Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Beberapa Kesalahan Dalam Menyusui

FEEDING  |  13 Feb '18

Ketika Elle lahir, saya sama sekali tidak siap untuk menghadapi apa yang menanti saya. Saya pikir saya akan menyusui dengan mudah, dan semuanya akan berjalan mulus tanpa kendala. Saya terlalu pe-de sehingga saya sama sekali tidak mempersiapkan diri saya untuk menghadapi worst case scenarios.

Nyatanya, ASI saya tidak keluar hingga hari kelima. Saat itu saya sudah meriang ya Moms, dan payudara pun terasa sakit sekali. Ketika saya mencoba menyusui Elle, yang ada saya mengalami nipple crack dan Elle menghisap darah, yang akhirnya menyebabkan ia tidak mau menyusui langsung. Drama tidak berhenti sampai disitu, ketika Elle berusia 10 minggu, saya mengalami muntaber yang cukup parah sehingga saya harus mengkonsumsi obat dan akhirnya menyebabkan ASI kering.

Dari pengalaman saya, ada beberapa hal yang bisa saya bagikan agar Mom tidak mengulangi kesalahan saya:

  1. Persiapkan breast pump sebelum waktunya bersalin.
    Jika Anda berpikir secara idealis dan hanya ingin menyusui secara direct, it's good. Akan tetapi saya menyarankan untuk tetap menyediakan breast pump untuk membantu Anda dari waktu ke waktu, misalnya ketika Anda sakit. 
  2. Sediakan nipple shield.
    Apa itu nipple shield? Nipple shield adalah pelindung puting yang juga berfungsi untuk memanjangkan puting sehingga mempermudah bayi untuk menyedot. Nipple shield sangat berguna bagi new moms yang masih belajar perekatan dengan benar. Perekatan yang salah biasanya akan menimbulkan nipple crack yang akhirnya malah mengakibatkan Anda untuk berhenti menyusui. 
  3. Sediakan nipple cream.
    Again, untuk new moms yang mungkin masih belum menguasai perekatan dengan baik, Anda akan memerlukan nipple cream. Bagi Anda yang mungkin tidak mengalami masalah dengan perekatan pun, ada baiknya tetap menyediakan nipple cream untuk menjaga puting tetap dalam kondisi yang baik dan tidak iritasi.
  4. Pelajari riwayat menyusui Ibu Anda.
    Biasanya, ada faktor genetik yang mempengaruhi keberhasilan Anda dalam menyusui. Jika Ibu Anda dulu menyusui dengan baik dan memiliki ASI yang berlimpah maka biasanya Anda pun juga akan demikian. Nah, bagi Anda yang mungkin tidak dianugerahi faktor genetik yang demikian, pastikan Anda mengkonsumsi ASI booster. 
  5. Pastikan makanan/minuman yang Anda konsumsi dalam keadaan fresh.
    Saya mengalami muntaber karena saya memakan makanan yang dimasak hari sebelumnya. Anehnya, suami dan orang tua saya yang melakukan hal yang sama tidak mengalami masalah apapun. Hanya saya sendiri yang muntaber. Jadi, pastikan ketika Anda menyusui, makanlah makanan yang dimasak hari itu, jangan mengkonsumsi makanan yang sudah menginap.
  6. Perhatikan obat-obatan yang Anda minum.
    Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum meminum obat apapun. Kesalahan saya adalah langsung mengkonsumsi obat yang menghentikan muntaber, sehingga ASI pun menjadi kering. 

Semoga bermanfaat. 

By: Sherlly Yusuf 

BACA JUGA: Ice Cream Ubi Ungu Homemade

214 Sherlly Yusuf Send Message to Writer

Related Stories