Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bayi Menangis Tanpa Sebab / Kolik? Coba Lakukan Tips Ini!

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  12 Apr '19

Hai Moms, saya mau sharing sedikit ketika Zio (anak saya) dulu masih bayi dan mengalami kolik. Bayi tidak seperti kita yang bisa ngomong kalau ada yang sakit, lapar ataupun ingin pipis. Mereka hanya bisa menangis untuk mengungkapkan ketika ada sesuatu yang mereka inginkan.

Kolik itu sendiri adalah istilah di mana bayi menangis tanpa sebab, yang durasinya kurang lebih 3 jam dan berlangsung beberapa hari. Kolik bukanlah suatu penyakit, tapi jika bayi dibiarkan terlalu lama menangis juga tidak baik.

Berikut tips dari saya saat menghadapi anak kolik:

  1. Cek kondisi sang bayi
    Ketika bayi menangis, kita cek terlebih dahulu kondisi si bayinya, apakah memang waktu jam makannya, atau popoknya yang minta diganti, atau sang bayi merasa kesepian (ingin dipeluk).
  1. Gendong bayi 
    Gendonglah bayi secara perlahan dan letakan di dekat dada Moms. Agar si baby bisa merasa nyaman dan mendengar denyut jantung Moms. Mereka sudah terbiasa mendengarkan denyut jantung Moms pada saat mereka masih di perut kita. Menurut para ahli, itu bisa membuat mereka merasa tenang dan tidak kesepian.
    Posisikan bayi senyaman mungkin ya Moms. Ayun bayi secara perlahan sambil nyanyikan lagu kecil pengantar tidurnya.
  1. Putarlah lagu instrumen
    Pada saat masa kehamilan, adakah lagu yang Moms sering putar? Coba putar kembali lagu tersebut, bayi Moms mungkin akan mengingatnya dan akan merasa lebih tenang. Jika tidak, Moms bisa putar lagu pengantar tidur bayi.
  1. Gosok perutnya dengan minyak telon atau baby oil
    Terlalu lama menangis membuat angin masuk ke perut baby. Gosok perlahan dengan arah dari atas ke bawah. Hal ini bisa membuatnya tenang setelah buang angin.
  1. Pindah ke ruangan lain
    Jika si baby masih menangis juga, cobalah untuk pindah ke ruangan lain. Mungkin ia merasa kurang nyaman di kamar, merasa kepanasan atau pengap. Ruangan kamar tak boleh terlalu dingin ya Moms karena baby belum bisa mengatur panas suhu tubuhnya sendiri.
  1. Jangan pernah panik
    Mengasuh anak tidak boleh panik atau terlalu takut ya Moms. Bagaimana baby bisa tenang kalau kita sendiri panik dan ketakutan? Ajak sang ayah untuk bersama-sama menenangkan baby.

Itu tips dari saya ya Moms. Sewaktu Zio kolik, 6 cara di atas cukup ampuh. Tidak lama kemudian Zio pun sudah tenang dan tidur kembali.

 

Semoga bermanfaat.

By: Mei Eng

Copyright by Babyologist

379 Mei Eng

Comments

Related Stories