Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bawang Merah, Atasi Perut Kembung pada Bayi

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  15 May '19

Perut kembung pada bayi usia 0-6 bulan memang umum terjadi dikarenakan pencernaan bayi belum sempurna layaknya orang dewasa.

Namun yang saya alami sebagai new Mom, setiap kali bayi saya terbangun dan menangis hanya untuk kentut ataupun rasa tidak nyaman karena perut tidak enak cukup traumatik. 

Memang ada banyak cara yang dapat membantu mengurangi kembung, seperti pijat ILU, gerakan mengayuh sepeda dan semua itu sudah saya lakukan. Namun dalam kasus saya, tindakan itu hanya membuat bayi saya kentut tapi dia masih sering merasa tidak nyaman dan hal itu mengganggu tidurnya.

Setelah melalui beberapa trial dan error, cara tradisional yang bisa langsung mengurangi kembung pada bayi saya dan membuat dia nyaman saat tidur adalah dengan baluran bawang merah dicampur dengan minyak telon. 

Penambahan bawang merah bertujuan untuk meningkatkan kehangatan minyak telon sehingga membantu membuat perasaan jadi rileks dan menghangatkan tubuh bayi.

Cara Pembuatan:

  1. Ambil 2 siung bawang merah yang tidak bercabang (tunggal) kemudian iris-iris halus.
  2. Celupkan dalam minyak telon yang biasa digunakan.
  3. Balurkan ke bagian perut bayi dan punggung bayi maksimal 3 kali sehari, misalnya pagi saat mandi, siang saat mengganti pampers dan malam sebelum tidur.

Efek samping: Selama ini penggunaannya relatif aman, kecuali bayi memiliki alergi terhadap baluran bawang merah sehingga timbul iritasi pada kulit.

Kontra: bau bawang merah akan lebih dominan saat digunakan.

Selama ini, cara ini paling efektif untuk membantu meringankan kembung pada bayi saya. Namun reaksi untuk tiap bayi kadang berbeda. Boleh dicoba dan semoga bermanfaat!

273 Lidyawati Auw

Comments

Related Stories