Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Batuk Pada Bayi Umur 1 Bulan

HEALTH TIPS  |  15 Jul '18

Batuk pada bayi pastinya selalu membuat orang tua khawatir, selain itu kondisi ini juga sering kali membuat bayi rewel, hal ini menandakan bahwa sedang terjadi infeksi virus atau bakteri , tapi tergantung jenis batuk yang dideritanya. Batuk pada bayi yang normal biasanya akan mereda dalam waktu dua minggu, namun Moms tidak bisa menganggap remeh. Oleh karena itu Moms harus mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis batuk pada bayi dan gejalanya ketika sudah terjadi.

Mengenali jenis batuk

Batuk ini mempunyai beberapa jenis, diantaranya batuk kering dan batuk berdahak. Selain orang dewasa, batuk kering dan batuk berdahak juga bisa menyerang bayi. Batuk kering ini biasanya terjadi Batuk kering yang menyerang adalah upaya untuk menghilangkan gangguan yang terjadi karena gatal atau iritasi pada tenggorokan dan saluran pernafasan. Yang mana diakibatkan oleh virus atau karena alergi.

Seperti yang kita ketahui, bahwa bayi sangat rentan terhadap serangan batuk pilek, bahkan bisa mencapai 8 kali dalam satu tahun. Namun frekuensi ini bisa jadi berkurang seiring dengan kekebalan tubuh si kecil yang semakin kuat. Sedangkan batuk berdahak biasanya akan terasa di daerah dada. Hal ini dikarenakan kondisi batuk berdahak adalah salah satu cara alami untuk mengeluarkan dahak dari paru-paru. Batuk berdahak ini
bisa disebabkan oleh bakteri.

Cara untuk meringankan batuk pada bayi umur 1 bulan

Meskipun kini sudah banyak sekali obat batuk yang dijual dipasara, namun Moms tidak bisa sembarangan memberikan obat kepada bayi, karena akan berbahaya dengan daya tahan tubuhnya yang masih dalam masa perkembangan dan belum kuat sempurna. Atau sebaiknya Moms  berkonsultasi dulu dengan dokter jika hendak memberikan obat kepada bayi.

Beberapa langkah sederhana yang bisa bunda lakukan untuk meringankan batuk pada bayi  Moms:

  • Berilah  ASI lebih  sering  dari biasaya
  • Perbanyak waktu istirahat bayi
  • Gunakan uap panas, moms bisa memasukan air hangat kedalam baskom kemudian letakkan disamping bayi atau gunakan humidifier.

Mengenali Tanda-tanda bahaya

Selain sebagai dari reaksi tubuh, ada beberapa batuk yang diakibatkan oleh hal lain yang harus di waspadai. Berikut merupakan beberapa gejala batuk yang harus diwaspadai, jika bayi Moms terserang batuk dengan ciri-ciri berikut sebaiknya segera dibawa ke dokter. Gejalanya diantaranya:

  • Bayi akan menolak untuk disusui, sehingga kondisi ini akan menyebabkan mereka mengalami dehidrasi, Moms dapat mengetahui anak dalam keadaan dehidrasi dengan mengecek popoknya. Dalam kondisi normal bayi akan buang air kecil setiap enam jam sekali.
  • Batuk hingga menyebabkan muntah
  • Mengalami demam tinggi. Waspadai bayi ketika mengalami demam hingga 39 derajat celcius, dan demam tidak kunjung turun hingga waktu 3 hari
  • Perhatikan juga nafas bayi, jika menimbulkan suara tertentu atau terihat sesak nafas sebaiknya di waspadai

Batuk yang menyerang  bayi usia 1 bulan, merupakan upaya tubuh dalam mengeluarkan benda asing dan lendir dari saluran pernapasan. Meskipun begitu orang tua harus tetap sigap ketika bayi mengalami batuk.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

6595 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories