Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bayiku Mengalami Hidrokel

BABY  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  PREGNANCY  |  02 Dec '19


Kehadiran seorang bayi merupakan momen yang paling ditunggu bagi pasangan suami istri. Saat yang membuatku terkejut ialah ketika dokter bilang anakku mengalami hidrokel.

Moms pernah ga sih mendengar istilah seperti itu? Jujur aku baru mendengarnya saat itu hehe, berhubung aku calon new Mom kali ya Moms. Waktu aku USG di usia sekitar 8 bulan dokterku memberitahukan kalau anakku mengalami hidrokel.

Kata dokterku saat itu hidrokel tidak membahayakan pada bayi jika di bawah satu tahun. Namun jika di atas satu tahun belum ada perubahan, maka perlu dioperasi. Mendengar hal itu aku langsung agak ketakutan dong, mulai panik gimana ya pas lahir, bahaya ga ya bakalan sembuh ga ya? Mulai deh perasaan aneh-aneh muncul. Aku mulai searching mengenai apa sih hidrokel itu dan apa dampak negatifnya.

Apa sih hidrokel itu?

Hidrokel adalah terkumpulnya cairan di sekeliling testis (buah zakar) yang umumnya tidak sakit dan tidak berbahaya. Meski demikian, penumpukan cairan ini bisa membuat skrotum (kantung buah zakar) membengkak dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Penyebab hidrokel ini sebagian besar tidak diketahui. Pada bayi, kondisi ini bisa terbentuk pada sebelum lahir. 
Hidrokel juga bisa menjadi tanda adanya celah terbuka antara perut dan skrotum.

Dalam kandungan, testis bayi yang berada di bagian perut akan turun ke dalam skrotum melalui celah antara rongga perut dengan skrotum. Kedua testis terbungkus dalam kantung yang berisi cairan. Normalnya, celah antara perut dan skrotum akan menutup sebelum bayi lahir, atau segera sesudah lahir.

Pengobatan hidrokel pada bayi katanya akan hilang sendirinya dalam satu tahun. Jika dalam satu tahun tidak hilang juga, maka perlu dilakukan tindakan operasi.

Pada saat itu anakku dibalurin sama daun miana pada buah zakarnya. Ini untuk antisipasi aja sih Moms dan aku ikut apa kata mertua pada saat itu (aku tidak menyarankan ini ya Moms). Dan alhamdulillah sebelum 4 bulan buah zakar anakku kembali normal.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

3933 Syfa N Istiqomah

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Asuransi vs BPJS

Aku mau sharing mengenai BPJS yang akhirnya aku gunakan. Kenapa bukan asuransi atau jalur umum?

Pentingkah Pemeriksaan TORCH pada Ibu Hamil?

Menjadi seorang ibu pasti adalah idaman setiap wanita. Saya akan menceritakan awal kisah kehamilan saya.