-timang, menonton TV, memainkan ponsel, atau harus ditemani orang tuanya di sisinya. Apabila si Kecil menjalankan rutinitas sebelum tidurnya dengan disiplin, dia akan bisa menenangkan dirinya sendiri dan kembali tidur tanpa bantuan orang lain jika dia terbangun di tengah malam.

Sebaliknya, jika dia terbiasa tidur ditemani orang tua atau ditimang-timang hingga tertidur, dia bisa menjadi rewel ketika terbangun di tengah malam. Moms pun harus menidurkannya kembali, seringkali dengan susah payah.

Tips bedtime routine yang ampuh bikin si Kecil tidur nyenyak

1.    Mandi air hangat

Mandi air hangat sebelum tidur sudah terbukti dapat menenangkan bayi yang rewel. Beri tahu dia bahwa Moms akan memandikannya sekitar 5-10 menit sebelumnya. Jika si Kecil enggan mandi, rancang kegiatan menarik yang dapat dia lakukan sambil mandi seperti bermain gelembung sabun. Untuk bayi yang lebih muda, Moms bisa menyeka badan si Kecil dengan menggunakan air hangat. Selain untuk bayi yang lebih muda, menyeka dengan air hangat juga disarankan jika waktu mandi sudah terlalu malam.

2.    Oleskan minyak telon ke tubuh si Kecil

Minyak telon merupakan minyak asli Indonesia yang terdiri dari tiga jenis minyak yaitu minyak kayu putih, minyak kelapa, dan minyak adas. Kebiasaan mengoleskan minyak telon ke tubuh bayi, terutama sehabis mandi dan sebelum tidur, sudah menjadi kebiasaan turun-temurun. Memang, minyak dengan wangi khas tersebut dapat menghangatkan tubuh, mencegah perut kembung, mual, masuk angin. Kini, juga banyak minyak telon yang ditawarkan dengan tambahan fungsi  sebagai anti nyamuk.

Moms, pilihlah Konicare Minyak Telon Plus yang dilengkapi dengan lavender dan geranium. Kedua bahan tersebut efektif melindungi kulit si Kecil dari gigitan nyamuk selama 8 jam. Selain itu, di masa pancaroba, terjadi penurunan suhu sehingga hawa udara menjadi sangat dingin. Oleskan minyak telon untuk menjaga bayi tetap hangat  sehingga tidurnya pun jadi nyaman dan lelap.

Hindari produk minyak telon berparfum karena bisa memicu alergi, iritasi, dan rasa tidak nyaman. Gunakan Konicare Minyak Telon Plus, yang selain hangat, harumnya lembut alami tanpa tambahan parfum, wanginya bayi banget.

3.    Biarkan si Kecil memilih baju tidur favoritnya

Wajar ketika seorang balita rewel karena terlalu diatur. Karena itu, mintalah si Kecil memilih di antara 2 atau 3 pasang baju tidur untuk dipakainya malam itu sehingga dia memiliki sedikit kebebasan dalam bedtime routine-nya. Pastikan piyama yang dipakai si Kecil sudah dicuci bersih. Potong label pakaian sehingga tidak membuatnya gatal-gatal.

4.    Sikat gigi si Kecil sebelum tidur

Menyikat gigi sebelum tidur sangat penting untuk kesehatan gigi. Bakteri dapat berkumpul dan berkembang biak di malam hari dan merusak gigi si Kecil. Persiapkan pasta gigi dan sikat gigi khusus balita sehingga rutinitas menyikat gigi menjadi lebih menyenangkan.

Membaca buku bersama-sama merupakan kegiatan edukatif sekaligus dapat mempererat bonding antara Moms dan si Kecil. Pilihlah buku dongeng dengan cerita yang berkaitan dengan rutinitas tidur. Hindari dongeng yang melibatkan monster atau cerita lain yang dapat membuatnya mimpi buruk.

5.    Berikan kecupan dan pelukan sebelum tidur

Usai melakukan seluruh bedtime routine, jangan lupa cium dan peluk si Kecil. Sampaikan ucapan selamat malam dan sampai jumpa esok pagi sebelum Moms beranjak ke tempat tidur Moms.

