Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari, Caranya?

GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  30 Mar '19


Wah, sewaktu minggu pertama baby Aruna lahir, saya sangat kebingungan karena baby Una sering bangun di malam hari dan rewel, hal ini membuat saya dan suami jadi begadang dan ngantuk banget di siang hari. Sebenarnya itu hal yang sangat lumrah ya Moms, hehe Maklum orang tua baru.

Dalam kebingungan itu, saya selalu mencari tahu bagaimana caranya agar baby saya bisa tidur malam dengan baik. Mulai dari searching di Google sampai tanya sana tanya sini, tanya ke mana-mana khususnya pada Moms yang sudah pengalaman.

Nah, ketika ada saudara yang datang nengokin baby Una, beliau menyarankan agar matikan lampu saat tidur di malam hari agar baby terbiasa mengenali kondisi, ketika terang itu siang dan ketika gelap itu malam, artinya waktunya bobo malam.

Awalnya saya agak aneh juga masa bayi tidurnya gelap-gelapan? Setahu saya di Indonesia apa lagi di kampung-kampung, sudah terbiasa menidurkan bayi dalam keadaan terang. Logikanya masuk akal sih, toh dulu Rasulullah SAW juga menganjurkan agar tidur dalam keadaan lampu padam. Menurut beberapa penelitian tidur dengan lampu padam akan menghasilkan tidur yang lebih berkualitas dan baik bagi kesehatan.

Akhirnya saya coba saran saudara saya itu, sebelumnya saya lakukan beberapa persiapan agar tidur bayi makin berkualitas, di antaranya bersihkan tempat tidur bayi, ganti baju bayi agar nyaman dan tidak ada keringat di badan bayi, suhu kamar yang sesuai tidak terlalu dingin atau panas, pakai popok di malam hari agar bayi tidak bangun karena ngompol, lalu matikan lampu (agar tidak terlalu gelap bisa pakai lampu tidur ya Moms).

Kalau saya terkadang memutarkan mp3 murottal sebagai pengganti lagu pengantar tidur bayi. Oh ia, satu lagi, jangan menunggu bayi menangis kencang baru diberi susu atau ASI ya Moms, jika bayi sudah gerak-gerak gelisah bisa langsung diberi ASI.

Dan hasilnya, Alhamdulillah saya sudah jarang sekali begadang karena baby rewel dan tidak mau tidur, dan setiap pagi baby Una bisa bangun dengan ceria. 

Semoga bermanfaat.

By: Putri Kilaswari

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2367 Putri Kilaswari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Kapan Bayi Boleh Diajak Berenang di Kolam Renang Umum?

Setelah pandemi bisa diatasi, apakah Moms and Dads berencana mengajak si Kecil berenang? Simak yang satu ini ya.

Biarkan Anak Belajar Jalan dengan Bertelanjang Kaki

Benarkah membiarkan si Kecil bertelajang kaki ada manfaatnya? Kita simak berikut ini yuk!

Bolehkah Anak Laki Main Masak-Masakan?

Anak laki-laki suka main masak-masakan? Ga usah khawatir Moms, yuk simak cerita berikut ini.

Beri Kesempatan Anak Bermain Sendiri

Tahukah membiarkan anak bermain sendiri memiliki banyak manfaat untuk si kecil?

Tips Agar Anak Mencintai Buku ala Mom Dastan

Bagaimana cara menumbuhkan minat baca pada anak sejak dini?

Membiasakan si Kecil Punya Jam Tidur Malam

Bagaimana cara menerapkan jadwal tidur pada anak agar ia bisa tidur dengan cukup?

6 Bulan si Kecil, Apa ya Milestonesnya?

Wah ga kerasa ya Moms, si kecil sekarang sudah memasuki 6 bulan.

Mitos Atau Fakta? Dua Bayi Berdekatan, Salah Satunya Akan Lambat Tumbuh Gigi

Berdekatan dengan sesama anak yang belum tumbuh gigi bisa menyebabkan anak sulit tumbuh gigi

Mengenal Montessori dan Kurikulumnya

Mama milenial pasti ga asing ya denger metode montessori ini. Apa sih montessori itu?

Stimulasi Berjalan (Part 2)

Batas maksimal usia anak harus bisa berjalan itu 18 bulan, tapi kita ga bisa tunggu sampai 18 bulan tanpa bertindak

Permainan Sederhana untuk si Kecil - Animal Rescue

Yuk bikin mainan untuk si Kecil Moms, selain untuk bersenang-senang mainan yang satu ini bermanfaat untuk motorik anak

Yuk Main Di Playground Banyak Manfaatnya Loh!

Mengajak si Kecil bermain di playground selain membuatnya senang ternyata juga banyak manfaatnya loh Moms

Dampak Gawai/Gadget untuk Perkembangan Anak

Mungkin tidak jarang kita melihat balita duduk di kursi makan bayi restoran dengan memegang ponsel/gawai.

Growth Spurt? Enjoy aja…

Tiba-tiba, gak mau lepas dari pangkuan, maunya mimik terus, seolah lapar tiada henti.

Rekomendasi Mainan Edukasi

Buat yang ada rencana beli mainan untuk si Kecil, yuk simak rekomendasi permainan edukasi berikut ini

Ternyata Ada 9 Jenis Kecerdasan Anak, Apa saja ya?

Semua anak terlahir cerdas, tergantung cara moms menstimulasinya menjadi lebih terasah atau tidak.

Ide Bermain Anak - Find the Alphabet!

Bikin mainan untuk si kecil yuk. Bisa bermain sambil belajar ya moms lewat mainan berikut berikut ini

Ide Bermain untuk si Kecil: Magnet Maze

Yuk manfaatkan baran bekas untuk membuat berbagai mainan si Kecil. Moms bisa buat permainan seperti berikut!

Mengapa si Kecil Suka Duduk W? Dan Apakah Bahayanya?

Kita seringkali melihat beberapa anak sangat nyaman dengan posisi duduk W. Mengapa? Apakah bahayanya?

Sensory Play For Baby: Touch Board

Banyak sekali permainan sensory yang dapat menstimulasi indera-indera si Kecil. Mari coba ide permainan berikut!