Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Beberapa Tes Untuk Menentukan Penyebab Kemandulan

OTHERS  |  PREGNANCY  |  01 May '18

Anda telah mencoba untuk hamil sejak lama, tetapi tidak ada yang terjadi karena Anda belum menunjukkan tanda-tanda kehamilan. Anda mungkin mulai khawatir tentang kemungkinan infertilitas atau kemandulan. Langkah apa yang harus Anda ambil selanjutnya? Jika Anda sempat berpikir Anda mandul, hal tersebut mungkin akan menyebabkan stres. Maka, ambillah tes kesuburan untuk mengetahui penyebab jelasnya.

Disarankan untuk Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika setelah 6 bulan upaya untuk hamil belum berhasil.

Jadi kapan waktu yang tepat untuk melakukan tes ini? Disarankan untuk Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika setelah 6 bulan upaya untuk hamil belum berhasil, terutama jika Anda atau pasangan Anda berusia 35 tahun atau lebih tua. Berikut adalah daftar beberapa tes yang mungkin dilakukan oleh dokter Anda untuk menentukan mengapa Anda belum hamil:

Pemeriksaan fisik 

Ini mungkin tes pertama dan tes paling dasar yang harus Anda ambil. Dokter akan memeriksa organ reproduksi Anda dan pasangan Anda untuk menemukan apakah organ ini sehat atau bermasalah. Riwayat medis Anda juga berpengaruh pada hasil tes ini.

Tes darah 

Beberapa jenis tes darah memeriksa Luteinizing Hormone (LH) dan hormon progesteron untuk memeriksa apakah Anda sedang berovulasi, sementara tes fungsi tiroid adalah untuk menentukan apakah Anda memiliki ketidakseimbangan hormon yang mencegah Anda berovulasi. Selain itu, ada juga tes Anti-Mullerian Hormone dan tes follicle-stimulating hormone (FSH) yang memeriksa cadangan ovarium atau persediaan telur di organ reproduksi Anda.

Tes analisa sperma 

Tes ini terdiri dari pengumpulan sampel air mani, yang digunakan untuk mengetahui jumlah dan kualitas sperma. Tes ini tidak hanya melihat jumlah air mani, tetapi juga memeriksa secara detail jumlah sperma yang terlihat normal, sel darah putih dan sperma dengan gerakan normal. Laboratorium juga dapat mengecek dari air mani jika pria memiliki masalah lain yang mempengaruhi kesuburannya.

Tes ovulasi 

Tes ini memungkinkan Anda mengetahui kapan Anda berovulasi dan dapat Anda lakukan di rumah Anda sendiri. Biasanya hasil akan terlihat positif pada 1 hari sebelum ovulasi.

Ultrasound pelvis 

Dokter akan melakukan ultrasound untuk memeriksa ovarium dan rahim Anda jika ada kemungkinan masalah. Tes ini juga melihat cadangan ovarium Anda.

Tes Hysterosalpingogram (HSG) 

Tes ini adalah sesuatu yang dilakukan jika Anda perlu penilaian lebih lanjut. Dalam tes ini, zat pewarna disuntikkan ke leher rahim dan melalui saluran tuba untuk mendeteksi sumbatan apa pun, dan akan ada tes dengan x-ray. Sangat penting bahwa saluran tuba terlihat jelas dari penyumbatan apapun, karena ini adalah tempat sperma bertemu sel telur. Konsepsi alami tidak dapat terjadi jika ada saluran tuba yang tersumbat.

Semoga bermanfaat.

By: Ricka Puspita Atmadja.

678 Ricka Puspita Atmadja

Comments

Related Stories