Bedtime routine setiap anak memang berbeda-beda. Sepanjang si Kecil tidur dengan mudah sepanjang malam, maka rutinitas sebelum tidur tersebut sudah berjalan dengan baik, ya, Moms.

 

Referensi: Raising Children, Very Well FamilyWhat to Expect

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

9973 Konicare Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil yang Alergi

Pandemi COVID-19 telah mengubah rutinitas sehari-hari kita baik itu di rumah maupun di luar

Ini Cara Mengatasi Panic Attack Buat Millenial Moms

Kondisi pandemi virus Corona memaksa kita untuk menjalani kehidupan yang tidak menentu. Rutinitas

Tips Tetap Produktif dari Rumah

Dengan adanya pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, banyak dari kita yang kini menghabiskan

Babyo Review Dr. Brown's Silicone One-Piece Breastpump

Apa saja sih manfaat dari menggunakan Pompa ASI bagi Moms? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Biasakan Si Kecil Merawat Gigi Sejak Dini

Mengajarkan si Kecil merawat gigi perlu dilakukan sejak dini. Hal ini bertujuan untuk membiasakan si kecil hidup sehat. berikut ini tips yang [...]

Si Kecil Sering Kembung Setelah Minum? Ini Solusinya

Di awal-awal kehidupannya, seringkali kita menjumpai bayi dengan keluhan perut kembung. Saat si Kecil kembung, Ia akan cenderung rewel dan sulit [...]

Manfaat Berolahraga di Sore Hari Bersama Si Kecil

Di tengah rutinitas sehari-hari, manusia perlu berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Nah, melibatkan si Kecil saat [...]

Tips Mengoptimalkan Tumbuh Kembang si Kecil

Apa saja cara yang bisa dilakukan orang tua agar tumbuh kembang si Kecil optimal? Yuk, Moms, simak tips berikut ini.

Si Kecil Mencret? Yuk, Beri Ia Makanan Berikut

Moms, apakah si Kecil sering diare? Jika ya, kondisi ini sebenarnya lazim terjadi kok pada balita.

Babyo Review Nestlé LACTOGROW 3

80% sistem imunitas berada di dalam saluran cerna sehingga kesehatan saluran cerna sangat penting untuk dijaga.

Exclusive Privilege: Lactaboost Andalan Nutrisi

Selain mencukupi nutrisi, masa menyusui menjadi momen bonding dengan si Kecil.

Yuk Kenalan dengan Dr.ato Baby Skincare Series

Rangkaian perawatan Dr.ato sudah siap untuk menemani dan melindungi kesehatan kulit si Kecil.

Why Does Baby Need Baby Shampoo?

Why do we use baby shampoo instead of our own shampoo to wash our baby’s hair?

Why Does NAIF Nourishing Shampoo Give Your Baby a Good Hair Day?

Why doe NAIF Nourishing Shampoo give your baby a good hair day? Let's find out here!

Why Does Untangled Hair Happen to Babies?

Why does untangled hair happen in babies? Let's find out!

Why Does Foam Cause Hair Fall?

Kandungan SLS memberikan efek berbusa, namun bisa menghilangkan minyak di kulit kepala.

So, Why Is NAIF Effective for Untangled Hair?

NAIF Nourishing Shampoo memiliki kandungan cottonseed oil yang membantu mempertahankan kelembaban kulit.

Mamibot, The First Cordless, Small, and Light Vacuum Cleaner

Mamibot UV LITE100 didesain dengan ukuran yang kecil dan ringan sehingga praktis saat digunakan.

Bagaimana Proses Pemotretan Newborn?

Proses pemotretan Newborn sering dianggap mudah, padahal banyak tantangan sebelum melakukan pemotretan.

Why Should You Choose NAÏF Nourishing Shampoo For Newborns?

Banyak sampo bayi yang dapat Moms temukan di pasaran. Tapi apakah sampo tersebut aman bagi newborns?