Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Batuk Pada Anak Tidak Kunjung Sembuh?

HEALTH TIPS  |  17 Jul '18

Cuaca bisa menjadi faktor penyebab sistem imun dalam tubuh menjadi berkurang yang  kemudian menyebabkan anak mudah terserang penyakit. Penyakit yang umum menyerang pada anak adalah batuk dan flu. Batuk dan flu yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan. Ketika sistem imun anak sedang menurun, maka seluruh organ tubuh juga akan menjadi berisiko terserang penyakit lainnya. Hal inilah yang sering menyebabkan komplikasi yang berawal dari flu atau batuk.

Cara batuk menular

Flu yang sedang menyerang pada anak biasanya berlanjut dengan menyerang sistem pernapasan, selaput lendir pada hidung, tenggorokan dan yang lainnya. Ketika sistem pernapasan terserang virus, hal ini akan menyebabkan infeksi bahkan terjadinya peradangan pada sistem pernapasan.

Batuk merupakan penyakit yang umum menyerang anak, namun biasanya tidak berlangsung terlalu lama, hal ini diutarakan oleh beberapa dokter yang melakukan penelitian yang berasal dari universitas-universitas ternama dan institusi kesehatan ternama.

Namun bisa saja terjadi batuk yang menyerang anak anda tidak kunjung sembuh dalam waktu yang lama. Jika hal ini terjadi sebaiknya bunda segera membawa anak bunda ke dokter untuk ditangani dengan benar. Batuk yang sulit disembuhkan mungkin memang jarang terjadi, namun ada beberapa hal yang menyebabkan batuk sulit disembuhkan.

Berikut merupakan beberapa penyebab batuk sulit disembuhkan:

Flu

Flu merupakan penyebab batuk yang susah disembuhkan dan paling umum, batuk biasanya akan berlangsung hingga 3 minggu atau kurang dari 3 minggu. Itu jika dalam keadaan normal. Batuk ini akan sembuh jika flu yang menyerang juga sudah sembuh. Hal ini biasanya terjadi pada batuk kering yang disertai dengan lendir bening.

Memang belum ada obat yang tepat untuk menanganiinfeksi dari serangan virus, termasuk virus flu. Dan yang harus dilakukan pada umumnya adalah anda menunggu flu tersebut mereda. Atau Anda bisa memberikan obat batuk yang dapat membantu mengencerkan dahak dan yang aman untuk anak.

Postnasal drip

Ini merupakan kondisi dahak atau lendir telah terakumulasi atau menggumpal di dalam sinus dan masuk ke bagian belakang tenggorokan. Dahak ini akan terasa menggelitik dan gatal dalam tenggorokan. Memang belum ada tes yang dapat memastikan bahwa batuk yang tak kunjung sembuh disebabkan oleh postnsal drip, namun jika anak mengalami batuk basah ataupun kering dan berlangsung lama hingga 8 minggu atau bahkan lebih, Anda bisa memastikannya bahwa anak terserang postnasal drip.

Asma

Ketika anak mengalami batuk kering yang berlangsung lama hal tersebut merupakan gejala penyakit asma, dan akan menjadi lebih buruk ketika malam hari atau setelah melakukan aktivitas berat. Cara mengatasinya dapat dilakukan dengan langsung berkonsultasi dengan dokter, dokter akan melakukan serangkaian tes. Kemudian dokter akan melakukan penanganan yang tepat sesuai dengan hasil tes.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

BACA JUGA: Mengetahui Perawatan Kesuburan Bagi Pria dan Wanita

187 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories