Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bayi Terlambat Tumbuh Gigi

GROWTH & DEVELOPMENT  |  18 Sep '18

Pertumbuhan gigi bayi sebenarnya telah dimulai sejak kehamilan trimester kedua loh, Moms. Saat itu, tunas kecil bayi mulai dibentuk. Maka sangat disarankan bagi para ibu hamil untuk memperhatikan asupan nutrisinya terutama vitamin D dan kalsium. Pertumbuhan gigi bayi pun berlanjut, di usia 6 bulan biasanya beberapa bayi mulai muncul gigi pertamanya.

Sebagai orang tua, terkadang kita terlalu fokus pada kasus "kebanyakan" padahal tidak selalu tumbuh kembang bayi yang satu akan sama dengan bayi yang lain. Misalnya, beberapa bayi bisa saja belum menunjukkan tanda-tanda giginya akan tumbuh walau usianya sudah 10 bulan. Jangan khawatir Moms, karena hal tersebut masih dalam batas kewajaran. Bila bayi tidak lahir prematur dan tidak mengalami gangguan seperti down syndrome yang memang akan mengakibatkan keterlambatan pertumbuhan gigi, maka biasanya pertumbuhan gigi akan normal sebelum usia setahun. 

Apa Saja Penyebab Keterlambatan Pertumbuhan Gigi Bayi?

Beberapa faktor yang mempengaruhi dan merangsang pertumbuhan gigi bayi, di antaranya: 

  1. Faktor Genetik. Para bayi yang memiliki orang tua yang dulunya terlambat tumbuh gigi, kemungkinan besar juga akan mengalami hal yang sama.
  2. Asupan nutrisi yang berpengaruh pada pertumbuhan gigi adalah kalsium, fosfat dan vitamin D. Ketika si Kecil mendapatkan asupan kalsium, fosfat dan vitamin D yang cukup, maka pertumbuhan giginya akan baik. Asupan nutrisi ini bisa didapatkan dari susu, telur, ikan, daging dan jangan lupa berjemur setiap pagi.
  3. Tekstur makanan juga berpengaruh untuk memberi rangsangan pada pertumbuhan gigi. Usahakan untuk menyesuaikan tekstur makanan MPASI sesuai usia bayi.
  4. Penggunaan teether, ini yang kadang terlewat ya Moms. Sering kali beberapa ibu melarang bayinya memasukkan tangan atau mainan ke mulut. Padahal sebenarnya bayi membutuhkan sesuatu untuk kebutuhan “menggigit” dengan gusinya ini. Berikanlah teether yang baik dan bersih untuk merangsang pertumbuhan giginya juga.

Apabila sudah lewat dari setahun dan belum juga ada tanda-tanda gigi akan tumbuh, baru sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Jangan ke dokter anak ya Moms, tapi lebih baik ke dokter gigi spesialis gigi anak atau paedodontics (pediatric dentist) untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Semoga bermanfaat.

By: Selina Tjandradipura

235 Selina Tjandradipura Send Message to Writer

Related Stories