Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Bau Tangan, Mitos atau Fakta?

PARENTING  |  06 Nov '17

Hi Moms, mari bahas mengenai bau tangan yuk! Sebenarnya bau tangan itu mitos atau fakta sih? Pasti sering banget kan ya denger orang sekitar komen:"Jangan sering digendong loh nanti bau tangan", "Wah udah bau tangan tuh anaknya"

Kemarin setelah ngobrol dan beberapa teman mengenai ini, ada salah satu teman menjawab "Saya gak pernah masukin ke kamus istilah bau tangan, menurutku bau tangan itu kebutuhan. Jadi terserah gimana otak kita memproses dan mencerna maunya gimana." Bener banget ya Mommies, it's all about mindset. Sering kali apa yang kita anggap benar, jadi kita ragukan kembali. Hanya karena komen negatif orang-orang sekitar. 

Dan saya juga masih ingat jelas yang sepupu saya katakan, "itu loh anaknya si cici A dari dulu pas kecil sering digendong kok, kalo nangis ya langsung digendong. Orang bilang awas bau tangan. Tapi gak tuh, sekarang uda mandiri. Malah sekarang tumbuh jadi anak yang secure karena dia tau mamanya selalu ada buat dia. Jadi gak nangis caper."

Buat saya sendiri, saya kurang setuju jika kita me-label bayi newborn-12 months sebagai anak yang bau tangan. Why? 

1. Karena bayi menjelang usia 2 bulan mulai peka dan sadar akan sekeliling dan mereka butuh kita untuk beradaptasi sehingga mereka merasa aman. Mereka sudah sadar kalau mereka sudah tidak lagi di dalam perut mama yang biasanya gelap, hangat, nyaman, dan bisa dengar denyut jantung mama. It's a whole new strange world for them! 

2. Akan ada masanya mereka sudah tidak mau digendong. And trust me mom, it will happen in the blink of an eye! Time really does fly! 

3. Sembari berjalannya waktu, sembari dilatih. Saya percaya bayi itu pintar ya mom. Dan saya juga percaya akan mother's instinct. Kita paham betul apa yang bayi kita butuhkan. Apa mereka harus langsung digendong? Atau bisa menunggu sebentar? Atau bisa hanya di pok-pok saja? 

Saya pernah tanya ke Dsa saya ketika membawa anak saya untuk vaksin bulanan. "Dok gimana ya ini biar gak selalu gendongan?" Dan Dsa saya menjawab, "bayi memang kebutuhannya digendong apalagi umur segini. Jadi, gpp gendong aja, jangan percaya bau tangan". 

Jadi untuk mom-to-be atau Moms yang anaknya masih suka minta gendong, it's okay mom! If your mother or best friend tells you you're spoiling your baby by picking her up, rest assured you're doing your best for her. Jangan percaya mitos "bau tangan nanti jadi repot loh".

Research shows that babies whose needs are met quickly as infants actually become more confident and less whiny as children. And do remember this: You can't spoil a baby by holding them too much.

Semoga bermanfaat!

By: Momma Denzel

1678 Momma Denzel

Comments

Related Stories