Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bayiku Demam Hampir 40 °C, Apa yang Harus Aku Lakukan?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  22 Apr '19

Selama urusin anakku Zoey. Gak pernah kepikiran gimana kalo Zoey demam tinggi. Aku harus ngapain? Gak pernah terlintas mesti siap-siap gimana. Beberapa hari lalu, barulah kejadian Zoey demam.

Awalnya pagi hari tiba-tiba banget dari sehat, aktif banget langsung jadi demam 37,5 derajat. Aneh tapi nyata Moms. Siang hari jadi naik 38 derajat, sore masih 38 derajat sekian. Lalu aku kasih minum obat? Ya, aku kasih dia minum obat. Aku kasih dia Tempra setiap 4 jam sesuai anjuran dokter jika anak demam mendekati 38 derajat.

Jam 12 malam naik 39,2 derajat. Subuh jam 2 naik jadi 39,6 derajat. Gak tau harus gimana akhirnya kasih Tempra aja, nyalain diffuser dan cek terus pakai termometer. Berharap turun, akhirnya jam 3 an subuh habis minum Tempra turun jadi 38 derajat sekian, baru agak tenang. Akhirnya mutusin ke RS sama suami pas uda terang.

Rewel ga mom? Ga rewel cuma Zoey gelisah. Tidur ga bisa. Ini ga bisa itu ga bisa, lemes, kagetan ini itu. Menjelang pagi, Zoey tidur di perut aku. Pas aku kebangun kok perut panas banget. Buru-buru cek termometer ternyata panasnya 39 lagi.

Aku selalu ngira ini tumbuh gigi karena emang ada gigi yang mau tumbuh tapi ga keluar-keluar. Zoey bangun udahannya beberes gantiin Zoey baju, beberes diaper bag. Angkat stroller langsung jalan. Sampe RS cek suhunya 39 derajat.

Ketemu dokter periksa-periksa liat giginya atas emang lagi numbuh gigi geraham 2 kiri kanan. Merahnya minta ampun gusi. Tapi dokter bilang itu bukan gara-gara tumbuh gigi. Tapi karena radang yang ditularin ke Zoey.

“Dok, radang bs nular dok?”

Iya aku baru tau loh ternyata radang nular lewat udara. Lalu dokter minat persetujuan kasih obat panas lewat dubur tujuannya biar Zoey lebih nyaman. Resep yang dibukain dokter: antibiotik, obat racik dan lanjutin minum Tempra.

Udahannya gak berapa lama Zoey keringetan, basah semua dan jadi ga gitu lemes. Sejak dikasih obat penurun panas dari dubur, Zoey udah ga pernah demam lagi sampai hari ini. Saran dari aku ya. Dan fatal banget kalau sampai kayak aku, misal Zoey kemaren 39,6 derajat kemaren amit-amit kejang itu salah aku. Karena di rumah gak sedia penurun panas dari dubur.

Di rumah mesti ada menurut aku. Karena aku selalu pede anakku gak mungkin demam tinggi jadi di rumah cuma ada Tempra. Cuma bersyukur banget 39,6 derajat itu gak kenapa-kenapa. Dan aku ga nyesel pagi-pagi langsung bawa ke RS walau banyak yang bilang demam tunggu 2-3 hari baru bawa ke dokter tapi aku langsung bawa Zoey ke RS tanpa nunggu 2-3 hari demam, karena panas udah bkin Zoey ga nyaman banget.

Pulang dari RS, pas jam tidur siang Zoey mengigil. Aku gatau ini menggigil atau kejang, yang pasti lagi merem, bergetar terus menerus 10-20 detik. Tapi kondisi mata tertutup dan tidak demam. Jadi aku asumsiin ini mengigil ya. Uda tanya dokter juga takutnya epilepsi. Tapi aku baca-baca bukan harusnya, dan step udah ga mungkin karena ga demam.

Sehat selalu buat yang baca ini. Beneran lagi musim sakit. Vitamin, diffuser kalau ada dilanjutkan terus. Ga nyangka Zoey demam sampai hampir 40 derajat kayak kemaren. Aku 2 hari lebih begadang. Tidur ayam-ayam. Makan saat jam subuh. Parah pokoknya gak pernah aku begini seumur-umur. Kaget tapi buat pelajaran juga supaya lebih waspada. Apalagi aku ibu baru anak baru 1 dan masih kecil pula.

Semoga bermanfaat.

By: Desi Wijaya

Copyright by Babyologist

135 Desi Wijaya

Comments

Related Stories