Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Batuk Kering Saat Hamil

OTHERS  |  20 Jul '18

Ketika batuk menyerang ibu hamil, maka hal ini akan sangat mengganggu dan membuatnya tidak nyaman, apalagi yang menyerang adalah jenis batuk kering. Batuk adalah sebuah bentuk mekanisme tubuh untuk menyingkirkan lendir yang terdapat dalam tenggorokan. Namun berbeda dengan batuk kering. Penyebab batuk kering diantaranya:

Penyebab Batuk Kering

1. Bronkospasma

Ibu hamil yang mempunyai riwayat bronkitis kronis akan mengalami penyempitan dan mempengaruhi aliran udara ke dalam paru-paru. Sehingga terjadilah batuk kering. Bronkopasma ini juga biasanya terjadi ketika seseorang digigit serangga atau bisa jadi karena alergi terhadap beberapa jenis makanan

2. Asma atau alergi

Ibu hamil yang mempunyai riwayat alergi dan asma biasanya pada saat kehamilan akan mengalami batuk kering terutama dalam masa kandungan trimester ketiga. ketika allergen masuk ke dalam jalan udara yang menuju paru-paru, ibu hamil akan kesulitan bernapas dan menyebabkan sering batuk

3. Asam lambung

Asam lambung biasanya sering menyerang ibu hamil, asam lambung ini juga akan membuat ibu hamil mengalami batuk. 

4. Lemahnya sistem imun

Daya tahan tubuh yang lemah menyebabkan mudahnya terserang virus dan bakteri, hal inilah yang menyebabkan ibu hamil rentan terserang batuk kering yang disebabkan oleh bakteri

5. Gangguan rhinitis selama hamil

Membran di hidung akan mudah bengkak ketika kadar estrogen dalam tubuh meningkat selama hamil, hal ini dapat mengakibatkan seseorang mengalami gangguan rhinitis dan membuat hidung tersumbat dan batuk kering.

Mungkin Mom akan beranggapan penyebab batuk yang sudah dipaparkan diatas dianggap hal kecil, namun Mom tetap harus waspada. Yang lebih berbahaya jika batuk kering ini menyebabkan komplikasi, di antaranya:

Insomnia

Insomnia merupakan gangguan tidur, gangguan tidur ini juga seringkali menyerang ibu hamil ini disebabkan karena tubuh sedang mengalami perkembangan yang begitu cepat. Oleh karena itu Mom harus memperbanyak istirahat. Karena batuk kering akan mengganggu ibu saat hamil dan akan mengganggu waktu tidur terutama pada masa-masa menjelang persalinan.

Stres

Ketika batuk kering tidak kunjung pulih, bukan tidak mungkin ibu hamil akan rentan terserang stres.

Asupan nutrisi berkurang

Batuk kering yang berkepanjangan akan mengganggu pola makan, sehingga ditakutkan Mom akan kekurangan gizi dalam memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.

Inkontinensia

ketika batuk kering berlangsung terus-menerus, maka dapat menyebabkan rahim menekan kantung kemih, sehingga air urin akan keluar sedikit-sedikit dan berulang-ulang. Inilah yang menyebabkan ibu hamil bisa ngompol.

Infeksi dan masalah kesehatan lainnya

Jika tidak segera ditangani batuk bisa menyebabkan munculnya infeksi dan gangguan kesehatan lainnya. Batuk ini bisa membahayakan ibu yang sedang mengandung bahkan bayi yang sedang dalam kandungan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

298 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories